JALAN-JALAN
4 Desember 2019

6 Cara Menabung untuk Traveling ke Luar Negeri Setahun Sekali

Miliki pekerjaan tambahan untuk menambah tabungan traveling
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, Moms, simak cara menabung untuk traveling ke luar negeri setahun sekali.

Moms mungkin memiliki tempat wisata impian yang mungkin masih belum tercapai. Baik itu wisata di luar negeri, atau di dalam negeri.

Ada banyak lokasi wisata yang indah di seluruh dunia, tetapi untuk bisa mengunjunginya tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Moms bisa melakukan perencanaan untuk menabung dan menyisihkan sebagian dari pendapatan agar dapat bepergian ke luar negeri setidaknya setahun sekali.

Meskipun harus berkomitmen pada anggaran pengeluaran, hal ini sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Berikut cara menabung untuk traveling ke luar negeri setahun sekali.

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Budget Wisata

1. Buat Anggaran

anggaran

Langkah pertama dalam menabung untuk liburan adalah merencanakannya. Rencanakan ke mana Moms ingin pergi, ke mana ingin tinggal dan apa yang ingin dilakukan saat berada di sana.

Perhatikan jumlah biaya penerbangan, akomodasi, makanan, dan aktivitas yang akan dilakukan. Lalu, buat total perkiraan biaya dan tuliskan di kalender untuk tanggal keberangkatan yang diinginkan.

Bagi total kisaran biaya liburan dengan berapa minggu yang tersisa hingga hari keberangkatan. Moms sekarang tahu banyaknya uang yang harus disisihkan setiap minggu untuk traveling.

2. Beli Kebutuhan dalam Jumlah Besar

Jangan Takut Jatuh, Ini 4 Cara Agar Anak Aman Duduk di Troli Belanja Supermarket  02.jpg

Membeli kebutuhan rumah dalam jumlah besar tidak selalu merupakan pilihan terbaik, tetapi untuk barang yang selalu digunakan di sekitar rumah, ini adalah cara terbaik untuk menghemat uang.

Seperti kertas toilet, deterjen, sampo dan sabun mandi paling baik dibeli dalam jumlah besar.

Jika tidak suka membawa tas besar pulang dari toko, Moms dapat memesan dalam jumlah besar secara online agar langsung dikirim ke rumah.

Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Tips Hemat Belanja Bulanan

3. Hapus Pengeluaran Hiburan

Amankah Jika Ibu Hamil Minum Es Kopi.jpg

Kebiasaan seperti membeli kopi di sore hari, makan sebungkus keripik, atau membaca koran selama perjalanan, dapat membuang duit lebih cepat.

Hentikan pembelian impulsif yang bukan termasuk kebutuhan primer atau sekunder, dan mulai lakukan langkah untuk berhemat demi traveling ke luar negeri.

4. Memasak Sendiri

4 Teknik Memasak Ini Justru Akan Meracuni Makanan Waspada Ya Moms -2.jpg

Jika Moms dan Dads punya kebiasaan sering makan di luar saat akhir pekan, coba mulai kurangi kegiatan ini, dan mulai untuk memasak sendiri di rumah.

Selain makanan yang dimakan lebih sehat, tetapi juga biayanya lebih murah, dan biaya untuk makan di luar bisa dialokasikan ke tabungan traveling.

Jika tidak memiliki keahlian memasak, ada banyak video resep di YouTube dan situs web resep yang menyajikan ragam masakan enak dan mudah dibuat.

5. Mendapatkan Pekerjaan Tambahan

Ibu Bekerja, Ini Tips agar ASI Tetap Tercukupi-1.jpg

Baik bagi Moms yang bekerja atau menjadi ibu rumah tangga, bisa dengan memiliki pekerjaan tambahan seperti freelance.

Mungkin dampaknya akan sedikit menyita waktu, tetapi cara ini dapat membantu mencapai target menabung untuk traveling ke luar negeri setahun sekali dengan lebih cepat.

Gunakan relasi yang dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan tambahan, atau kunjungi situs freelance yang kredibel dan telah dipercaya.

Baca Juga: 5 Tips Super Penting Sebelum Traveling ke Luar Negeri

6. Jadikan Sebagai Prioritas

foto traveling solo4

Apa pun yang dilakukan, jika Moms tidak sepenuhnya berkomitmen, kemungkinan besar akan sulit untuk bisa mengunjungi lokasi wisata impian.

Jangan menipu diri sendiri, karena tidak akan pernah ada satu hari atau waktu yang tepat untuk traveling ke luar negeri jika tidak dipersiapkan dengan matang.

Itulah, Moms, cara menabung untuk traveling ke luar negeri setahun sekali. Moms pasti bisa!

(AP/DIN)

Artikel Terkait