RUPA-RUPA
3 Juni 2019

Mumpung Liburan, Yuk Bersihkan 6 Benda di Rumah Ini!

Moms dan keluarga pun akan terlindungi dari kuman dan bakteri jahat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Membersihkan rumah memang pekerjaan yang melelahkan dan memakan banyak waktu. Namun mau tidak mau, hal ini harus rutin dilakukan agar Moms, Si Kecil dan keluarga terlindungi dari berbagai macam kuman dan bakteri.

Membersihkan pernak-pernik atau perabotan di rumah mungkin bisa dilakukan beberapa hari sekali atau satu minggu sekali.

Tetapi beberapa benda ini perlu lebih rajin dibersihkan dibanding benda-benda lainnya. Nah, mumpung sedang libur Lebaran, lebih baik Moms mengisi waktu luang dengan bersih-bersih rumah.

Bila rumah bersih, Moms dan keluarga pasti jadi lebih nyaman dan betah. Mari kita simak apa saja benda di rumah yang harus sering kita bersihkan!

Baca Juga: Memasuki Musim Panas, Ini 5 Cara Agar Rumah Terasa Sejuk

1. Handuk Tangan

benda rumah, benda rumah yang harus dibersihkan

Meski tidak terlihat kotor dari luar, handuk untuk mengelap piring adalah tempat bersarangnya banyak bakteri dan kuman yang menempel. Begitu juga dengan handuk tangan di kamar mandi atau dekat dapur.

“Handuk menjadi kotor lebih cepat akibat kita sering menggunakannya. Oleh sebab itu perlu diganti beberapa hari sekali, atau bahkan setiap hari,” kata Carolyn Forte, direktur Cleaning Lab di Good Housekeeping Institute.

2. Dinding Kamar Mandi

benda rumah, benda rumah yang harus dibersihkan

Benda di rumah yang harus dibersihkan lagi adalah dinding kamar mandi. Menyikatnya secara rutin, akan membantu kita dan keluarga terlindungi dari penyakit-penyakit yang menyerang.

Caranya dengan menjaga kamar mandi tetap kering. Setiap pagi, usahakan untuk selalu menyikat kamar mandi. Dengan begitu, dinding kamar mandi kita akan terhindari dari jamur-jamur yang tumbuh akibat udara lembap.

Baca Juga: Banyak Bakteri Tersembunyi, Singkirkan 8 Benda Ini dari Kamar Mandi

3. Meja Dapur atau Kitchen Set

benda rumah, benda rumah yang harus dibersihkan

Tidak seperti namanya, kita biasa menggunakan meja dapur untuk hal lainnya juga, seperti menaruh kunci, uang, bahkan pakaian kotor.

Jangan lupa, kita juga biasanya menaruh sisa makanan di tempat ini hingga tidak layak dimakan lagi.

Maka jangan heran jika meja dapur masuk dalam daftar benda di rumah yang harus dibersihkan setiap hari. Kita bisa mengelapnya setiap hari dengan produk pembersih yang tepat.

Pastikan untuk menggunakan lap yang memang dikhususkan untuk membersihkan meja dapur ya, jangan gunakan lap lain karena berisiko menebarkan kuman lain.

4. Wastafel Dapur

benda rumah, benda rumah yang harus dibersihkan

Kabiasaan menumpuk piring atau gelas kotor di wastafel dapur, menjadikannya salah satu benda di rumah yang harus dibersihkan setiap hari.

Selesai makan, kita akan menumpuk piring di wastafel beserta makanan-makanan sisanya, begitu juga dengan minum.

Parahnya lagi, benda-benda ini tidak langsung dibersihkan hingga kuman dan bakteri mungkin mulai menyebar dalam wastafel.

Piring dan gelas kotornya sudah dibersihkan dengan sabun, tinggalah wastafel yang tertempel kuman dan bakteri.

Makanya, setelah mencuci piring dan gelas, ada baiknya kita menyikat wastafel juga. Jangan lupa untuk menggunakan sikat yang terpisah ya, Moms.

Baca Juga: 4 Peralatan Dapur yang Harus Rutin Dibersihkan

5. Piring dan Gelas Kotor

benda rumah, benda rumah yang harus dibersihkan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, piring dan gelas kotor bisa jadi sumber kuman dan bakteri, yang menyebarkannya ke benda di rumah lainnya seperti wastafel.

Piring dan gelas ini biasanya berisi sisa makanan atau minuman setelah kita menyantapnya.

Oleh karena itu, kita harus segera mencuci piring dan gelas yang kotor ini sebelum bakteri dan kumannya berkembang.

Gunakan sabun yang dikhususkan untuk mencuci piring, gelas, dan alat makan lainnya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bila perlu sebelum digunakan kembali, bilas juga dengan air panas.

Baca Juga: Jaga Kebersihan Rumah Supaya Asma Tidak Kumat

6. Lantai Rumah

benda rumah, benda rumah yang harus dibersihkan

Terakhir, ada lantai rumah yang termasuk dalam benda di rumah yang harus dibersihkan setiap hari.

Yup, lantai mungkin paling banyak menyimpan kuman dan bakteri. Benda-benda jahat tersebut datang dari debu, remah-remah makanan yang terjatuh ke lantai, kaki-kaki yang menginjaknya sehabis dari luar, uang yang digeletakkan di lantai, dan masih banyak lagi.

Intinya, lantai rumah wajib dan harus dibersihkan setiap hari. Membersihkannya pun tidak hanya dengan disapu saja, tetap dipel juga dengan air dan obat pembersih lantai.

Benda-benda di rumah ini perlu kita perhatikan kebersihannya setiap hari. Jika terlewat, bukan tidak mungkin bakteri dan kuman yang menempel akan menimbulkan penyakit bagi kita.

Oleh karenanya, usahakan untuk membersihkannya setiap hari, dengan alat dan obat yang tepat. Selamat bersih-bersih, Moms!

Artikel Terkait