FASHION & BEAUTY
26 September 2019

5 Tips Mudah untuk Mencukur Bikini Line

Miliki kulit yang halus dan mulus meski telah dicukur
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Carla Octama

Memiliki penampilan yang rapi dan menarik ada idaman semua wanita. Baik itu untuk penampilan luar, maupun penampilan di dalam. Semuanya harus rapi dan bersih, terutama untuk masalah perbuluan.

Mencukur bulu ketiak hingga mulus mungkin sudah biasa. Namun Moms juga bisa lho mencukur garis bikini atau bikini line. Hal ini biasanya dilakuka untuk mereka yang sering memakai bikini ketika berjemur di pantai. Tapi jika Moms ingin mencoba juga bisa.

Karena merupakan hal baru, berikut ini ada beberapa tips untuk mencukur bikini line. Bagaimana caranya? Yuk kita cari tahu.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Mencukur Bulu Kaki yang Sering Dilakukan

1. Pilih Alat Cukur yang Tepat

mencukur garis bikini

Foto: healthista.com

Untuk mencukur garis bikini, Moms harus memilih pisau cukur yang tepat untuk memastikan bikini line tercukur dengan baik.

"Jika ada lebih banyak bilah, akan memberikan lebih banyak tekanan. Sehingga efek yang dihasilkan lebih banyak,” kata Dendy Engelman, dari Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery di New York City.

Dengan kata lain, Moms akan bisa mencukur lebih baik, lebih dekat tanpa risiko luka atau iritasi.

2. Gunakan Krim untuk Mencukur

Mungkin Moms berpikir bahwa krim mencukur hanya sebuah aksesoris tambahan untuk memberikan harum pada saat mencukur garis bikini, namun sebenarnya lebih dari itu.

“Saat mencukur, secara tidak langsung kita juga mencukur kulit kita,” ujar Eileen Bischoff, ahli kecantikan dan ahli hair removal di Eve Salon di New York City. ia menambahkan, jika tidak menggunakan krim mencukur agar lebih mulus, maka kita bisa saja tidak sengaja menggores kulit sehingga mengakibatkan iritasi.

Baca Juga: 8 Tips Mencukur Bulu Ketiak dengan Benar Agar Tidak Hitam

3. Gunakan Teknik yang Benar untuk Mencukur

mencukur garis bikini

Foto: hellosehat.com

“Cara kita mencukur sangat, sangat penting, terutama bagi orang-orang yang rentan terpeleset,” kata Bischoff. Cukup dengan mencukur dalam satu arah, searah dengan pertumbuhan rambut.

Saat menggeser pisau cukur dengan lembut di sepanjang garis bikini, jaga agar pisau tetap ke bawah tanpa menambahkan terlalu banyak tekanan.

4. Tenangkan Kulit setelah Mencukur

“Segera cuci setelah kita meletakkan pisau cukur, lalu komper dengan air dingin di area selama 10 menit untuk mencegah iritasi kulit,” ucap Fumi Ozaki, ahli estetika dan elektrologi di Redondo Beach, California.

Oleskan serum anti kemerahan untuk meredakan luka bakar akibat mencukur.

Baca Juga: Perlukah Mencukur Bulu Bokong? Ternyata Malah Berisiko, Lho

5. Berikan Pelembab

shutterstock_1051969802.jpg

foto : shutterstock

Sangat penting bagi kita untuk selalu menghidrasi dan melembabkan kulit setelah mencukur, termasuk setelah mencukur garis bikini.

“Oleskan pelembab yang tidak mengandung pengharum dan alkohol pada kedua area garis bikini agar kelembabannya terjaga dengan baik dan tidak kering, yang bisa berujung pada iritasi,” kata Dendy Engelman, dari Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery di New York City.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Moms lakukan untuk mencukur garis bikini. Ingat untuk selalu menjaga kelembaban kulit agar tidak timbul iritasi ya Moms.

Artikel Terkait