KESEHATAN
17 September 2019

5 Tips Jitu Menghindari Penyakit Asam Urat, Yuk Kita Simak!

Salah satu penyakit yang paling menjengkelkan adalah asam urat.
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Pemicu utama asam urat tinggi adalah kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Imbasnya akan membebani ginjal, dan membuat organ ini tak mampu membuang kelebihan purin dengan baik.

Akhirnya, purin akan dimetabolisme menjadi zat asam urat yang bila terus menumpuk menjadi kristal pada persendian. Kristal-kristal inilah yang menyebabkan datangnya peradangan, yang memicu serangan nyeri, pembengkakan, dan sensasi kaku.

Asher Ornoy dari Fakultas Kedokteran Universitas Hadassah di Hebrew University, Yerusalem menjelaskan, penyakit asam urat seringkali menyerang mereka yang sudah berusia lebih dari 60 tahun. Namun hari ini, mereka yang berusia lebih muda seperti 40-50 tahun, juga bisa mengalami hal yang sama. Bahkan, jika kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi purin sangat berlebihan, risiko untuk terkena penyakit ini di usia muda semakin meningkat.

Baca Juga: Wajib Dihindari, Ini Makanan Penyebab Penyakit Asam Urat!

“Gaya hidup sehat adalah kunci utama menghindari asam urat,” kata Dr Asher. Seperti apa cara menjaga gaya hidup kita? Berikut beberapa bocorannya!

1. Tidak Mengonsumsi Makanan Tinggi Purin Berlebihan

seafood.jpg

Purin adalah penyebab utama dari penyakit asam urat. Moms sebaiknya mulai menurunkan konsumsi makanan ini, jika memang ingin menghindari datangnya penyakit asam urat.

Beberapa jenis makanan yang tinggi kandungan purin adalah daging kambing, daging sapi, kerang, kepiting, lobster, udang, dan berbagai macam jeroan. Moms bisa menggantinya dengan ikan air tawar, telur, hingga makanan sehat seperti gandum atau oatmeal yang baik bagi kesehatan.

2. Memperbanyak Asupan Buah Ceri dan Stroberi

7 buah yang bisa dikonsumsi agar kulit lebih sehat dan glowing - stroberi.jpg

Buah ceri dan stroberi ternyata bisa membantu mencegah datangnya penyakit asam urat. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan di dalamnya yang sangat tinggi. Selain itu, stroberi dan ceri juga kaya senyawa layaknya asam fenolik serta quercetin yang bisa memberikan perlindungan bagi persendian.

Sayuran seperti seledri juga memiliki kandungan senyawa yang sama. Selain itu, seledri telah dikenal mampu mencegah penumpukan zat asam urat di dalam tubuh dengan efektif.

3. Minum Air Putih

air putih.jpg

Tak hanya mencegah datangnya dehidrasi, rutin minum air putih juga bisa membantu kita menghindari asam urat. Cairan tubuh yang cukup, mendukung proses peluruhan kelebihan purin dalam tubuh.

Namun, harus dipastikan kalau air yang dikonsumsi adalah air putih yang sehat. Bukan air dengan tambahan pemanis atau bahkan minuman bersoda yang bisa membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Kerjasama Prodia & Abbott untuk Hasil Laboratorium yang Cepat dan Akurat

4. Stop Minum Alkohol

Konsumsi Alkohol.jpg

Minuman beralkohol ternyata juga bisa membuat risiko terkena kambuhnya penyakit asam urat. Selain itu, minuman ini juga bisa merusak organ-organ tubuh sehingga memang sebaiknya kita hindari.

5. Ayo Olahraga!

how-to-lower-uric-acid-maintaining-healthy-weight-treadmill.jpg

Foto: medicalnewstoday.com“Berolahraga secara teratur bisa melancarkan sistem metabolisme tubuh.Termasuk sistem yang mendukung peluruhan kelebihan zat asam urat,” kata Dr Asher.

Selain itu, olahraga juga bisa menjaga berat badan tetap ideal. Dan mengurangi risiko terkena asam urat.

Baca Juga: Waspadai Asam Urat Tinggi pada Ibu Hamil

(RYO/DIN)

Artikel Terkait