BALITA DAN ANAK
16 Mei 2020

6 Bahan Alami untuk Obati Bisul pada Anak

Apa saja? Apakah mudah didapat? Simak ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bisul ditandai dengan munculnya benjolan merah lembut yang diakibatkan karena infeksi bakteri (umumnya bakteri staphylococcus aureus) pada akar rambut atau pori-pori kulit.

Biasanya, bisul muncul akibat seringnya terjadi gesekan keringat atau rambut di sekitar area panas seperti leher, wajah, ketiak, paha, hingga sela-sela pantat.

Bahan Alami untuk Obati Bisul Anak

Bisul pada anak memang kerap terjadi, tetapi Moms tetap perlu tahu cara penanganannya. Di bawah ini merupakan bahan-bahan alami untuk obati bisul anak yang bisa Moms coba.

Namun apabila pengobatan dengan bahan-bahan alami ini tak juga membuat bisul sembuh, Moms perlu membawa Si Kecil ke dokter, ya.

1. Kompres dengan Air Hangat

6 Bahan Alami untuk Obati Bisul pada Anak 1.jpg

Foto: pexels.com

Bahan alami untuk obati bisul anak pertama ialah dengan memberikan kompres hangat agar mempercepat pertumbuhan bisul hingga kering.

Dilansir dari The American Academy of Dermatology, lakukan kompres dengan air hangat selama 10-15 menit di area bisul dan terapkan 3 hingga 4 kali sehari.

Baca Juga: Bukan Hanya Telur, Ini Dia Penyebab Bisul Pada Anak

2. Garam Inggris

6 Bahan Alami untuk Obati Bisul pada Anak 2.jpg

Foto: pexels.com

Garam Inggris akan larut dalam air hangat dan menghasilkan magnesium dan sulfat. Beberapa penelitian meyakini kandungan tersebut bisa membuat bagian bisul rileks dan bahkan membantu mengeringkan nanah pada bisul.

Cara mengaplikasikannya ialah larutkan garam Inggris dengan air hangat, lalu gunakan kain penyeka dan kompres di area bisul selama 30 menit. Lakukan sebanyak tiga kali dalam sehari hingga bisul hilang.

Namun bila sulit menemukan garam jenis ini, Moms bisa tetap menggunakan kompres air hangat karena belum ada bukti yang empiris dan sangat kuat untuk menyatakan campuran dengan garam Inggris lebih baik.

3. Obat Herbal China

6 Bahan Alami untuk Obati Bisul pada Anak 3.jpg

Foto: pixabay.com

Mengutip dari Medi Advice, obat herbal China seperti teh dandelion atau bunga krisan dapat mengurangi panas dalam tubuh, yang diduga sebagai penyebab munculnya bisul.

Bahan tersebut dapat menghentikan penyebaran infeksi dan juga mempercepat penyembuhannya.

Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Yuk Coba Konsumsi 5 Jenis Teh Herbal Ini!

4. Minyak Jarak

6 Bahan Alami untuk Obati Bisul pada Anak 4.jpg

Foto: pixabay.com

Terbuat dari biji buah jarak, minyak ini bisa jadi pilihan bahan alami untuk obati bisul anak. Minyak yang dihasilkan dari buah jarak mengandung asam risinoleat, asam lemak yang mampu memecah bakteri yang terperangkap. Selain itu, bahan ini juga sudah sejak lama digunakan untuk menyembuhkan luka dan melembapkan kulit.

Cara penggunaannya, oleskan ke permukaan kulit yang terdapat bisul sebanyak tiga kali dalam sehari. Namun perlu diketahui juga Moms, hingga sekarang masih diperlukan bukti ilmiah yang mendukung pemakaian minyak jarak sebagai obat untuk bisul atau infeksi kulit lainnya.

5. Kunyit

6 Bahan Alami untuk Obati Bisul pada Anak 5.jpg

Foto: pexels.com

Curcumin atau senyawa utama dalam kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi infeksi dalam bisul.

Moms bisa menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan alami untuk bisul anak. Tambahkan minyak esensial (seperti minyak argan) dan oleskan ke area kulit yang terjangkit bisul tersebut.

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh!

6. Minyak Teh

6 Bahan Alami untuk Obati Bisul pada Anak 6.jpg

Foto: pixabay.com

Bahan alami untuk obati bisul anak yang terakhir berasal dari pohon melaleuca Australia yang mengandung antibakteri dan antiseptik yang kuat. Inilah yang membuat minyak teh ideal untuk mengobati infeksi bakteri pada bisul. Cara pengaplikasiannya mudah. Moms cukup oleskan minyak ke bagian bisul beberapa kali dalam sehari.

Nah, di luar 6 bahan tersebut ada satu bahan alami familiar yang dipercaya bisa mengobati bisul, yakni bawang putih. Apakah itu benar? Mengoleskan bawang putih ke kulit akan merangsang sirkulasi darah dan mempercepat penyembuhan luka secara alami.

Namun perlu diingat juga bawang putih bisa memberikan efek panas pada kulit. Itulah mengapa bahan ini tidak dianjurkan karena bisa membuat Si Kecil tidak nyaman.

Kelima bahan alami untuk obati bisul anak di atas bisa Moms terapkan ke Si Kecil selama di rumah. Semoga bisulnya cepat sembuh, ya!

Artikel Terkait