KESEHATAN
5 Juni 2018

6 Buah yang Mengandung Banyak Air untuk Dimakan di Bulan Puasa

Blewah bisa membantu menghidrasi tubuh yang kekurangan cairan
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Di bulan puasa, banyak sekali hal yang harus dipersiapkan terutama kondisi tubuh yang nantinya akan butuh banyak penyesuaian.

Saat bulan puasa, tubuh juga akan mudah sekali untuk kekurangan cairan. Oleh karena itu, di saat sahur dan berbuka sebaiknya konsumsi makanan yang banyak mengandung air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan menghindari dehidrasi.

Air mineral sudah tentu wajib, namun lengkapi juga dengan berbagai buah-buahan. Berikut macam-macam buah yang mengandung banyak air, pas sekali untuk bulan puasa!

Baca juga: Tips Memilih Buah yang Matang

1. Semangka

buah buahan (1)

foto: verywellfit.com

Semangka sudah tentu mengandung banyak air, bahkan saat memakannya pun Moms tentu kerap merasakannya.

Selain mengandung banyak air, semangka ternyata juga megandung vitamin A dan C lho, Moms.

Sebagai sumber antioksidan, buah ini juga mengandung likopen yang ternyata ampuh guna menangkal radikal bebas dan anti kanker.

2. Pepaya

buah buahan (4)

foto: livelovefruit.com

Berikutnya adalah pepaya yang memang terkenal sebagai pelancar pencernaan tubuh kita.

Namun tak hanya itu, pepaya juga mengandung betakaroten, beta-cryptoxanthin, lutein, zeaksantin, dan yang paling penting ternyata juga mengandung banyak sekali vitamin C.

Baca juga:8 Buah Ini Ternyata Dapat Meredakan Sakit Batuk

3. Blewah

buah buahan (2)

foto: onceuponachef.com

Kalau buah yang satu ini memang enaknya dijadikan menu sajian es blewah. Tak hanya segar disantap, rupanya blewah ini banyak membantu para penderita darah tinggi.

Tak hanya itu, ada kandungan kaliumnya juga yang dapat memicu kerja otot dan simpul saraf. Bagaimana dengan kandungan airnya? Tentu saja blewah kaya akan kandungan air sehingga cairan tubuh akan tergantikan dengan baik.

4. Pir

buah buahan (6)

foto: splendidtable.org

Tahukah Moms bahwa ternyata pir juga memiliki banyak kandungan air lho, sehingga pas sekali bila dikonsumsi selama bulan puasa.

Nah, tak hanya kaya akan kandungan air saja, pir juga kaya akan vitamin E dan C serta mengandung asam kloro-genat, yakni antioksidan yang baik untuk tubuh.

5. Jeruk

buah buahan (5)

foto: mylittlelarder.com

Kalau yang satu ini pasti banyak sekali penggemarnya. Rasa jeruk yang segar memang nikmat, apalagi jeruk ternyata mengandung asam folat dan antioksidan.

Dua kandungan itu tak hanya dapat melawan penyakit tetapi juga menggantikan cairan tubuh yang hilang dari kandungan air di dalamnya.

Baca juga: Ternyata 5 Buah Ini Tidak Baik Dibuat Jus

6. Mangga

buah buahan (3)

foto: cookinglight.com

Selain jeruk, buah yang tak kalah disukai adalah mangga. Buah yang satu ini memang kaya sekali akan manfaat seperti serat, karbohidrat, vitamin, mineral, hingga air.

Tentunya air yang terkandung di dalam mangga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Selain itu, mangga juga ternyata dapat menghasilkan energi lho. Pas sekali jika disantap sebagai pencuci mulut setelah berbuka puasa.

Apakah Moms sudah mengonsumsi buah-buahan ini selama bulan puasa?

(MDP)

Artikel Terkait