JALAN-JALAN
2 November 2017

5 Tips Super Penting Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Jangan lupa siapkan ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)
shutterstock 721685764

Traveling ke luar negeri bisa jadi pengalaman yang mendebarkan, apalagi jika baru pertama kali dilakukan. Nah, agar saat traveling tetap nyaman juga aman, beberapa hal tentunya harus disiapkan.

Pengalaman melancong ke luar negeri sangat berbeda jauh jika dibanding jalan-jalan di dalam negeri. Mom akan menemukan perbedaan Bahasa dan budaya. Jadi, sebaiknya tambah persiapan biar tak kikuk saat sedang di negara orang.

Pertama adalah menimbang negara mana yang akan dituju. Semisal, jika traveling ke negeri bersuhu dingin, baju tebal penting untuk dibawa. Sebaliknya, jika traveling ke negara bersuhu panas maka tinggal coat serta mantel.

Semua persiapan ini ditujukan agar saat menjalani traveling Mom sekeluarga bisa benar-benar enjoy. Berikut hal yang harus dipenuhi saat melakukan perjalanan internasional.

1. Paspor dan dokumen perjalanan lain

shutterstock 130846067

Sebelum membuat rencana perjalanan, pastikan untuk memeriksa paspor dan dokumen lain yang terkait. Tiap negara punya aturan berbeda tentang dua hal ini. Tapi pada umumnya, jika paspor yang masa berlakunya tinggal 6 bulan, Mom tidak diperbolehkan masuk negara tersebut. Untuk traveling ke luar negeri, paspor minimal masih berlaku 9 bulan ke depan.

2. Lokasi penukaran uang

shutterstock 742280992

Bukan langkah bijak membawa uang dalam jumlah banyak saat traveling. Bisa-bisa malah dicurigai terlibat aktivitas pencucian uang. Cara termudah untuk mendapat uang tentu lewat ATM. Tapi, menarik uang di negara lain pasti akan menimbulkan biaya tambahan yang tak sedikit. Solusinya, tarik uang pada ATM di area bandara yang pajaknya tak terlalu besar.

3. Kebutuhan daya

shutterstock 746283898

Yang harus Mom tahu, tiap negara punya standar sambungan arus elektronik berbeda. Penting supaya membawa adaptor yang tepat untuk beberapa jenis soket berbeda. Jangan sampai alat elektronik atau gadget yang dibawa justru tak bisa diisi ulang dayanya. Selain itu, ketahui juga apakah arus yang dihantarkan sesuai dengan daya perangkat yang dibawa.

4. Luangkan koper

shutterstock 743570389

Mengepak baju dan kebutuhan bisa jadi hal menyebalkan. Ada begitu banyak barang yang harus dibawa, tapi koper tak cukup. Ide seperti ini sebenarnya kurang benar. Seharusnya, sisakan sedikit ruang pada koper. Traveling selalu identik dengan belanja, dan itulah gunanya ruang tersisa yang ada di koper. Mom pasti tak mau membawa belanjaan dengan plastik atau wadah lain yang tak aman.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Asuransi Perjalanan?

5. Perhatikan rumah

shutterstock 746357194

Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi pada rumah saat ditinggal traveling. Kemalingan adalah resiko yang paling tak diinginkan. Sebaiknya, pastikan rumah benar-benar aman. Tak perlu harus update status jika mau bepergian. Orang jahat bisa memanfaatkan informasi ini dan bisa menjadikan rumah Mom korban selanjutnya. Ini jangan sampai terjadi!

Secara garis besar, lima poin tersebut merupakan hal utama yang harus disiapkan sebelum bepergian. Dengan begitu, traveling bisa dilakukan dengan enjoy tanpa khawatir tentang suatu apapun.

Selain tips di atas, apakah Mom punya kiat lain?

RIA

Artikel Terkait