2-3 TAHUN
8 November 2019

5 Tips Mendidik Balita agar Percaya Diri, Tengok di Sini!

Ini cara membangun kepercayaan diri balita agar kelak ia bahagia dan sukses.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Tahukah Moms? Tips mendidik anak balita agar percaya diri merupakan salah satu ilmu yang tak boleh terlewatkan oleh orang tua.

Dikutip dari situs web Dr. Sears, anak perlu memiliki rasa percaya diri yang cukup agar ia dapat mencapai kebahagiaan mental dan sosial. Kepercayaan diri juga dianggap sebagai kunci penting yang dapat menentukan kesuksesan seseorang kelak.

Selain itu, menurut pengalaman Dr. Sears, kurangnya kepercayaan diri pada anak dapat memicu timbulnya masalah perilaku.

Nah, tahukah Moms bagaimana agar balita percaya diri? Simak tips dari para ahli berikut.

1. Beri Pilihan pada Anak

Tips mendidik balita agar percaya diri (2).jpg

Foto: setapartpeople.com

Dalam mendidik balita agar percaya diri, salah satu cara yang dapat orang tua lakukan adalah dengan sering memberikan pilihan. Pilihan yang Moms dan Dads tawarkan tentu saja yang sifatnya sederhana dan sesuai dengan usia si Kecil.

Misalnya, menawarkan anak memilih sarapan nasi atau roti, pakai sepatu bertali atau tanpa tali, menyiapkan tas untuk sekolah sendiri atau dibantu, dan sebagainya. Dengan begitu, si Kecil akan terlatih untuk berani mengambil keputusan.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

2. Latih Anak agar Mandiri

Tips mendidik balita agar percaya diri (1).jpg

Foto: cmbchina.org

Caranya: biarkan si Kecil mengerjakan tugas-tugas sederhana sendiri, terutama tugas terkait dirinya sendiri. Misalnya, mengenakan baju sendiri, memilih kaos kaki sendiri, makan sendiri, dan menyiapkan tas untuk sekolah sendiri.

Dengan begitu, si Kecil akan belajar menguasai keterampilan baru (terutama terkait mengurus keperluannya sendiri) dan belajar mengatasi kesulitan yang ia temui. Saat ia berhasil melakukan tugas-tugasnya, ia akan merasa bangga pada dirinya sendiri dan kepercayaan diri balita pun terbangun.

3. Memberi Pujian Secukupnya

Tips mendidik balita agar percaya diri (5).png

Foto: mnn.com

Memberi pujian kepada si Kecil merupakan salah satu cara mendidik balita agar percaya diri.

Namun, menurut Jim Taylor, penulis buku Your Kids Are Listening: Nine Messages They Need to Hear from You, bukan berarti orang tua perlu sering-sering memuji si Kecil.

Justru, orang tua perlu membatasi memuji anak agar mereka tidak mudah “terlena”. Menurut Taylor, yang lebih baik adalah memunculkan rasa percaya diri pada anak dengan membangun kompetensi dan kemampuan anak. Dengan begitu, kepercayaan diri anak pun akan tumbuh dengan sendirinya.

Dikutip pula dari jurnal Child Development, memberikan pujian berlebihan kepada balita ternyata justru bisa membuat anak memiliki sifat narsis ketika tumbuh besar!

Baca Juga: Hindari 5 Pola Asuh yang Membuat Anak Jadi Tak Percaya Diri

4. Tidak Membanding-Bandingkan Anak

Tips mendidik balita agar percaya diri (4).jpg

Foto: palatinepediatricdentist.com

Setiap anak mempunyai tabiat dan kemampuan yang berbeda. Oleh karena itu, dalam mendidik balita agar percaya diri, Moms dan Dads perlu memahami kelebihan dan kekurangan tiap anak. Tunjukkan bahwa Moms dan Dads memahami kelebihan tiap anak dengan memuji kelebihan mereka, alih-alih membandingkan kemampuan mereka.

5. Hindari Memanggil Anak dengan Julukan Negatif atau Sarkas

Tips mendidik balita agar percaya diri (3).jpg

Foto: nationalstorage.nz

Bila Moms atau Dads keberatan atau kesal dengan sikap anak, hindari mengekspresikannya dengan mengomeli anak dengan kata-kata negatif atau yang bersifat merendahkan dirinya ataupun perasaannya. Fokuslah pada kesalahan atau kekeliruan si Kecil, dan katakan secara langsung dan jelas alasan Moms atau Dads menegurnya.

Nah, Moms, itulah kunci mendidik balita agar percaya diri. Kalau Moms sendiri, sudah menerapkannya, belum?

Baca Juga: Membangun Kepercayaan Diri dan 5 Manfaat Lain Senam Bagi Anak

(AN/DIN)

Artikel Terkait