BALITA DAN ANAK
20 April 2020

5 Vitamin Ini Baik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jangan lupa beri Si Kecil vitamin ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di musim pandemi virus corona atau COVID-19 ini kita semua dituntut untuk menjahga kesehatan diri.

Pemerintah mulai mengimbau supaya masyarakat tetap di rumah, mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan menambah asupan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Terutama daya tahan tubuh Si Kecil yang sangat aktif.

Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Vitamin bisa didapatkan dari deretan makanan sehari-hari. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Moms wajib memberikan 5 jenis vitamin berikut ini pada Si Kecil.

1. Vitamin C

vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Foto: pickolor.com

Sudah jadi rahasia umum kalau vitamin C adalah salah satu vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang terbaik.

Vitamin C memainkan peran penting dalam sejumlah fungsi tubuh termasuk memproduksi kolagen, L-karnitin, dan beberapa neurotransmiter. Hal tersebut membantu memetabolisme protein dan aktivitas antioksidannya dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kanker.

"Dari penelitian yang berlangsung menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi vitamin C dapat menghentikan pertumbuhan, atau bahkan membunuh berbagai sel kanker. Hanya dengan memberi vitamin C intravena dosis tinggi terbukti efektif melawan kanker," ujar dokter Ronald Hoffman, MD, ahli onkologi di New York, dikutip dari Medical News Today.

Vitamin C bisa ditemukan di banyak buah dan sayuran, termasuk jeruk, stroberi, buah kiwi, paprika, brokoli, kangkung, dan bayam.

Baca Juga: Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?

2. Vitamin A

vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Foto: almanac.com

Tidak berbeda dengan vitamin c, vitamin A juga merupakan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin A larut dalam lemak dan baik untuk menjaga penglihatan yang sehat, kulit, tulang, dan jaringan lain dalam tubuh anak.

Selain sebagai pelengkap kebutuhan tubuh, vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan dan melawan kerusakan sel.

"Melalui perannya dengan pertumbuhan dan pembelahan sel, vitamin A memiliki peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan normal jantung, paru-paru, ginjal, dan organ vital lainnya," ujar dokter Sherry Ross, pakar kesehatan wanita di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California, dikutip dari Live Science.

Dapatkan asupan vitamin A dari aneka makanan, seperti susu, keju, yoghurt, telur, hati sapi, minyak ikan mangga, sayur bayam, dan wortel, labu, dan ubi jalar.

Baca Juga: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Anak, Tidak Hanya Wortel!

3. Vitamin B

vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Foto: nytimes.com

Vitamin B merupakan kelompok yang terdiri dari delapan nutrisi penting yang berperan penting dalam kinerja banyak organ dan sistem tubuh.

Meskipun mereka dapat bekerja bersama dalam tubuh, mereka juga melakukan fungsi unik mereka sendiri.

Delapan nutrisi vitamin B antara lain adalah thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), pantothenic acid (vitamin B5), vitamin B6, biotin (vitamin B7), folate (vitamin B9), dan vitamin B12. Bersama-sama mereka membentuk vitamin B kompleks.

Jenis makanan yang mengandung vitamin B adalah susu, keju, telur, hati dan ginjal, daging ayam dan daging merah, tuna, mackerel, dan salmon, biji-bijian, sereal, dan gandum.

4. Vitamin E

vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Foto: BBCgoodfood.com

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak dan ditemukan dalam banyak makanan, termasuk minyak nabati, sereal, daging, unggas, telur, buah-buahan, sayuran, dan minyak bibit gandum. Vitamin E juga tersedia dalam bentuk suplemen yang bisa Moms konsumsi kapan dan di mana saja.

Vitamin E punya peranan penting yang dibutuhkan untuk memaksimalkan fungsi banyak organ dalam tubuh. Selain sebagai vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin E juga merupakan antioksidan dan membantu memperlambat proses rusaknya sel-sel tubuh.

Baca Juga: Avokad, Buah dengan Berjuta Manfaat

5. Vitamin D

vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Foto: spectrumnews.com

Salah satu sumber vitamin D untuk manusia adalah melalui sinar matahari. Tubuh manusia akan menghasilkan vitamin D sebagai respons terhadap paparan sinar matahari yang didapatkannya. Selain itu, Moms juga dapat meningkatkan asupan vitamin D Si Kecil melalui makanan atau suplemen tertentu.

Vitamin D sangat penting untuk daya tahan tubuh, termasuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 1.

Moms bisa mendapatkan asupan vitamin D lewat makanan, seperti ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, dan tuna, kuning telur, keju, hati sapi, jamur, susu, sereal, dan jus.

Jadi, jangan sampai Si Kecil tidak mengonsumsi aneka makanan yang mengandung deretan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh di atas, ya!

Artikel Terkait