KESEHATAN
2 April 2020

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Tidak WFH di Kala Pandemi COVID-19

Gaya hidup sehat bisa bantu tubuh jadi lebih prima
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memiliki kesehatan yang prima di masa pandemi COVID-19 adalah langkah penting untuk menjaga imunitas tubuh. Karena itu, Moms perlu mengetahui bagaimana tips menjaga kesehatan yang bisa dilakukan.

Sebagai aksi tanggap corona, beberapa kantor di Indonesia sudah menerapkan sistem kerja work from home, di mana karyawan bekerja di rumah tanpa perlu ke kantor.

Jika Moms atau Dads merupakan salah satu karyawan dengan pekerjaan yang tidak memungkinkan untuk bekerja di rumah, penting untuk tetap memiliki kesehatan prima, sehingga tidak mudah terinfeksi virus corona.

Dalam Journal of Cardiovascular Nursing, pentingnya perilaku gaya hidup sehat dapat menjaga kesehatan kardiovaskular, pengurangan risiko kesehatan, serta pencegahan dan manajemen terhadap penyakit yang dimiliki.

Jika Moms tidak bekerja dari rumah, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan yang bisa dilakukan.

Baca Juga: 9 Istilah Selama Pandemi COVID-19, Moms Sudah Tahu Semuanya?

Tips Menjaga Kesehatan Saat Bekerja di Kantor

Sebagai permulaan, setiap orang perlu menjaga kebutuhan dasarnya sendiri agar tetap sehat secara fisik dan mental dalam waktu yang penuh tekanan saat pandemi COVID-19 ini.

"Kita dapat merasa lebih baik secara mental jika kita memiliki fisik yang sehat sebaik mungkin," kata Aiysha Malik, psikolog dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat konferensi pers pada Kamis (26/3/2020).

Baca lebih lanjut untuk mengetahui tips menjaga kesehatan bagi Moms atau Dads yang tidak work from home berikut ini.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Pankreas

1. Makan Makanan Sehat

tips menjaga kesehatan-1

Foto: Orami Photo Stock

Di tengah pandemi COVID-19, tetap jaga kesehatan saat bekerja di kantor dengan memerhatikan pola makan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi.

Harvard Health menyarankan pola makan sehat yang kaya serat, biji-bijian utuh, buah-buahan dan sayuran segar, lemak "baik" atau tidak jenuh, dan asam lemak omega-3.

Komponen makanan ini mengurangi peradangan, yang dapat merusak jaringan, sendi, dinding arteri, dan organ.

Selain itu, kurangi atau batasi makanan manis seperti permen, dan minuman manis yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Kadar gula darah tinggi bisa berakibat diabetes, obesitas, penyakit jantung, dan bahkan demensia.

2. Tetap Lakukan Aktivitas Fisik

tips menjaga kesehatan-2

Foto: Orami Photo Stock

Walaupun Moms melakukan mobilitas untuk perjalanan dari rumah ke kantor, tetapi tetap buat diri menjadi lebih aktif dengan rajin berolahraga, sebagai tips untuk menjaga kesehatan.

Mengutip Family Doctor, olahraga dapat mencegah penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker usus besar. Serta dapat membantu mengobati depresi, osteoporosis, dan tekanan darah tinggi, dan jarang mengalami cedera.

Olahraga rutin dapat membuat Moms merasa lebih baik dan bisa mengendalikan berat badan. Cobalah untuk aktif selama 30-60 menit sekitar 5 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Tetap Bugar dengan 4 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan #diRumahAja

3. Tidur dan Istirahat dengan Teratur

tips menjaga kesehatan-3

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun bekerja di kantor, Moms tetap harus menjaga waktu tidur secara teratur. Dalam Sleep Health Journal, orang dewasa muda disarankan tidur selama 7-9 jam, dan pada orang dewasa yang lebih tua tidur 7-8 jam.

Seseorang yang terbiasa tidur di luar rentang jam normal mungkin menunjukkan tanda-tanda atau gejala masalah kesehatan yang serius. Moms bisa mengalami gangguan tidur atau bahkan kantuk saat berkendara.

4. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

tips menjaga kesehatan-4

Foto: Orami Photo Stock

Terutama pada Moms yang tetap harus ke kantor, jangan sampai lupa untuk melindungi kulit dari sinar matahari sebagai tips untuk menjaga kesehatan, termasuk risiko dari kanker kulit.

Mengutip American Academy of Dermatology, memakai tabir surya atau sunscreen dapat membantu mencegah kanker kulit dengan melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya.

Disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA dan UVB, tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, dan tahan air.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Sunscreen untuk Anak, Jangan Sampai Salah!

5. Cari Cara untuk Melepas Stres

tips menjaga kesehatan-5

Foto: Orami Photo Stock

Berita yang marak tentang COVID-19 menimbulkan kecemasan bagi publik. Apalagi, mengingat korban positif dan meninggal yang kian bertambah. Karena itu, Moms perlu mencari cara agar bisa melepas stres.

Mengutip Harvard Health, mencari cara untuk mengurangi stres adalah strategi yang dapat membuat tetap sehat. Banyak cara untuk menghilangkan stres seperti meditasi, yoga, atau bersenang-senang di akhir pekan.

Itu dia lima tips menjaga kesehatan bagi Moms yang harus bekerja di kantor. Biasakan membentuk gaya hidup sehat agar tubuh tetap prima ya, Moms.

Jika Moms merasakan gejala COVID-19 seperti batuk, demam, sesak napas, atau ingin mengetahui informasi yang terpercaya tentang virus COVID-19 di Indonesia, bisa menghubungi Hotline Virus Corona 119 ext. 9.

Artikel Terkait