FASHION & BEAUTY
25 November 2019

5 Tips Merawat Kulit Selama Kehamilan dengan Aman

Salah satunya, jangan absen menggunakan tabir surya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Ketahui langkah dasar untuk tetap merawat kulit selama kehamilan.

Terkadang kehamilan membuat Moms cuek terhadap penampilan. Asupan makan saja yang dijaga, tetapi perawatan kulit terlupakan.

Atau mungkin tidak lupa, hanya saja banyak mitos di luar sana mengenai akibat ibu hamil menggunakan produk perawatan kulit, sehingga Moms menjadi takut.

Tapi tidak perlu risau. Orami sudah merangkum beberapa poin penting untuk merawat kulit saat kehamilan. Simak sama-sama, yuk, cara merawat kulit selama kehamilan.

1. Gunakan Tabir Surya

5 Tips Merawat Kulit pada Masa Kehamilan dengan Aman 01.jpeg

Foto: productnation.com

Sinar ultraviolet dari matahari bisa berefek buruk pada kulit. Oleh karena itu, salah satu cara merawat kulit selama kehamilan dalah dengan menggunakan SPF. Sangat penting untuk selalu menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 15, baik di dalam maupun di luar rumah.

Oleskan tabir surya di wajah dan tangan jika perlu. Jika Moms beraktivitas di luar rumah berjam-jam, gunakan kembali tabir surya setiap dua jam sekali.

Baca Juga: Agar Hasilnya Efektif, Begini Cara Pemakaian Sunblock Sesuai Tingkat SPF

2. Serum AHA/ BHA

5 Tips Merawat Kulit pada Masa Kehamilan dengan Aman 02.jpg

Foto: wellgood.com

Selain tabir surya, Moms masih bisa menggunakan serum wajah. Terutama bagi Moms yang mengalami jerawat parah saat kehamilan.

’’Gunakan serum yang mengandung AHA/BHA aktif untuk mengatasi jerawat,’’ kata dr Hope Dinh, seorang dermatologis pemilik klinik Hope Dermatology di South Melbourne, Victoria, Australia.

Dikutip dari jurnal The College of Family Physician of Canada, dalam merawat kulit selama kehamilan, hindari serum berbahan retinoid, atau turunan vitamin A, seperti Retin-A atau Renova, serta salisilat. Bahan tadi dapat menyebabkan potensi kerusakan pada bayi Moms yang sedang berkembang.

’’Sebaliknya, cari produk yang mengandung asam laktat,’’ kata Heidi Waldorf, MD, direktur kosmetik dan laser dermatologi di Mount Sinai School of Medicine di New York City.

3. Jangan Lupakan Pelembab

5 Tips Merawat Kulit pada Masa Kehamilan dengan Aman 03.jpg

Foto: havepica.pw

Dalam merawat kulit selama kehamilan, untuk mencegah kulit kering, Moms bisa gunakan pelembab setiap hari. Namun pastikan pelembab yang Moms pilih mengandung bahan-bahan alami.

’’ Cari produk dengan bahan-bahan seperti gliserin, asam hialuronat atau shea butter,’’ kata Doris Day, MD, asisten klinis profesor dermatologi di New York University Medical Center.

Baca Juga: Cara Tepat Memilih Pelembab yang Baik Berdasarkan 4 Jenis Kulit Wajah

4. Oleskan Body Lotion

5 Tips Merawat Kulit pada Masa Kehamilan dengan Aman 04.jpg

Foto: globalnews.com

Sama halnya dengan pelembab, body lotion berfungsi memberikan hidrasi pada kulit tubuh. Penggunaan yang tepat adalah langsung dioles setelah mandi saat badan masih lembab.

Dalam merawat kulit selama kehamilan, sebaiknya hindari krim-krim yang mengklaim bisa menghilangkan selulit. Sebab, biasanya krim jenis ini mengandung bahan yang tidak direkomendasikan untuk ibu hamil.

’’Mereka mengandung tiga bahan yang kami sarankan untuk dihindari oleh wanita hamil: retinol, DMAE, dan kafein,’’ kata Elizabeth Goldberg, MD, seorang instruktur klinis dermatologi di Mount Sinai Medical Center di New York City.

5. Selalu Ingat Bersihkan Wajah

5 Tips Merawat Kulit pada Masa Kehamilan dengan Aman 05.jpg

Foto: todayshow.com

Amy Newburger, MD, seorang ahli dermatologi Westchester, merekomendasikan penggunaan pembersih wajah berbasis nonresid atau gliserin untuk merawat kulit selama kehamilan.

Jika kulit Moms sangat kering, maka ia menyarankan untuk mencuci dengan pembersih bilas tanpa sabun. Cucilah wajah tidak lebih dari dua kali sehari untuk mencegah kulit menjadi kering.

Nah, Moms. Itulah tips merawat kulit selama kehamilan. Semoga Moms tidak bingung lagi, ya.

Baca Juga: 5 Micellar Water Murah di Bawah 50 Ribu untuk Membersihkan Wajah

(CIL/DIN)

Artikel Terkait