TREN
24 Februari 2019

6 Cara Instan Membuat Rumah Harum

Tanaman indoor juga dapat membuat rumah terasa harum
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh mentari.delita
Disunting oleh mentari.delita

Siapa yang tidak ingin punya rumah harum. Rumah yang harum tentunya akan membuat suasana lebih nyaman. Carolyn Forte, Direktur The Good Housekeeping Institute Cleaning Lab, mengatakan bahwa untuk membuat rumah harum, bau-bau harus dihilangkan terlebih dahulu.

"Baking soda bisa membantu menghilangkan bau-bau tidak sedap itu," jelas Carolyn seperti dikutip dari Goodhousekeeping.com.

Setelah bau tidak sedap hilang, saatnya membuat rumah jadi harum. Menurut Carolyn, ada beberapa cara instan yang bisa Moms lakukan untuk membuat rumah harum. Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini Moms!

1. Membuat Rebusan Pengharum

harum1

foto: goodhousekeeping.com

Nyalakan kompor kemudian rebus air dalam panci kecil dan tambahkan irisan jeruk kemudian rempah-rempah, seperti lavender atau mint. Hawa panas yang dihasilkan dalam panci tersebut akan membuat aroma harum di seluruh rumah.

Baca Juga: 7 Cara Membereskan Rumah dengan Metode KonMari ala Marie Kondo, Tertarik Coba?

2. Toples Pengharum Ruangan

40272e8c92d1295e95369dc3ecae13dd

Foto: Pinterest.com

Cara yang satu ini mirip dengan rebusan pengharum yang dididihkan, namun kali ini gunakan toples yang dapat Moms letakan di ruang keluarga. Cukup tambahkan air mendidih dan beberapa bahan pilihan lainnya seperti kayu manis dan apel kering ke dalam toples untuk membuat seluruh rumah memiliki wangi yang segar.

3. Bersihkan Saluran Pembuangan

harum2

foto: wikihow.com

Sumber bau tak sedap yang ada di rumah mungkin berasal dari saluran pembuangan yang tidak bersih. Untuk menangangi hal ini Moms harus memulainya dari hal yang paling mudah yaitu membersihkan wastafel.

Cukup semprotkan sedikit sabun cuci piring beraroma lemon ke dalam pembuangan kemudian alirkan air dari keran. Moms juga menuangkan 1/2 cangkir baking soda sambil mengalirkan air hangat jika baunya dirasa masih menganggu.

4. Pelihara Tanaman Indoor

orchid mimi giboin 176

Foto: Gardenista.com

Terdapat beberapa jenis tanaman indoor yang dapat membersihkan udara sambil mempercantik rumah. Bukan hanya  itu, beberapa dari tanaman indoor juga banyak yang memiliki bau harum dan menyegarkan seperti diantaranya geranium, gardenia dan anggrek.

5. Letakan Pewangi Pada Ventilasi Udara

13673545 f520

Foto: Dengardem.com

Memanfaatkan setiap udara yang masuk melalui ventilasi udara adalah cara yang paling mudah. Cobalah untuk menggantung pewangi seperti di mobil pada ventilasi udara rumah Moms. Dengan begitu maka setiap udara yang masuk akan membuat aroma yang harum.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara di Dalam Rumah

6. Selalu Sediakan Pengarum Ruangan Semprot

harum3

foto: typosthes.gr

Jangan hanya mengandalkan pewangi yang hanya harum ketika ada udara saja, Moms juga harus selalu memiliki pewangi ruangan semprot. Meski mungkin wanginya terasa tak alami, namun pewangi semprot ini dapat sangat membantu ketika Moms harus menerima tamu di rumah.

Moms juga bisa membeli pewangi semprot otomatis dan mengatur waktu penyemprotannya. Rumah dijamin akan terus harum.

Selain membuat rumah terasa harum, hal lain yang tak kalah penting dilakukan adalah menjaga kebersihan rumah. Karena sebenarnya, rumah yang bersih sudah cukup membuat suasana menjadi nyaman. Setuju tidak Moms?

(MDP)

Artikel Terkait