PASCA MELAHIRKAN
9 Oktober 2019

5 Tips Melakukan Gentle Birth Agar Proses Persalinan Optimal

Berada di lingkungan yang nyaman dan aman membantu proses persalinan lebih baik
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Menjalani proses kelahiran yang tenang dan nyaman menjadi keinginan banyak calon ibu. Ada Moms yang mengandalkan bantuan medis, atau dilakukan dengan metode gentle birth.

Ketika Moms melakukan proses persalinan dengan pandangan positif dan percaya diri, maka Moms akan memiliki pengalaman melahirkan yang lebih baik.

Untuk memastikan kelahiran dengan metode gentle birth berjalan baik, Moms harus mempersiapkan diri secara mental dan fisik, serta menjadikan ruang persalinan sesantai mungkin.

Mengutip Inherent Birth, berikut tips untuk memastikan pengalaman gentle birth berjalan dengan baik dan penuh aura positif.

Baca Juga: Mengenal Gentle Birth Sebagai Alternatif Metode Melahirkan

1. Bersantai

Kehamilan Ektopik dan Sakit Pada Bahu - pengaruh kehamilan masa depan.jpg

Ikuti beberapa kelas atau baca beberapa buku tentang teknik pernapasan dan visualisasi untuk gentle birth.

Berlatih sejak dini dalam kehamilan, melatih pikiran dan pernapasan, akan membantu Moms mempersiapkan persalinan dengan cara terbaik.

Lepaskan ketakutan dan pikiran negatif yang terpendam saat hamil. Coba hilangkan semua hal negatif dari hidup, terutama dengan ragam kisah kelahiran yang negatif.

2. Rencanakan Tinggal di Rumah Selama Mungkin

Stres Saat Hamil

Ketika Moms berada di lingkungan sendiri yang lebih akrab dan terasa aman, keadaan santai akan membantu proses melahirkan lebih efisien.

Lingkungan rumah sakit atau lingkungan asing lainnya, stres, dan/ atau area sempit dapat menegangkan tubuh, dan dapat memengaruhi persalinan.

Baca Juga: Water Birth, Metode Melahirkan dalam Air

3. Pahami Tubuh Sendiri

penyebab anyang-anyangan saat hamil - perubahan hormon.jpg

Percaya dengan naluri dan insting saat melakukan gentle birth, karena Moms tahu posisi seperti apa yang dirasa nyaman untuk bersalin.

Tetap jaga posisi tegak dan aktif, bergerak-gerak, dan mengayunkan pinggul. Mengubah posisi akan membantu proses persalinan dan mendorong bayi untuk bergerak keluar.

4. Mandi untuk Efek Menenangkan

mandi air hangat-2.jpg

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman, mandi saat melahirkan bisa menjadi momen yang menenangkan.

Gunakan waktu di dalam air sebagai momen untuk kembali fokus, memusatkan pikiran, dan bersantai ketika sedang dalam kontraksi persalinan.

Baca Juga: Ini Teknik Pernapasan yang Benar Agar Bisa Melahirkan Normal

5. Cukup Bernapas dengan Tenang

Kesalahan Ibu Hamil yang Membuat Proses Persalinan Sulit 4.jpg

Ketika saat Si Kecil hendak keluar, kontrol teknik pernapasan Moms dengan baik. Bernapas dalam-dalam selama kelahiran mengurangi risiko trauma bagi ibu dan bayi.

Mengikuti tips dalam melakukan metode gentle birth ini akan memberikan proses kelahiran yang nyaman dan positif untuk Moms dan Si Kecil.

Moms, itulah 5 tips melakukan gentle birth agar mendapatkan pengalaman melahirkan yang optimal dan sesuai ekspektasi. Semoga lancar selalu, ya, Moms!

(AP/DIN)

Artikel Terkait