FASHION & BEAUTY
20 April 2019

6 Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh

Metabolisme yang membaik buat tubuh lebih sehat dan kurus, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ninda
Disunting oleh ninda

Rasanya sudah membatasi makanan tapi tubuh masih saja terasa melebar dan berat badan terus bertambah? Mungkin ada satu hal yang luput dari perhatian Moms, yaitu sistem metabolisme. Bagaimana cara mengaturnya agar metabolisme cepat dan tubuh bisa lebih langsing? Berikut penjelasannya.

Makan dengan Jumlah Kalori yang Terukur

3 body teks health slim

Sebenarnya metabolisme adalah proses kimia tubuh yang mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi bahan bakar untuk energI beraktivitas sehari-hari. Basal Metabolic Rate atau BMR adalah jumlah kalori yang dibakar tubuh secara alami saat tidur.

Jadi kesimpulannya adalah, Moms harus mengetahui berapa banyaknya kalori yang harus dikonsumsi sehari-harinya untuk mempertahankan berat badan.

Berolahraga Lebih Rutin

Melakukan olahraga kardio tiga sampai lima kali dalam seminggu bisa menambah rate metabolisme tubuh. U.S. Department of Health and Human Services, Office of Disease Prevention and Health Promotion, yang dikutip di heart.org, merekomendasikan minimal 150 menit per minggu untuk olahraga.

Tidak perlu setiap hari, cukup dua sampai tiga kali seminggu. Dan setelah terbiasa, Moms bisa meningkatkan ferkuensi dan lamanya berolahraga.

Baca Juga: Punya Badan Bagus, 5 Pasangan Selebriti Ini Gemar Olahraga

Lakukan sekitar 300 menit olahraga per minggu, kalau Moms ingin merasakan manfaat lebih dari olahraga. Jangan lupa ajak Si Kecil, karena anak usia 6 tahun ke atas juga disarankan rutin olahraga, sekitar 60 menit setiap tiga kali seminggu. Bugar bersama, pasti seru!

Hitung Kalori Tubuh yang Terbakar

4 body teks health slim

Untuk membakar kalori tentunya Moms tak bisa duduk-duduk santai dan menunggu keajaiban terjadi. Moms harus aktif bergerak.

Ingin mengurangi bobot tubuh? Pangkas 500 kalori per hari dengan mengurangi porsi makan, lebih banyak berolahraga atau langsung lakukan keduanya. Dengan begini Anda bisa mengurangi sekitar 0,5-1 kg per minggu.

Baca Juga: Jangan Mau Rugi, Ini 11 Tips Makan di Restoran All You Can Eat

Bedtime Snacking

5 body teks health slim

Makan sebelum tidur membuat gemuk? Ternyata tidak selalu. Sebuah penelitian menyebutkan jika Moms mengonsumsi sekitar 150 kalori, 30 menit sebelum tidur bisa menambah metabolisme di pagi hari, dibanding jika Moms tak makan apa-apa saat malam. Untuk hasil terbaik, makanlah sesuatu yang kaya protein seperti susu rendah lemak atau keju.

Hasilnya akan lebih maksimal jika Moms rutin berolahraga. Mau ide makanan lain saat kelaparan di malam hari? Nutrition Expert, Keri Gans menyarankan Moms untuk mengonsumsi makanan bebas gula, seperti jeli atau ice pop. Untuk alternatif, Moms juga bisa memilih semangkuk buah segar, yoghurt bebas gula, atau crackers keju low fat.

Minum Teh Hijau

Ternyata kandungan senyawa aktif catechin yang terkandung dalam teh hijau terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 4-5 persen. Menurut sebuah penelitian, minum lima cangkir teh hijau setiap hari, Anda bisa meningkatkan pembakaran energi tubuh hingga 90 kalori per hari.

Teh hijau membantu mengubah lemak yang tersimpan dalam tubuh menjadi asam lemak bebas, yang dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10-17 persen. Teh hijau juga rendah kalori, sehingga dipercaya baik untuk menurunkan berat badan dan perawatan berat badan.

Artikel Terkait