KELUARGA
26 Mei 2020

6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk Kering pada Anak

Batuk kering pada anak jika dibiarkan bisa melukai tenggorokan dan menyebabkan infeksi lebih parah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, batuk adalah penyakit yang paling sering terjadi pada anak-anak, terutama ketika mereka berusia prasekolah. Batuk kering adalah salah satu jenis batuk yang bisa sangat mengganggu Si Kecil, terlebih jika batuk tersebut berlangsung terus-menerus.

Dilansir dari Kids Health, batuk kering dapat disebabkan oleh virus yang dapat bertahan berminggu-minggu di dalam tubuh Si Kecil. Terlebih jika Si Kecil memiliki alergi, seperti asma atau infeksi kronis pada saluran pernapasan.

Jika batuk kering ini berlangsung lebih dari 3 minggu, bisa jadi batuk kering menjadi pertanda penyakit serius.

Bahan Alami untuk Batuk Kering Anak

Batuk kering dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada Si Kecil. Jika mau menghindari konsumsi obat, Moms bisa mencoba beberapa bahan alami untuk batuk kering anak.

Perawatan di rumah dengan menggunakan bahan alami juga sama efektifnya lho, Moms. Berikut 6 bahan alami untuk batuk kering anak yang bisa dicoba di rumah. Yuk, simak!

1. Madu

6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk Kering pada Anak 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Menurut studi dari National Institute fo Health and Core Excellence (NICE) dan Public Health England (PHE), madu sangat efektif untuk mengobati segala jenis batuk, mulai dari batuk akut hingga batuk akibat infeksi saluran pernapasan.

Moms bisa memberi satu sendok teh dalam beberapa kali sehari, atau dapat juga ditambahkan ke teh atau air hangat untuk diminum.

Baca Juga: Kenali Berbagai Jenis Batuk Pada Anak

2. Kunyit

6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk Kering pada Anak 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Moms, kunyit ternyata memiliki kandungan curcumin dan senyawa yang dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus dan juga antibakteri.

Sifat-sifat ini dapat bermanfaat untuk mengobati banyak penyakit termasuk batuk kering. Untuk pengobatan, Moms bisa menambahkan 1 sendok teh madu yang dilarutkan dengan air hangat saat akan diminum Si Kecil.

3. Jahe

6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk Kering pada Anak 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Tak mau kalah dengan bahan-bahan rempah lainnya, ternyata jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat mengobati batuk kering Si Kecil. Selain itu, jahe juga dipercaya dapat berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi rasa sakit.

Jahe dapat sangat mudah disajikan. Cukup potong dan campur dengan air hangat atau teh.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencegah Anak Tertular Flu dan Batuk?

4. Peppermint

6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk Kering pada Anak 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Peppermint mengandung mentol yang dapat membantu mengobati syaraf tenggorokan yang iritasi karena batuk.

Selain itu, peppermint juga dapat meredakan nyeri dan mengurangi intensitas batuk pada Si Kecil. Mengonsumsi peppermint bisa dengan diseduh dengan teh dan disajikan di malam hari sebelum tidur.

5. Aromaterapi

6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk Kering pada Anak 5.jpeg

Foto: Unsplash.com

Menggunakan essential oil untuk meringankan dan menenangkan batuk kering Si Kecil adalah salah satu cara yang dapat dicoba di rumah, Moms.

Cukup campurkan minyak kayu putih atau jenis oil lainnya dengan air hangat ke dalam diffuser, maka uap dari oil tersebut dapat membantu membantu meringankan batuk Si Kecil.

Baca Juga: Perlukah Memiliki Nebulizer untuk Anak Batuk Pilek?

6. Air Garam

6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk Kering pada Anak 6.jpeg

Foto: Unsplash.com

Bahan alami untuk batuk kering anak lainnya ialah air garam. Larutan air garam dipercaya dapat membantu membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan. Untuk melakukannya, larutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, kemudian Si Kecil bisa berkumur beberapa kali sehari.

Batuk kering juga disebut unproductive cough atau batuk yang tidak produktif. Tidak seperti batuk berdahak, batuk kering tidak dapat menghilangkan dahak atau iritasi dari paru-paru serta saluran hidung.

Penanganan dengan bahan alami yang bisa Moms coba di rumah, dapat menjadi alternatif untuk mencegah kondisi batuk memburuk. Jika muncul gejala-gejala yang menandakan batuk Si Kecil semakin parah, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Artikel Terkait