KESEHATAN
25 April 2020

5 Variasi Jus untuk Menambah Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi

Moms bisa menggunakan dua atau lebih campuran
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di masa pandemi virus corona (COVID-19) ini tidak ada cara yang lebih baik untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi banyak makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebuah jurnal dari Frontiers in Medicine menyebutkan bahwa kekebalan tubuh adalah mekanisme utama pertahanan tuan rumah terhadap berbagai infeksi penyakit.

Makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah buah-buahan dan sayuran segar. Dengan banyak mengonsumsi makanan ini, maka tubuh akan terlindungi dari COVID-19.

Sebagai variasi agar tidak bosan, Moms bisa jadikan buah atau sayur ini sebagai jus. Jenis minuman ini sangat sempurna karena ketika kita menghilangkan serat ketika kita membuatnya, jus akan lebih bergizi.

Selain itu jus juga bagusn untuk anak-anak yang tidak terlalu suka makan buah-buahan dan sayuran.

Jus Penambah Daya Tahan Tubuh

Apa saja jus penambah daya tahan tubuh yang bisa dikonsumsi Moms dan keluarga? Simak di bawah ini yuk.

1. Jus Apel, Wortel, dan Jeruk

jus untuk daya tahan tubuh

Foto: youtube.com

Apel, wortel, dan jeruk adalah kombinasi yang unggul untuk menambah daya tahan tubuh dan membantu tubuh terlindungi dari berbagai infeksi virus.

Jika dicampurkan sebagai jus, bahan-bahan ini menghasilkan berbagai kandungan seperti vitamin A, B-6, dan C, lalu kalium, dan asam folat.

2. Jus Jeruk Biasa dan Jeruk Bali

jus untuk daya tahan tubuh

Foto: thefeedfeed.com

Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan berbeda yang melindungi sel-sel kita dari zat yang membahayakan tubuh.

Ketidakcukupan vitamin C dapat menyebabkan penyembuhan luka lebih lama, kegagalan untuk memerangi penyakit dengan tepat, dan reaksi resistensi yang melemah.

Campuran kedua buah ini adalah minuman buah yang sehat dan ledakan citrusnya mengandung semua vitamin C yang kita butuhkan untuk menambah daya tahan tubuh di tengah pandemi.

3. Jus Kale, Tomat, dan Seledri

jus untuk daya tahan tubuh

Foto: lovingitvegan.com

Menurut para ahli nutrisi, sayuran hijau adalah sayuran terbaik untuk jus karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Resep jus kale dengan tomat dan seledri ini menyediakan lebih dari cukup vitamin A. Jus ini juga merupakan jus anti-inflamasi yang juga memiliki manfaat menenangkan. Mencampur bahan-bahan ini sebagai jus akan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

4. Jus Buah Bit, Wortel, Jahe, dan Kunyit

jus untuk daya tahan tubuh

Foto: minimalistbaker.com

Campuran jus ini memiliki empat sayuran akar yang akan membantu menambah daya tahan tubuh Moms dan keluarga, serta mengurangi gejala peradangan.

Peradangan seringkali merupakan respon imun terhadap infeksi. Ini dapat menyebabkan gejala flu atau pilek seperti pilek, batuk, dan nyeri pada tubuh.

Orang yang menderita rheumatoid arthritis akan sangat baik jika minum jus ini, karena kunyit dan jahe memiliki efek anti-inflamasi.

5. Jus Semangka

jus untuk daya tahan tubuh

Foto: ediblephoenix.ediblecommunities.com

Jus semangka tidak hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita, tetapi juga membantu meredakan nyeri otot. Nyeri otot adalah gejala umum dari flu, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Kandungan air yang banyak dari buah ini juga dapat membuatnya lebih mudah untuk dijadikan sebagai jus. Dengan mengonsumsi jus ini, tubuh akan mendapatkan tambahan vitamin A dan, magnesium, juga seng.

Itu dia beberapa jus yang mampu menambah daya tahan tubuh kita. Membuat jus, smoothie, dan minuman bernutrisi adalah salah satu cara yang lebih enak untuk tetap sehat.

Tetapi apa pun jus yang disukai, Moms bisa selalu menambahkan makanan super lainnya seperti biji chia dan bibit gandum demi memperoleh manfaat kesehatan yang lebih banyak.

Artikel Terkait