TREN
17 Februari 2019

5 Tips Sederhana untuk Membangun Teamwork

Memberikan pujian pada para anggota bisa untuk membangun teamwork
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla
Foto : unsplash.com

Dalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuan tentulah diperlukan kerjasama atau teamwork antar anggotanya. Begitupula di dalam kehidupan kantor Moms.

Pernahkah Moms meihat divisi lain selalu sukses dalam menyelesaikan tugasnya, tapi divisi Moms tidak? Bisa jadi hal ini karena kurangnya teamwork antara Moms dengan rekan-rekan kerja.

Padahal ada lho beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk membangun teamwork :

1. Perlancar Komunikasi

Salah satu kunci utama untuk membangun teamwork adalah lancarnya komunikasi antara semua anggota. Berikan semua anggota hak untuk mengekspresikan pikiran dan pendapatnya.

"Orang-orang yang merasa didengarkan oleh orang lain akan berusaha untuk memahami yang lainnya pula," ujar management dan organization development consultant, Susan M. Heathfield sebagaimana dikutip dari thebalancecareers.com.

Baca Juga : 6 Pekerjaan Impian yang Bisa Dikerjakan Sambil Tetap Mengurus Keluarga

2. Buat Para Anggota Memiliki Sense of Belonging yang Kuat

Jika masing-masing anggota tim Moms memiliki sense of belonging atau rasa memiliki yang kuat, tentulah teamwork akan terjalin dengan baik.

"Rasa memiliki ini bisa ditingkatkan dan diperkuat ketika tim menghabiskan waktu bersama, atau sedang mengembangkan norma-norma untuk tim," ujar Susan.

3. Perjelas Tanggung Jawab dan Tugas Masing-Masing Anggota

Setiap orang dalam tim atau organisasi harus mengerti betul akan tanggung jawab dan tugasnya di sana. Oleh karena itu, sudah tentu pemimpin organisasi harus memperjelas tanggung jawab masing-masing anggota.

Jika masih belum jelas, Moms bisa langsung mengobrol dengan atasan untuk mengetahui lebih lanjut.

Dengan mengetahui tugas masing-masing, tentu tidak akan ada kebingungan ataupun waktu yang dihabiskan percuma hanya untuk mendelegasikan pekerjaan. Setiap anggota tim pun mudah fokus dengan tugas mereka.

4. Tetapkan Tujuan

Coba Moms pikirkan, untuk apa setiap tim memiliki teamwork yang kuat? Tentunya untuk mencapai tujuan bukan? Namun apa jadinya jika organisasi tidak memiliki tujuan?

Oleh karena itu, organisasi harus menetapkan satu tujuan yang ingin dicapai bersama. Setiap anggota tim pun harus disosialisasikan akan tujuan tersebut dan kapan jangka waktu untuk meraihnya.

Dengan begini, maka akan terbangun motivasi untuk mencapai tujuan bersama sehingga terbangun teamwork yang kuat.

Baca Juga : Intip Pekerjaan Ideal Untuk Anda Berdasarkan Zodiak!

5. Hargai Pekerjaan Bagus Setiap Anggota

Dengan menghargai dan memuji pekerjaan yang dilakukan dengan baik oleh setiap anggota tim, maka akan meningkatkan kepercayaan diri dan moral.

Pada akhirnya, rasa bangga ini akan mendorong masing-masing anggota tim untuk semakin kompak dan mempertahankan pekerjaan baik mereka.

Bagaimana, mudah bukan untuk membangun teamwork yang kuat? Asalkan hal ini dilakukan dengan sungguh-sungguh, ya!

(CAR)

Artikel Terkait