PROGRAM HAMIL
25 Juni 2019

6 Cara agar Sperma Sehat dan Siap Membuahi

Dads juga harus turut serta membantu persiapan kehamilan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memang mengandung adalah hal yang hanya bisa dialami oleh perempuan. Namun, mempersiapkan kehamilan itu bukan pekerjaan Moms saja lho. Dads juga mengambil peran yang penting dalam mempersiapkan hal tersebut, terutama dalam hal memproduksi sperma sehat.

Selain Moms yang harus memiliki sel telur yang subur, Dads juga harus menjaga sperma sehat agar bisa membuahi sel telur dengan baik.

Untuk mengetahui sperma sehat bisa dilakukan melalui beberapa cara. Cara paling mudah dengan memperhatikan warna, volume, dan aroma sperma itu sendiri.

Sperma sehat umumnya berwana putih kekuningan atau keabuan, namun jika warnanya cokelat atau hijau, bisa jadi sperma terinfeksi sesuatu, sehingga Dads harus memeriksakannya pada dokter.

Agar sperma sehat dan bisa membuahi dengan baik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Apa saja? Yuk kita cari tahu di bawah ini!

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

1. Melakukan Hubungan Intim di Masa Ovulasi

sperma sehat, jumlah sperma

Foto: themodernman.com

Jika Moms dan suami ingin memiliki anak, tentu berhubungan intim secara rutin diperlukan saat masa ovulasi. Berhubungan intim secara berkala, mampu meningkatkan kesuburan kita.

Dilansir dari Very Well Family, sebuah penelitian dari 3.000 pria mengamati sperma yang berenang dan bentuk sperma, ada hubungannya dengan berapa lama seseorang tidak melakukan hubungan seks.

Hasil penelitian menunjukkan, sperma dari hasil berhubungan intim yang rutin, berenang lebih baik. Sedangkan bentuk sperma terbaik ada pada tingkat berhubungan intim 0-2 hari lamanya tidak melakukan seks.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan sperma sehat, Moms dan pasangan setidaknya harus melakukan hubungan intim dua kali dalam seminggu.

2. Olahraga dan Tidur yang Cukup

sperma sehat, jumlah sperma

Foto: discovermagazine.com

Beberapa penelitian menunjukan bahwa penurunan berat badan dan olahraga pada orang yang mengalami obesitas mampu membantu meningkatkan jumlah sperma.

Dilansir dari Medical News Today, olahraga yang aerobik selama 16 minggu (3 kali seminggu) selama 50 menit, mampu meningkatkan volume sperma.

Dads, olahraga bisa membuat sperma sehat. Jadi, jangan ragu untuk berolahraga ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Olahraga Gymnastic Untuk Balita

3. Mengurangi Stres

sad.jpeg

Foto: Avogel.co.uk

Stres, apapun itu bentuknya, dapat mengganggu kesehatan tubuh, termasuk kesehatan sperma. Menjadi masuk akal, saat mengalami stress, tubuh menjadi kurang peduli terhadap reproduksi dan lebih fokus pada bertahan hidup.

Untuk Dads yang mengalami stres berat, mungkin cara seperti olahraga dan menyenangkan diri dengan hobi sedikit tidak mempan. Cobalah untuk berkonsultasi pada dokter, demi mendapatkan sel sperma sehat.

4. Berhenti Merokok!

sperma sehat, jumlah sperma

Foto: bettertennessee.com

Dari sebuah penelitian tahun 2016, tentang merokok dan kualitas semen, menunjukkan bahwa lebih dari 20 penelitian yang berbeda dengan hampir 6.000 partisipan, menemukan bahwa merokok secara konsisten akan mengurangi kualitas sperma.

Nah, untuk mendapatkan sperma sehat, Dads harus mengurangi bahkan berhenti merokok. Moms juga jangan bosa mengingatkan Dads ya.

5. Kurangi Konsumsi Kedelai

soy-good-or-bad-1296x728-feature.jpg

Foto: Healthline.com

Terlalu banyak kedelai dapat memengaruhi jumlah sperma. Dalam sebuah penelitian tentang kebiasaan makan, ditemukan bahwa pria yang mengonsumsi kedelai dalam jumlah tinggi, memiliki jumlah sperma lebih rendah daripada pria yang tidak.

Selain tahu, kandungan kedelai dapat ditemukan dalam sejumlah makanan seperti roti daging palsu, camilan energi, dan minuman kesehatan. Jadi kurangi makan kedelai untuk memelihara kesuburan, sehingga bisa memperoleh sel sperma sehat.

Baca Juga: Susu Kedelai Bisa jadi Alternatif Pengganti Susu Sapi untuk Bayi?

6. Mengonsumsi Suplemen Kesuburan

iStock-974151588-1280x640.jpg

Foto: Healthylivingwomen.com

Dibutuhkan kerja sama dari dua orang untuk memperoleh embrio yang sehat. Jika perempuan harus mengonsumsi vitamin prenatal, pria juga harus.

“Laki-laki harus mulai minum suplemen ini untuk menghasilkan sperma sehat, kuat, bergerak, dan tidak gumpal,” kata Sherry Ross, Ob-Gyn, dan pelulis buku She-ology: The Definitive Guide to Women's Intimate Health.

“Seng sangat membantu dalam mempertahankan kadar testosteron normal. Selenium telah terbukti mengurangi risiko cacat lahir dan meningkatkan jumlah sperma yang rendah. Tidak ada salahnya untuk mencoba untuk memperoleh kehamilan yang lancar,” lanjutnya.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Dads lakukan untuk menghasilkan sperma sehat. Melakukannya dari hal-hal yang kecil juga bisa membantu, lho.

Artikel Terkait