TREN
4 Januari 2018

5 Tips Mudah Membersihkan Alat Dapur Berbahan Stainless Steel

Jika tidak rutin dibersihkan, peralatan berbahan stainless steel juga bisa berkarat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Peralatan dapur menjadi benda yang paling sering Moms gunakan setiap hari dalam aktivitas rumah tangga. Oleh sebab itu, menyediakan peralatan dapur yang berbahan awet adalah pilihan yang tepat.

Salah satu bahan yang memiliki daya tahan kuat dan cukup baik adalah stainless steel. Bahan ini sangat sering digunakan karena sifatnya yang tahan panas, tidak mudah berkarat, dan tidak meninggalkan noda-noda bekas makanan.

Baca Juga : 4 Alat Memasak Kue Wajib Punya

Meskipun terkenal awet, peralatan dapur berbahan stainless steel tetap perlu dirawat dan dibersihkan secara rutin agar tidak mudah rusak. Berikut tips sederhana membersihkan alat dapur berbahan stainless steel yang bisa Moms aplikasikan di rumah.

1. Menghilangkan Karat

Meskipun peralatan dapur berbahan stainless steel tidak mudah berkarat, suatu saat jika tidak dirawat dengan baik maka dapat mengalami oksidasi atau berkarat.

Jika sudah telanjur berkarat, Moms bisa membersihkan permukaan karat dengan menggunakan bubuk pumice yang dicampur dengan air hingga teksturnya seperti pasta.

Setelah itu, pasta tadi dapat dioles ke permukaan stainless steel yang berkarat kemudian bilaslah dengan air hangat. Bubuk pumice dapat Moms beli di toko material atau toko online.

Baca Juga : 4 Alat Dapur Jadul Tapi Masih Jadi Andalan

2. Membersihkan Kompor

Kompor berbahan stainless steel saat digunakan untuk memasak seringkali terkena noda minyak. Oleh sebab itu harus rutin dibersihkan agar nodanya tidak menumpuk dan bercampur dengan debu.

Cara membersihkannya adalah dengan menyeka noda menggunakan kain bersih. Lakukan saat kompor dalam keadaan dingin, ya, Moms.

3. Membersihkan Gagang

Gagang atau pegangan dalam sebuah peralatan adalah bagian yang paling sering disentuh. Itu sebabnya bagian gagang ini perlu dibersihkan secara ekstra setiap minggunya.

Moms dapat membersihkannya dengan kain lap berbahan microfiber. Bahan ini adalah bahan yang sama dengan kain lap untuk membersihkan lensa kacamata. Bahan yang lembut tidak akan meninggalkan goresan dan sangat ampuh membersihkan noda atau debu yang kecil.

Baca Juga : 5 Bahan Alami Untuk Membersihkan Peralatan Dapur

4. Meja Dapur

Jika meja dapur atau kitchen set Moms terbuat dari stainless steel, Moms dapat membersihkannya dengan menggunakan beberapa tetes cairan sabun pencuci piring dan air hangat. Hindari menggunakan pembersih berbahan abrasif, ya! Karena bahan tersebut dapat merusak perlatan dapur Moms.

5. Membersihkan Wastafel

Membersihkan wastafel berbahan stainless steel dapat menggunakan air cuka.

Caranya gampang, setelah Moms membersihkan wastafel dengan sabun cuci piring dan air, Moms dapat melanjutkannya dengan memoles permukaan menggunakan cairan cuka agar kebersihannya maksimal.

(OMI)

Artikel Terkait