SELEBRITI
18 Desember 2019

6 Atlet Bulu Tangkis yang Mengharumkan Nama Indonesia

Susi Susanti menjadi atlet bulu tangkis wanita yang tak kalah unggul dari para atlet pria
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menjadi atlet yang berprestasi dan bisa membawa nama Indonesia tentu adalah sebuah pencapaian yang luar biasa ya, Moms.

Termasuk bagi atlet-atlet bulu tangkis asal Indonesia ini. Mereka adalah atlet berprestasi yang telah meraih banyak medali hingga di pertandingan internasional.

Atlet Bulu Tangkis yang Mengharumkan Nama Indonesia

Berikut ini daftar atlet bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia.

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

1. Alan Budikusuma

alan budikusuma.jpg

Atlet bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia pertama adalah Alan Budikusuma. Alan Budikusuma adalah atlet yang bergabung dengan PB Djarum pada tahun 1986.

Alan Budikusuma telah sukses meraih gelar juara di ajang Indonesia Open 1993, Thomas Cup 1996, dan mendapatkan medali emas di Olimpiade 1992 yang diadakan di Barcelona.

Selain itu, ia juga mendapatkan banyak penghargaan dari kompetisi lain seperti Dutch Open, Thailand Open, dan German Open.

2. Antonius Budi Ariantho

Antonius Budi Ariantho.jpg

Atlet bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia selanjutnya adalah Antonius Budi Ariantho. Antonius Budi Ariantho mendapatkan gelar juara Indonesia Open 1996 untuk sektor ganda putra, bersama dengan atlet Denny Kantono.

Ia juga meraih medali perunggu di Olimpiade 1996 yang digelar di Atlanta, dan mendapatkan juara untuk Thomas Cup 1996 dan 2000.

Kini, Antonius Budi Ariantho menjadi pelatih ganda bulu tangkis di Jakarta.

Baca Juga: Ini 5 Akibat Buruk Jika Malas Berolahraga

3. Rudy Hartono

rudy hartono.jpg

Atlet bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia selanjutnya adalah Rudy Hartono. Rudy Hartono merupakan atlet pelopor yang legendaris dan membuat bulu tangkis Indonesia disegani di dunia.

Rudi Hartono mendominasi di tahun 1968 sebagai juara All England. Bahkan, ia menjadi satu-satunya atlet yang berhasil juara sebanyak 7 kali di kejuaraan ini, dari tahun 1968-1974.

Tak hanya itu saja, Rudi juga menjadi salah satu dari tim Indonesia yang memenangkan kejuaraan Thomas Cup 6 kali secara berturut-turut dari tahun 1970-1982.

Dengan prestasi gemilangnya ini, tidak heran bila atlet Rudy Hartono dinobatkan di Badminton Hall of Fame pada tahun 1997.

4. Susi Susanti

susi susanti.jpg

Atlet bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia selanjutnya adalah Susi Susanti. Susi Susanti membuktikan bahwa tidak hanya atlet bulu tangkis pria yang bisa mengharumkan nama Indonesia. Ia termasuk dalam deretan atlet perempuan paling sukses sepanjang sejarah bulutangkis.

Susi Susanti menjadi juara Sudirman Cup, 2 kali menjuarai Uber Cup, 6 kali mendapatkan Juara Dunia, dan peraih medali emas Olimpiade 1992 yang diadakan di Barcelona.

Ia menikah dengan Alan Budikusuma, dan dijuluki sebagai "Gold Bride" atau Pasangan Emas Indonesia, karena keduanya adalah atlet bulu tangkis Indonesia yang memiliki banyak kemenangan.

Baca Juga: Fakta Tontowi Ahmad, Pemain Andalan Bulutangkis Indonesia yang juga Family Man

5. Liem Swie King

liem swie king.jpg

Atlet bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia selanjutnya adalah Liem Swie King. Bergabung dengan PB Djarum pada 1979, Liem Swie King sukses mencetak banyak prestasi selama kariernya sebagai atlet bulu tangkis.

Ia meraih gelar juara Thomas Cup pada 1976, 1979, dan 1984, dan menjadi juara All England pada 1978, 1979, dan 1981.

Hal ini yang membuat Liem dijuluki sebagai "King” yang berarti "Raja", karena ia tak mengalami kekalahan selama 33 bulan.

Liem Swie King juga dikenal akan pukulan smash yang sangat kuat dan lompatan tinggi, ia pun mendapatkan julukan "King Smash".

6. Taufik Hidayat

taufik hidayat.jpg

Atlet bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia selanjutnya adalah Taufik Hidayat. Taufik Hidayat menjadi atlet bulu tangkis legendaris yang namanya tentu dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Taufik Hidayat berhasil menjadi Juara Dunia, meraih medali emas Olimpiade 2004 di Athena, 3 kali menang di Juara Asia, 3 kali juara di Asian Games, serta 2 kali membawa nama Indonesia meraih juara Thomas Cup.

Nah, itu dia daftar atlet bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia. Siapa nih yang jadi idola Moms?

Artikel Terkait