NEWBORN
31 Oktober 2019

5 Trik untuk Membuat Bayi Nyaman Tidur di Hotel saat Liburan

Tidur nyaman kunci liburan nyaman bersama bayi
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi beberapa orang tua, berlibur bersama bayi menjadi hal yang sangat menegangkan dan membingungkan. Salah satu hal yang sering dikhawatirkan adalah kenyamanan bayi saat harus menginap di hotel.

Di rumah, lingkungan terkendali, rutinitas konsisten, dan waktu tidur yang terjadwal. Tapi, bagaimana dnegan menginap di hotel? Apakah bayi akan nyaman dengan adanya perubahan lingkungan dan rutinitas?

Nah, ini yang menjadi pekerjaan rumah bagi para Moms. Moms harus membuat Si Kecil nyaman selama menginap di hotel. Sebenarnya tidak sulit kok Moms membuat bayi nyaman tidur di hotel.

Dikutip dari Kidspot.com.au, ada beberapa trik agar Si Kecil bisa nyaman menginap di hotel. Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini Moms!

1. Rencanakan Liburan dengan Matang

5 trik membuat bayi nyaman tidur di hotel saat liburan

foto: tfmjf.org

Ketika memilih hotel yang akan digunakan menginap, cari tahu apakah hotel tersebut sudah memenuhi kebutuhan spesifik keluarga, khususnya untuk Si Kecil.

Apakah hotel memiliki opsi kamar untuk keluarga? Bisakah bayi tidur di ranjang bersama Moms dan Dads? Apakah hotel menyediakan tempat tidur bayi? Apakah hotel menyediakan linen?

2. Bawa atau Pinjam Perlengkapan Tidur Bayi

5 trik membuat bayi nyaman tidur di hotel saat liburan 1

foto: dadgear.com

Dilansir dari The National Sleep Foundation, membawa perlengkapan tidur bayi seperti bantal kecil dan selimut tipis saat liburan membantu bayi lebih nyaman tidur di hotel. Jika tidak memungkinkan untuk membawanya sendiri dari rumah, Moms bisa meminjam atau menyewanya di hotel.

Beberapa hotel menyediakan perlengkapan bayi yang bisa dipinjam, namun beberapa lainnya tidak. Maka dari itu, tanyakan terlebih dahulu kepada pihak hotel sebelum Moms melakukan booking.

Baca Juga: Membawa Bayi Liburan? Perhatikan 5 Hal Berikut!

3. Mulailah Perjalanan Liburan dengan Cukup Istirahat

5 trik membuat bayi nyaman tidur di hotel saat liburan 2

foto: babyfashions.us

Liburan, baik dengan mobil, pesawat terbang, ataupun kereta api, dapat membuat siapa pun kelelahan, terutama anak-anak dan bayi. Jadi, usahakan agar Si Kecil beristirahat dengan baik sebelum berangkat berlibur.

Pastikan Si Kecil tidur siang yang cukup dan tidur malam dengan nyenyak menjelang hari keberangkatan.

Bayi dan anak-anak yang cukup istirahat dapat lebih mudah beradaptasi terhadap perubahan jadwal tidurnya dan sedikit kehilangan kesempatan tidur saat berlibur.

Dengan kata lain, cukup istirahat adalah kunci utama untuk membuat bayi nyaman saat liburan.

4. Bersihkan Kamar Hotel sebelum Menidurkan Bayi

5 trik membuat bayi nyaman tidur di hotel saat liburan 3

Ketika masuk ke kamar hotel, biarkan Si Kecil bermain di tempat tidur dengan mainannya agar Moms bisa membersihkan kamar.

Bawalah tisu disinfektan untuk membersihkan telepon, remote TV, jam, dan benda-benda lain di dalam kamar hotel yang sangat mungkin disentuh Si Kecil.

Pindahkan tempat sampah ke area yang tidak dapat dijangkau Si Kecil. Kemudian pastikan tidak ada benda-benda kecil atau benda tajam di dalam ruangan.

Jika ada ujung furnitur yang tampak tajam dan membahayakan bayi, carilah cara untuk memastikannya agar lebih aman untuk Si Kecil.

Baca Juga: Ini 6 Tips Memilih Destinasi Wisata Ramah Bayi

5. Buatlah Kamar Hotel Menjadi Lebih Kondusif

5 trik membuat bayi nyaman tidur di hotel saat liburan 4

foto: germainlariviere.com

Supaya bayi nyaman tidur di hotel, buatlah suasana kamar menjadi lebih redup dan tenang. Salah satu cara termudah untuk membuat kamar hotel menjadi lebih kondusif untuk bayi adalah menggunakan kain penutup atau linen untuk dipasang sementara di kamar.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan mengenai masalah tidur bayi, Moms bisa bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Itulah beberapa trik untuk membuat bayi nyaman tidur di hotel yang dapat Moms terapkan. Jika Moms mempunyai tips lain yang belum disebutkan di atas, jangan lupa bagikan dengan Moms lain melalui komentar di bawah artikel ini.

(RGW)

Artikel Terkait