BALITA DAN ANAK
24 Juni 2020

6 Bahan Alami untuk Redakan Sariawan Pada Anak

Anak alami sariawan? Berikan saja bahan-bahan alami pereda sariawan berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sariawan tidak hanya umum terjadi pada orang dewasa saja Moms, tetapi juga pada anak-anak. Sariawan merupakan infeksi jamur yang menyerang mulut.

Cara mengetahui Si Kecil yang terserang sariawan cukup mudah. Moms bisa melihat apakah ada tanda putih di mulut maupun lidah Si Kecil dan perhatikan juga apakah ia kehilangan selera makan.Sariawan penting untuk segera disembuhkan, karena jika terlalu lama dibiarkan akan menyebabkan infeksi.

Tenang saja Moms, menyembuhkan sariawan Si Kecil tidak sulit dan bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur rumah, kok.

Bahan Alami Meredakan Sariawan Anak

Anak yang menderita sariawan pasti susah makan karena rasa sakit di mulutnya. Nah, jangan khawatir, Moms. Simak bahan alami meredakan sariawan anak di bawah ini.

1. Madu

Bahan Alami Meredakan Sariawan Anak 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Madu memiliki banyak kandungan, salah satunya sifat antimikroba. Antrimikroba berfungsi menyembuhkan luka secara cepat, mengurangi rasa sakit, peradangan, dan mengecilkan ukuran sariawan.

Namun, madu hanya boleh digunakan untuk anak usia di atas satu tahun ya, Moms. Cara pengobatannya bisa dengan mengoleskan madu pada sariawan sebanyak 3-4 kali sehari. Pilih madu yang alami tanpa gula tambahan ya, Moms.

Baca Juga: 5 Hal Umum Penyebab Sariawan Anak

2. Air Garam

Bahan Alami Meredakan Sariawan Anak 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Air garam memang sudah populer sejak dulu sebagai bahan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit mulut. Garam memiliki berperan sebagai antiseptik, membersihkan, dan menenangkan bagian mulut yang luka.

Berkumur dengan air garam dapat membantu meringankan gejala sariawan. Cara pengobatannya, campurkan satu sendok teh garam dalam satu gelas air hangat, lalu biarkan Si Kecil berkumur-kumur dan keluarkan air garam tersebut.

3. Baking Soda

Bahan Alami Meredakan Sariawan Anak 3.jpg

Foto: Pixabay.com

Bahan alami meredakan sariawan anak selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda mengandung sodium bikarbonat yang berfungsi untuk menyembuhkan sariawan.

Moms bisa mencampurkan satu setengah hingga dua sendok makan baking soda dengan satu gelas air hangat lalu oleskan campuran air tersebut dengan menggunakan cotton bud pada sariawan.

Baca Juga: Cari Tahu Gejala dan Penanganan Sariawan Pada Bayi

4. Cuka Apel

Bahan Alami Meredakan Sariawan Anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Vitro Study pada tahun 2015, cuka apel memiliki sifat antijamur terhadap candida (salah satu bakteri penyebab sariawan) dan menjadi pilihan tepat untuk mengobati sariawan.

Moms bisa mencampurkan satu sendok teh cuka apel dengan satu gelas air, lalu kumur-kumur selama kurang lebih 15 detik dan keluarkan air kumuran tersebut.

5. Yogurt

Bahan Alami Meredakan Sariawan Anak 5.jpg

Foto: Pixabay.com

Di dalam yogurt terdapat bakteri baik yaitu probiotik yang membantu menyembuhkan sariawan pada mulut.

Menurut Carrie Brown, dokter anak di Rumah Sakit Anak Arkansas, kandungan probiotik di yogurt dapat mengembalikan keseimbangan bakteri baik di mulut. Berikan satu gelas yogurt dingin untuk dikonsumsi Si Kecil.

Baca Juga: Sariawan Pada Balita, Kenali Penyebab dan Cara Mengobatinya

6. Jus Lemon

Bahan Alami Meredakan Sariawan Anak 6.jpeg

Foto: Unsplash.com

Perasan air lemon dapat menjadi pengobatan efektif untuk sariawan. Sebab, jus lemon atau perasan air lemon memiliki kandungan antiseptik dan antijamur yang berfungsi menghilangkan jamur penyebab sariawan.

Semoga bahan alami meredakan sariawan anak di atas cukup membantu ya, Moms. Sebagai pencegahan, ajak Si Kecil untuk rajin mengonsumsi vitamin C dan serat yang banyak terkandung dalam sayur dan buah.

Artikel Terkait