TREN
26 Juni 2019

6 Aplikasi Edit Foto Wajib Punya

Ready, action, snap!
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Teknologi kamera pada smartphone selalu berkembang tiap tahunnya. Selain dari kamera ponsel sendiri, gambar yang bagus juga bisa dihasilkan dari aplikasi kamera yang digunakan.

Aplikasi kamera bawaan ponsel biasanya memiliki fitur terbatas. Hasilnya, foto tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Disinilah aplikasi olah foto sangat diperlukan, apalagi jika gambar akan di-share.

Pasti ada satu foto terbaik diantara hasil jepretan. Aplikasi edit foto bisa membantu memperbaiki detail foto momen terbaik hingga terlihat sempurna dan dramatis. Dulu, untuk melakukan olah foto diperlukan perangkat komputer.

Sekarang, dengan smartphone, foto bisa jadi mengkilap hanya dengan memakai aplikasi. Ada banyak aplikasi olah foto yang sempat jadi hits, dan berikut diantaranya.

1. Prisma

prisma photos

Pada awalnya perkembangannya, aplikasi Prisma hanya dikhususkan untuk platform iOS. Namun karena banyak peminat, aplikasi asal Rusia ini kemudian dibuat dalam versi android. Prisma merupakan aplikasi editing foto untuk membuat karya seni berupa gambar abstraks.

2. Adobe

adobe photoshop express main

Para editor foto merasa lega ketika akhirnya Adobe dibuat dalam versi aplikasi. Tak main-main, Adobe langsung mengeluarkan dua aplikasi sekaligus dengan fungsi berbeda. Adobe Photoshop Express untuk edit foto sederhana, Photoshop Fix dan Photoshop Lightroom untuk pro.

3. Meitu

meitu

Untuk mengubah hasil foto jadi sebuah animasi tidak perlu repot, aplikasi Meitu akan mengubah wajah menjadi sebuah animasi lucu mirip karakter anime Jepang. Sayangnya, aplikasi Meitu masih lekat dengan isu privasi pengguna yang diambil secara sepihak oleh pengembangnya.

4. Cymera

cymera

Aplikasi ini didesain untuk bisa digunakan pada gambar dengan mode portrait saja. Gambar yang diolah bisa diambil dari galeri ponsel ataupun langsung diambil dari kamera. Aplikasi editing foto ini menawarkan hingga tujuh varian lensa saat memotret dan punya filter lebih dari 20.

5. Facetune

facetune

Berencana untuk menghilangkan obyek mengganggu pada foto favorit? Jika iya, maka aplikasi Facetune akan membantu. Facetune bisa membantu menghilangkan obyek tertentu yang dapat mengganggu tampilan foto. Misalnya saat lalat terbang yang menghalangi wajah.

6. Pixlr

pixlr android app screenshots

Aplikasi ini sengaja didesain untuk mengolah foto secara cepat hingga mendapat tingkat kecerahan yang sesuai. Hasilnya, foto akan lebih atraktif dan layak di-share ke berbagai jejaring sosial. Salah satu fitur unggulan dari Pixlr seperti menghilangkan efek mata merah.

Berbagai aplikasi olah foto tersebut bisa didapatkan secara gratis, baik itu untuk iOS ataupun android. Aplikasi editing foto pada kebanyakan hanya digunakan untuk keperluan hiburan dan tak lebih dari itu. Meski bisa diunduh secara gratis, ada baiknya memperhatikan spesifikasi ponsel yang dipakai dan kebutuhan akan aplikasi tersebut.

Aplikasi edit foto mana yang sudah ada dalam ponsel Anda?

(RIA)

Artikel Terkait