JALAN-JALAN
26 Mei 2019

5 Tips Nyaman Mudik dengan Kereta Bersama Si Kecil

Buat perjalanan mudik jadi menyenangkan bersama Si Kecil
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Mudik adalah keharusan bagi sebagian keluarga begitu menjelang Lebaran tiba. Orang-orang dari berbagai belahan daerah, akan berbondong-bondong balik ke kampung halamannya untuk menghabiskan hari Lebaran bersama dengan orang-orang yang disayangi, termasuk Moms bukan?

Kebanyakan orang memilih mudik dengan menggunakan bus, mobil pribadi, dan kereta. Nah, jika Moms termasuk salah satu orang yang memilih mudik dengan kereta, tentu persiapannya harus matang.

Mari kita simak tips nyaman mudik naik kereta bersama Si Kecil!

Baca Juga: 5 Tips Mudik Lebaran Nyaman bagi Ibu Hamil

1. Ceritakan Sedikit Mengenai Mudik dengan Kereta

mudik dengan kereta, nyaman mudik bersama anak

Anak pasti juga ingin tahu bagaimana rasanya mudik dengan kereta sebelum mencobanya.

Nah, agar ia punya gambaran dan bersemangat, Moms bisa menceritakan sedikit mengenai asiknya mudik dengan kereta.

Dengan begitu anak pasti tidak akan sabar menantikan momen tersebut. Selain itu, ia tidak akan rewel karena sudah tahu bahwa mudik dengan kereta itu ternyata menyenangkan.

Hal ini sekaligus berguna untuk menyiapkan mental buah hati sebelum hari H keberangkatan.

2. Pilih Jam Keberangkatan sesuai Jam Tidur Anak

mudik bersama anak, mudik bersama bayi/alita, nyaman mudik bersama bayi/balita

Bagi Moms yang membawa anak bayi atau balita, ide ini bisa dipakai. Cobalah untuk membeli tiket kereta api sesuai dengan jam tidur Si Kecil.

Dengan begitu, anak tidak akan rewel dan bosan selama perjalanan mudik dengan kereta.

Jika tidak ada yang sesuai dengan waktu tidur anak, kita bisa memilih waktu keberangkatan di malam hari, yang merupakan waktu Si Kecil untuk tidur.

Baca Juga: 5 Makanan Praktis Jika Terpaksa Buka Puasa di Jalan Saat Mudik

3. Beli Tiket dari Jauh Hari Sebelumnya

mudik bersama anak, mudik bersama bayi/alita, nyaman mudik bersama bayi/balita

Menjelang Lebaran, banyak orang akan mudik ke kampung halaman masing-masing. Jadi jangan heran jika tiket kereta api atau bus juga akan cepat habis dibeli.

Oleh karena itu, kita tidak boleh membeli tiket kereta di waktu yang mepet dengan tanggal keberangkatan. Bisa dipastikan bahwa tiket yang diinginkan pasti tidak ada.

Moms dan keluarga sebaiknya merencanakan waktu mudik dari jauh-jauh hari sebelumnya. Jika sudah menentukan, segeralah beli tiket kereta api yang diinginkan.

Selain tidak akan kehabisan tiket, Moms juga bisa dengan leluasa memilih tempat duduk yang diinginkan.

Pilihlah tempat duduk yang saling berdekatan atau bersebelahan satu sama lain. Jangan lupa untuk memesan kursi ekstra, karena dapat digunakan untuk menidurkan Si Kecil lebih nyaman tanpa menggangu tempat istirahat kita.

4. Bawa Barang Seperlunya

mudik bersama anak, mudik bersama bayi/alita, nyaman mudik bersama bayi/balita

Mudik dengan transportasi umum berbeda dengan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Tempat duduk dan ruang yang didapatkan pun akan terbatas. Oleh sebab itu, bawalah barang seperlunya saja, termasuk baju.

Namun, Moms wajib memprioritaskan kebutuhan Si Kecil dalam barang yang akan di bawa. Apalagi jika akan melakukan perjalanan yang jauh, hal ini penting agar ibu tidak kesulitan selama mudik.

Barang yang perlu ibu bawa saat mudik dengan kereta di antaranya bantal, selimut, mainan favorit, dan beberapa pasang baju Si Kecil.

Jika ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga, sebaiknya dikirim saja melalui ekspedisi atau kurir pengiriman.

Kirim beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan, agar oleh-oleh bisa sampai bersamaan dengan kita. Sehingga Moms pun tidak perlu repot menenteng oleh-oleh.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Disiapkan Jika Mudik Pakai Mobil

5. Bawa Makanan yang Cukup

mudik bersama anak, mudik bersama bayi/alita, nyaman mudik bersama bayi/balita

Berikutnya, hal penting yang tidak boleh terlewatkan adalah makanan! Moms wajib membawa makanan atau camilan yang cukup untuk anak dan keluarga. Agar tidak terlalu banyak, pilihlah makanan dan camilan favorit Si Kecil.

Hal ini untuk berjaga-jaga jika anak rewel atau kelaparan, karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan menghabiskan waktu yang lama. Selama di kereta akan sulit menemukan penjual makanan yang ada.

Saat anak bosan, Moms pun bisa memberikannya camilan agar ia tidak rewel dan membantunya mengurangi rasa lapar.

Itulah tips penting untuk perjalanan mudik dengan kereta bagi Moms dan Si Kecil. Pastikan tips-tips ini tidak terlewat dan dilakukan dengan baik ya Moms. Selamat mudik!

Artikel Terkait