KEHAMILAN
13 November 2019

6 Buah untuk Ibu Hamil yang Segar dan Menyehatkan

Kehamilan yang sehat membantu tumbuh kembang janin yang baik
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Di masa kehamilan, Moms perlu menjaga pola makan yang lebih sehat. Salah satunya dalam memilih jenis-jenis buah untuk ibu hamil.

Dalam esai Academy Nutrition of Dietitics, disebutkan beberapa cara memiliki kehamilan sehat meliputi berat badan sebelum hamil yang sehat, penambahan berat badan yang tepat, aktivitas fisik selama kehamilan.

Selain itu, konsumsi suplemen vitamin dan mineral yang tepat, menghindari alkohol dan zat berbahaya lainnya, dan pengolahan makanan yang aman, juga dapat mendukung kesehatan selama hamil.

Jenis Buah untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan

Makan banyak buah segar sebagai asupan nutrisi penting selama kehamilan tidak hanya menjaga kesehatan Moms, tetapi juga membantu optimalkan perkembangan janin.

Berikut ini beberapa buah untuk ibu hamil yang menyehatkan untuk Moms dan Si Kecil.

Baca Juga: 7 Buah yang Bagus Dikonsumsi Agar Cepat Hamil

1. Jeruk

buah untuk ibu hamil-1

Jeruk adalah buah untuk ibu hamil yang padat akan kandungan folat, vitamin C, dan air.

Mengutip American Pregnancy Association, wanita hamil membutuhkan setidaknya 70 mg vitamin C setiap hari, yang terkandung dalam buah-buahan seperti jeruk.

Kandungan air dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi di masa kehamilan. Sementara vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

Kandungan folat pada jeruk membantu mencegah cacat tabung saraf, yang dapat menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

2. Mangga

buah untuk ibu hamil-2

Kandungan vitamin A dan C yang kaya dalam buah mangga, menjadikan buah ini cocok dikonsumsi selama kehamilan.

Satu cangkir mangga cincang sudah memenuhi asupan harian vitamin C yang direkomendasikan, dan sepertiga dari asupan harian vitamin A.

Bayi yang lahir dengan defisiensi vitamin A mungkin memiliki kekebalan tubuh yang lebih rendah dan risiko komplikasi pascanatal lebih tinggi, seperti infeksi pernapasan.

Baca Juga: Selain Buah Zuriat, 7 Buah Ini Juga Bagus untuk Program Hamil

3. Apel

buah untuk ibu hamil-3

Apel adalah buah untuk ibu hamil lainnya yang dapat dikonsumsi. Nutrisi pada apel termasuk vitamin A dan C, serat, dan juga kalium.

Sebuah studi dalam jurnal Thorax menemukan bahwa makan apel saat hamil dapat mengurangi kemungkinan bayi terserang asma dan alergi seiring waktu.

4. Pisang

buah untuk ibu hamil-4

Buah pisang mengandung beberapa nutrisi menyehatkan, seperti vitamin C, kalium, vitamin B6, dan serat.

Kandungan serat pisang dapat membantu mengatasi konstipasi di masa kehamilan. Sementara vitamin B6 dapat membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

5. Buah Pir

buah untuk ibu hamil-5

Buah pir bermanfaat bagi ibu hamil. Dalam jurnal Nutrition Today, buah pir adalah sumber serat, vitamin C, dan kalium.

Asupan serat selama kehamilan dapat membantu meringankan sembelit, yang menjadi masalah kehamilan umum. Sementara, kalium bermanfaat bagi kesehatan jantung ibu dan anak.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memberikan Anggur Ke Bayi

6. Anggur

buah untuk ibu hamil-6

Pilihan buah untuk ibu hamil lainnya adalah anggur. Makan anggur dapat meningkatkan asupan vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin.

Anggur mengandung antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh, seperti flavonol, tanin, linalool, anthocyanin, dan geraniol, yang juga membantu mencegah infeksi.

Nah, itu dia Moms ragam buah untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi untuk mendukung kesehatan ibu dan janin.

(AP/DIN)

Artikel Terkait