JALAN-JALAN
31 Mei 2019

5 Tempat Wisata di Jalur Pantura yang Ramah Anak

Indahnya Kampung Pelangi di Semarang!
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Libur Lebaran hampir tiba. Biasanya banyak dari para Moms dan keluarga yang memanfaatkan waktu libur Lebaran ini untuk pergi mudik ke kampung halaman. Ada yang menggunakan pesawat, kereta, atau bahkan yang paling mudah adalah menggunakan kendaraan pribadi.

Ada keuntungan yang bisa didapatkan saat Moms dan keluarga pergi mudik menggunakan kendaraan pribadi, salah satunya adalah bisa mampir ke banyak tempat sesuka hati, termasuk tempat wisata yang mungkin akan disukai Si Kecil.

Nah, bagi Moms dan Si Kecil yang akan pergi mudik lewat Jalur Pantura, berikut ini adalah daftar tempat wisata di jalur Pantura yang ramah anak.

1. Cirebon – Taman Ade Irma Suryani

wisata pantura

Cirebon menjadi kota pertama yang bisa Moms dan Si Kecil singgahi untuk berwisata saat mudik ke kampung halaman saat melewati jalur pantura. Taman Ade Irma Suryani menjadi salah satu tempat wisata di jalur Pantura yang ramah anak yang digemari banyak orang.

Di sini terdapat kolam renang untuk Si Kecil bisa bermain air, lalu ada bangunan restoran berbentuk kapal raksasa Cheng-Ho, dan bisa menyusuri dermaga yang langsung menghadap pantai. Lokasinya berada di pusat kota, tepatnya di Jl. Yos Sudarso No.1, Kota Cirebon membuatnya mudah untuk dicari.

Harga tiket masuknya Rp65.000, Si Kecil sudah bisa menikmati Taman Ade Irma Suryani dan Cirebon Waterland.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Di Jakarta yang Jarang Diketahui

2. Brebes – Wisata Hutan Mangrove Pandansari

wisata pantura

Kota selanjutnya yang akan dilewati adalah Brebes. Di kota ini, Moms dan Si Kecil bisa mengunjungi Wisata Hutan Mangrove Pandansari. Lokasinya berada di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp20.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak, Moms dan Si Kecil bisa berkeliling rimbunnya hutan mangrove di sini. Selain itu, Moms dan Si Kecil juga bisa menaiki perahu untuk menuju Mangrove Trail.

Jika beruntung, di sini Si Kecil bisa melihat burung pemakan ikan seperti raja udang, kuntul, dan lainnya. Coba deh untuk mampir sebentar ke tempat wisata di jalur Pantura yang ramah anak satu ini jika Moms mudik melewati Kota Brebes.

3. Tegal – Rita Park

wisata pantura

Tidak jauh setelah melewati Kota Brebes, Moms akan tiba dan sampai di Kota Tegal. Jika tidak sempat mampir ke tempat wisata di Brebes, Rita Park yang berada di Jl. Kolonel Soegiono No.155 Pesurungan Kidul, Kota Tegal ini bisa menjadi pilihan selanjutnya.

Ada banyak hal yang bisa Si Kecil lakukan di tempat wisata di jalur Pantura yang ramah anak ini, mulai dari bermain mini coaster, naik biang lala, mencoba skydrop atau pirate ship, naik ATV, bom-bom car, kuda putar, sampai rumah hantu.

Harga tiket masuknya Rp25.000 per orang, namun untuk menaiki masing-masing wahana kita akan dikenakan biaya lagi. Jika tidak mau ribet, Moms bisa membeli tiket terusan sebesar Rp100.000 dan bisa puas naik wahana apa saja di sini.

Baca Juga: 3 Wisata Selfie Kekinian yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga

4. Pekalongan – Pantai Pasir Kencana

wisata pantura

Setelah melewati Kota Tegal, kita akan sampai di Kota Pekalongan. Di kota ini Moms dan Si Kecil mampir sejenak untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di Pantai Pasir Kencana. Lokasi tepatnya berada di Jalan Pantai, Wonokerto, Pekalongan, hanya sekitar 4 km saja dari Kota Pekalongan.

Di sini Moms dan Si Kecil bisa menikmati indahnya pemandangan pantai yang indah, serta terdapat pelelangan ikan yang sangat cocok jika Moms dan keluarga menyukai sajian seafood. Selain itu, di Pantai Pasir Kencana juga terdapat mangrove park yang nyaman untuk berjalan-jalan santai di sore hari.

Tiket masuknya hanya sebesar Rp5.000 saja lho Moms. Murah dan menyenangkan ya tempat wisata di jalur Pantura yang ramah anak satu ini.

Baca Juga: Ini 6 Tips Memilih Destinasi Wisata Ramah Bayi

5. Semarang – Kampung Pelangi

wisata pantura

Tempat wisata di jalur Pantura yang ramah anak selanjutnya berada di Ibukota Jawa Tengah, yaitu Semarang. Di Kota Semarang, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk mampir ke Kampung Pelangi. Berada di Kampung Wonosari, Kelurahan Randusari yang cukup mudah diakses dari kota.

Tempat ini sangat instagramable karena banyak spot foto yang menarik karena di cat berwarna-warni. Apalagi untuk masuk ke Kampung Pelangi, Moms hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp5.000 saja, itu sudah termasuk biaya parkirnya. Murah ya Moms.

Tempat wisata di jalur Pantura yang ramah anak yang satu ini cantik sekali ya Moms?

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Di Jakarta yang Jarang Diketahui

Nah, itu dia 5 tempat wisata di jalur Pantura yang ramah anak. Sebenarnya masih banyak wisata-wisata lain dan di kota lain sepanjang jalur Pantura seperti di Kudus ada Waterpark Mulia Wisata atau di Tuban ada Pantai Kelapa, dan lainnya.

Apakah Moms akan melewati kota-kota di atas saat mudik ke kampung halaman nanti? Share yuk Moms!

Artikel Terkait