NEWBORN
10 Juni 2019

5 Tips Memerah ASI dan Menyusui di Tempat Umum

Utamakan kenyamanan ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mau tidak mau, semua ibu pasti mengalami fase di mana harus menyusui di tempat umum, terutama jika mengajak Si Kecil pergi bersama. Saat sedang melakukan perjalanan jauh, memerah air susu ibu (ASI) juga menjadi pilihan Moms yang menyusui.

Terkadang ada beberapa dari kita yang baik-baik saja jika harus menyusui di tempat umum, tapi terkadang ada juga beberapa Moms yang mungkin agak risih jika harus menyusui di tempat umum.

Nah, untuk mereka yang tidak nyaman, mungkin beberapa tips dari dr. Teresia Susilo, Konselor Laktasi RS Pondok Indah – Pondok Indah ini bisa Moms coba. Yuk simak penjelasannya.

Baca Juga: 18 Perlengkapan Menyusui yang wajib dimiliki Mama

1. Cari Tepat yang Nyaman

memompa asi di tempat umum, menyusui di tempat umum, pompa asi

Menyusui di tempat umum boleh saja, tapi Moms tetap harus memperhatikan peraturan yang ada ya, jangan sampai mengganggu orang di sekitar. "Carilah tempat atau sudut yang bersih dan nyaman," kata dr Teresia.

Hindari menyusui atau memompa ASI di toilet. Jika ada ruang menyusui bagi ibu, Moms bisa menggunakan tempat tersebut.

2. Bersih

memompa asi di tempat umum, menyusui di tempat umum, pompa asi

Kebersihan merupakan hal utama dan penting yang harus Moms perhatikan. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum menyusui di tempat umum. Jangan hanya karena tidak ada wastafel untuk mencuci tangan, Moms tidak memperhatiakn kebersihan ya.

Jika tidak memungkinkan, Moms bisa mengelap tangan dengan tisu basah atau hand sanitizer.

Baca Juga: Meminimalisir Puting Lecet Karena Menyusui

3. Persiapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

memompa asi di tempat umum, menyusui di tempat umum, pompa asi

Untuk memerah ASI atau menyusui di tempat umum, berarti Moms perlu mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan agar kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan lebih nyaman.

Jangan lupa mempersiapkan breast pump, botol atau plastik tempat ASI perah, ice gel ataupun blue ice, serta cooler bag untuk membawa ASI perah.

4. Bawa Apron Menyusui

memompa asi di tempat umum, menyusui di tempat umum, pompa asi

Untuk Moms yang merasa sangat tidak nyaman menyusui di tempat umum akibat banyak mata-mata yang pasti melihat, apron menyusui wajib dimiliki. Bahkan sebenarnya apron menyusui merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki.

Pilihlah apron menyusui berukuran besar, agar dapat menutupi seluruh bagian dada Moms ketika menyusui di tempat umum. Selain itu, Moms bisa lebih mudah dan leluasa saat harus memerah ASI. Kita pun bisa memerah ASI atau menyusui di tempat umum dengan nyaman.

5. Gunakan Gendongan Bayi

memompa asi di tempat umum, menyusui di tempat umum, pompa asi

Bila dibutuhkan, kita bisa menggunakan gendongan bayi saat menyusui di tempat umum. "Beberapa ibu mengaku merasa nyaman menggunakan gendongan saat menyusui di tempat umum," jelas dr Teresia.

Baca Juga: 7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

Kiat-kita memerah ASI atau menyusui di tempat umum ini perlu Moms ketahui dengan baik. Karena walaupun misalnya kita merasa baik-baik saja dengan kegiatan ini, beberapa orang mungkin merasa terganggu dengan apa yang kita lakukan.

Jadi penting untuk mempertimbangkan keadaan sekitar juga ya Moms. Selamat mencoba!

Artikel Terkait