GAYA HIDUP
17 Agustus 2020

6 Buah untuk Melancarkan Haid, Coba Yuk Moms!

Melancarkan haid bisa juga dibantu dengan konsumsi buah-buahan ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, apakah Moms punya siklus menstruasi yang tidak teratur? Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi berikutnya. Untuk yang normal, siklus ini berlangsung selama 28 hari.

Tetapi, bagi Moms yang siklusnya tidak teratur, siklus ini bisa berlangsung kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.

Penyebab haid tidak lancar ada banyak sekali. Misalnya ketidakseimbangan hormon, perubahan hormon, penggunaan alat kontrol kehamilan yang tidak cocok, gaya hidup tidak sehat, atau hal-hal lainnya.

Buah untuk Melancarkan Haid

Nah, supaya Moms bisa melancarkan haid, coba deh untuk mengonsumsi buah-buahan di bawah ini secara rutin.

1. Pepaya

3 Pepaya Peach Yoghurt.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk melancarkan haid yang pertama adalah pepaya. Selain melancarkan pencernaan, ternyata pepaya juga bisa dijadikan bahan makanan untuk melancarkan haid, lho. Tapi, pepayanya harus yang mentah ya, Moms.

Mengonsumsi pepaya mentah bisa membantu kontraksi serat otot dalam rahim, sehingga mengatur aliran menstruasi.

Pepaya hijau harus dikonsumsi secara teratur selama beberapa bulan untuk memastikan siklus menstruasi Moms jadi teratur tiap bulannya. Tapi, saat sudah menstruasi nanti, disarankan untuk tidak mengonsumsi pepaya, ya.

Baca Juga: Benarkah Siklus Menstruasi Tidak Teratur Bikin Susah Hamil?

2. Nanas

Benarkah Makan Nanas Sebabkan Keguguran - senyawa bromelain.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk melancarkan haid yang selanjutnya adalah nanas. Nanas punya kandungan bromelain, yakni enzim yang dipercaya memengaruhi estrogen dan hormon lainnya, juga bisa menghilangkan kram dan sakit kepala selama menstruasi.

Sebuah penelitian pada tahun 2017 dari Section of Orthopaedics, Department of Surgery, Aga Khan University, Karachi, Pakistan menyebutkan bahwa bromelain bisa membantu mengurangi peradangan, sehingga bisa membantu penyebab menstruasi tidak teratur yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh.

3. Anggur

anggurr

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk melancarkan haid yang selanjutnya adalah anggur. Anggur mengandung sumber vitamin A, vitamin C, sumber tembaga, potasium, dan serat. Kandungan-kandungan inilah yang dipercaya bisa jadi solusi efektif untuk melancarkan haid Moms.

Untuk melancarkan haid, konsumsi segelas jus anggur selama tiga minggu sebelum masa menstruasi dimulai.

4. Sawo

cara melancarkan haid dengan buah sawo.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk melancarkan haid yang selanjutnya adalah sawo. Moms tentu tahu buah sawo, kan? Buah ini adalah buah berwarna cokelat dengan rasa yang enak dan manis. Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin seperti zat besi, protein, fosfor, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, dan masih banyak lagi.

Kandungan buah sawo punya banyak manfaat, salah satunya melancarkan haid. Moms juga bisa mengonsumsi buah sawo saat sedang menstruasi untuk mengurangi rasa sakit. Buah sawo bisa dikonsumsi dalam bentuk segar atau diolah menjadi jus.

Baca Juga: Kenali Berbagai Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

5. Buah yang Kaya Akan Vitamin C

ini dia manfaat buah jeruk segar

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk melancarkan haid yang selanjutnya adalah buah kaya vitamin C. Buah yang bisa dikonsumsi untuk melancarkan haid adalah buah yang mengandung banyak vitamin C.

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini, tetapi beberapa orang percaya bahwa vitamin C yang juga disebut asam askorbat bisa menginduksi datangnya haid.

Diperkirakan juga vitamin C bisa meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron yang menyebabkan rahim berkontraksi dan lapisan rahim runtuh, hingga akhirnya timbul menstruasi.

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C misalnya jeruk, jambu biji, kiwi, stroberi, mangga, dan lain-lain.

6. Wortel

Jus wortel untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk melancarkan haid yang selanjutnya adalah wortel. Wortel memang termasuk dalam jenis sayuran, tetapi sangat enak bila dijus apalagi jika dicampur dengan tomat atau jeruk. Nyatanya, wortel pun bisa dikonsumsi untuk melancarkan haid, lho.

Wortel kaya akan zat besi, vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, vitamin E kalium, folat, fosfor, dan masih banyak lagi. Kandungan dalam wortel bisa meningkatkan fungsi hormon sehingga melancarkan haid.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Nah, Moms, itulah buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk melancarkan haid. Tapi perlu diingat juga, perubahan pola hidup sehat pun harus dilakukan.

Misalnya dengan mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak serat, rutin olahraga, dan kurangi stres. Mudah-mudahan, menstruasi jadi lancar kembali, ya Moms.

(SR/ERN)

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar kesehatan wanita, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait