2-3 TAHUN
2 Mei 2018

6 Cara Mencegah Balita Terkena Flu, Mana Saja yang Sudah Moms Lakukan?

Bisa mengurangi risiko Si Kecil terkena flu lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Ketika terserang flu, Si Kecil pasti akan merasa tidak nyaman. Kepala pusing, hidung meler, batuk, dan demam. Sebelum flu menyerang Si Kecil, yuk antisipasi. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah balita terkena flu. Disimak ya Moms.

1. Pastikan Si Kecil mendapatkan vaksin flu

Vaksin memang tidak bisa menjamin 100 persen Si kecil akan terbebas dari flu. Tapi, dengan vaksin flu, risiko Si Kecil terjangkit flu jadi lebih kecil.

2. Ajarkan Si Kecil untuk tidak tertular flu

Virus flu menyebar lewat udara. Dari batu dan bersin penderitanya. Jika Si kecil sudah sekolah, Moms bisa mengajarinya cara untuk tidak tertular dari teman-temannya.

Salah satu cara untuk mencegah anak terkena flu adalah membekali Si kecil masker atau memintanya untuk tidak dekat-dekat dengan teman yang sedang flu untuk sementara waktu. Jika memungkinkan, Moms bisa meminta guru di sekolah untuk mengingatkan anak yang sakit mengenakan masker.

Baca Juga : Ini Dia Cara Mengatasi Flu Tanpa Minum Obat

3. Tanamkan kebiasaan cuci tangan

Mencuci tangan setelah beraktivitas sangat penting Moms. Virus bisa bertahan pada permukaan selama 8 jam.

Pastikan Si Kecil mencuci tangan setelah memegang benda-benda. Moms juga perlu membersihkan benda-benda yang sering digunakan Si Kecil secara rutin ya.

4. Konsumsi makanan bernutrisi

Si Kecil harus makan makanan bergizi. Pastikan juga dia mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya ya Moms.

5. Pastikan udara di rumah bersih dan segar

Virus flu menyebar lewat udara. Pastikan udara di rumah bersih dan segar ya Moms. Moms bisa coba memasang air purifier di rumah. Terutama di kamar Si Kecil dan ruang keluarga.

6. Pastikan Si Kecil cukup istirahat

Tidur yang cukup dapat memperkuat sistem imun yang bertugas untuk menangkal serangan virus dan bakteri.

Agar Si Kecil sehat terus, pastikan Moms lakukan tips di atas ya.

(AND)

Artikel Terkait