TRIMESTER 1
31 Oktober 2019

6 Alasan Tidak Merasakan Gejala Kehamilan Apapun Walau Sudah Hamil

Inilah hal yang mendasari ketidaktahuan wanita bahwa dirinya sedang hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms mungkin pernah mendengar cerita setidak satu kali, tentang wanita yang tidak tahu dia hamil hingga trimester dua. Pikiran pertama Moms pasti bertanya-tanya. Bagaimana bisa tidak tahu kalau sedang mengandung bayi? Nyatanya, kondisi seperti ini memang dialami sebagian wanita.

Dilansir dari situs WebMD, seorang Obgyn di The Ohio State University Wexner Medical Center, kata Michael Cackovic MD mengatakan, ada alasan medis di balik wanita yang mengalami hal tersebut.

’’Yaitu wanita yang tidak melakukan hubungan seks rutin, siklus menstruasinya tidak teratur, dan tidak secara teratur mengunjungi dokter,’’ katanya.

Dalam keadaan seperti itu, ada kemungkinan Moms tidak dapat menyadari bahwa sedang hamil dan tidak menyadari gejala kehamilan yang ada.

Namun, ada beberapa hal lain yang mendasari ketidaktahuan seorang wanita bahwa dirinya sedang hamil. Di antaranya sebagai berikut:

1. Ketakutan Berujung Penolakan

Ketakutan Berujung Penolakan - sumber newssarbcru.jpg

Pikiran untuk menjadi seorang ibu sangat menegangkan bagi beberapa wanita, sehingga mereka melakukan penolakan yang mendalam. Begitu dalam sehingga mereka tidak tahu bahwa mereka sedang hamil.

’’Penolakan adalah mekanisme pertahanan yang sangat kuat. Memungkinkan untuk berbicara sendiri dari setiap gejala yang manusia miliki. Gerakan di perut adalah 'hanya gas', misalnya,” kata Cackovic.

Misalnya, seorang remaja mungkin menolak atau mengabaikan kehamilan karena dia tidak ingin orang tuanya tahu dia berhubungan seks.

Seorang wanita yang sudah menikah dapat melakukan hal yang sama karena dia hamil oleh orang lain selain pasangannya.

2. Kesehatan Mental

02 KESEHATAN MENTAL - sumber onlymyhealthjpg.jpg

Wanita lain memiliki masalah kesehatan mental yang membuat mereka tidak mengenali atau menerima bahwa mereka akan punya bayi.

Kondisi yang disebut penolakan kehamilan ini sering terjadi. Dilansir dari Medical News Today, beberapa penelitian memperkirakan bahwa satu dari 400 atau 500 wanita, menyadari bahwa mereka akan memiliki anak pada usia kehamilan 20 minggu, atau sekitar 5 bulan,

Satu dari 2.500 wanita berhasil sampai ke persalinan sebelum mereka mengerti bahwa mereka akan punya bayi. Beberapa wanita mungkin mengalami kehamilan yang ditolak karena masalah kesehatan mental serius. Seperti gangguan bipolar atau skizofrenia .

3. Tidak Merasakan Gejala

03 TIDAK MERASAKAN GEJALA - sumber business woman media.jpg

Bagi sebagian wanita, informasi fisik kehamilan, seperti penambahan berat badan, mual di pagi hari, mulas, atau kelelahan, tidak terjadi.

Atau, gejalanya sangat samar sehingga hampir tidak terasa sama sekali. Bergantung pada tipe tubuhnya, maka masih masuk akal bagi seorang wanita untuk mencapai kehamilan 30 minggu tanpa terlihat hamil.

Terutama bagi wanita yang berbadan mungil namun gemuk.

4. Berat Badan Sering Berubah

04 PERUBAHAN BERAT BADAN - sumber CBS news.jpg

Jika seorang wanita kelebihan berat badan atau ukuran tubuhnya sering naik turun, dia mungkin tidak memperhatikan ada bayi yang bertambah berat dalam tubuhnya.

Jika kegemukan, kata Cackovic, dia mungkin tidak "memiliki perasaan fisik hamil" seperti yang dirasakan wanita non-obesitas.

5. Masalah Siklus Menstruasi

Siklus Menstruasi - sumber .jpg

Seorang wanita dapat mengalami menstruasi yang tidak teratur karena stres, pengaruh obat-obatan medis, obesitas, atau masalah kesehatan seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Hal ini biasa pula dialami wanita dengan gangguan makan. Jadi, ketika haidnya tidak muncul, pikiran pertamanya mungkin bukan kehamilan. Melainkan hanya telat biasa.

6. Tidak Merasakan Gerakan Bayi

06 TIDAK MERASAKAN GERAKAN BAYI - sumber medical news today.jpg

Biasanya calon ibu akan mulai merasakan bayinya menendang atau berguling antara usia kehamilan 18 hingga 20 minggu. ’’Tetapi jika plasenta berada di depan rahimnya, dia mungkin tidak merasakan gerakan itu,’’ kata Cackovic.

Hal ini paling sering dialami wanita yang sibuk bekerja di luar rumah.

Itulah enam hal yang mendasari ketidaktahuan seorang wanita bahwa dirinya sedang hamil. Apakah Moms juga mengalaminya?

Meski ada beberapa risiko yang perlu diperhatikan, banyak kok wanita yang tidak tahu sedang hamil namun berhasil melahirkan bayi yang sehat.

Jika Moms masih penasaran akan gejala awal kehamilan, Moms bisa simak tautannya di sini, Moms.

7 Gejala Awal Kehamilan yang Jarang Disadari dan Penyebabnya

5 Tanda Awal Usia Kehamilan Trimester 3 Akan Terasa Berat

Gejala Hamil yang Mengganggu, Tapi Merupakan Pertanda Kehamilan Sehat

(CIL/DIN)

Artikel Terkait