KESEHATAN
16 Mei 2019

5 Tips untuk Menghindari Dehidrasi Selama Puasa

Meski puasa, tubuh tetap harus terhidrasi dengan baik ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Intan

Menjalankan puasa berarti kita harus menahan haus dan lapar selama 13 jam lamanya. Karenanya, tubuh manusia yang terdiri dari dua per tiga air tentu akan kekurangan cairan.

Padahal air adalah zat gizi makro esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh

Menurut dr. Nurul Ratna, Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, tubuh yang kekurangan cairan dapat terlihat dari warna urine yang di keluarkan oleh tubuh.

Urine yang dikeluarkan akan berwarna kuning pekat dan jarang buang air kecil. Selain itu, sulit buang air besar juga bisa menjadi tanda dehidrasi.

Agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik, Moms bisa mengikuti tips-tips di bawah ini. Apa saja? Yuk kita cari tahu.

Baca Juga: Cegah Lemas Akibat Dehidrasi, Ikuti 4 Kiat Ampuh Agar Anak Moms Suka Minum Air Putih

1. Berbuka dengan Air Putih

benefits-of-drinking-water.jpg

Pastikan bahwa Moms dan keluarga memenuhi hidrasi yang dibutuhkan tubuh dengan minum air putih saat berbuka puasa. Ingat, walaupun sedang puasa, kita tetap perlu mengonsumsi 7 hingga 8 gelas air per hari.

Agar lebih mudah untuk diingat, Dr. dr. Diana Sunardi, Ketua Indonesian Hydration Group (IHWG), menyarankan kita ubtuk mengikuti formula 2-4-2.

Maksudnya saat sahur jangan lupa konsumsi 2 gelas air putih. Lalu mulai dari buka puasa hingga akan tarawih, minumlah 4 gelas air putih. Setelah tarawih, minum lagi 2 gelas air putih. Gampang kan?

2. Hindari Minuman Berkafein

white-cup-with-black-coffee.jpg

Teh dan kopi mengandung kafein yang memiliki sifat diuretik atau dapat meningkatkan produksi urine.

Jika kita minum minuman dengan kandungan kafein ini, maka tubuh akan mudah merasa haus.

Agar dapat menahan dahaga selama berpuasa, disarankan kita perbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur.

Baca Juga: Pentingnya Membiasakan Anak Minum Air Putih

3. Hindari Aktivitas yang Membuat Tubuh Mengeluarkan Keringat Berlebih

running-1022.jpg

Selama berpuasa, hindari aktivitas yang memerlukan banyak energi sehingga tubuh akan mengeluarkan keringat yang banyak.

Bila ingin berolahraga, lakukan olahraga yang tidak memerlukan intensitas tinggi, seperti jalan kaki di sekeliling kompleks atau olahraga angkat beban. Karena keringat yang keluar secara berlebihan akan mengurangi cairan di dalam tubuh.

4. Konsumsi Buah-buahan

where-to-store-fruits-hero-getty.jpg

Mengonsumsi buah-buahan segar yang mengandung banyak cairan seperti semangka, jeruk, melon, dan air kelapa juga bagus untuk mempercepat pemulihan kebutuhan air dalam tubuh.

Selain mendapat asupan cairan, kita juga sekaligus memperoleh asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh melalui buah-buahan.

Baca Juga: 5 Olahan Buah untuk Berbuka Puasa, Lezat!

5. Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

goodsweating.jpg

Matahari adalah benda jahat yang juga akan membuat tubuh kekurangan cairan. Teriknya sinar matahari akan membuat tubuh kepanasan, sehingga mengeluarkan keringat secara berlebih.

Akibatnya tubuh akan merasa lelah dan mengantuk sepanjang hari, bibir kering akibat kepanasan, dan rasa haus yang tidak tertahankan.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan selama bulan puasa. Cukupi kebutuhan air yang diperlukan maka tubuh akan terhidrasi dengan baik.

Artikel Terkait