KESEHATAN
20 Februari 2020

6 Cara Mencegah Bibir Kering pada Anak, Yuk Biasakan!

Scrub madu ternyata bisa mengatasi bibir kering pada anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Pada saat bibir kering rasanya sangat tidak nyaman, seringkali kondisi ini menjadi pecah-pecah kemudian luka.

Apalagi jika terjadi pada anak kecil, tak hanya rasa yang tidak nyaman saja, biasanya mereka lebih penasaran dengan bibir kering sehingga memainkannya hingga bagian bibir kering itu terangkat yang akhirnya menjadi luka bahkan bisa menjadi sariawan.

Kondisi bibir kering pada anak ini biasanya terjadi karena cuaca, kebiasaan menjilat bibir, serta kurangnya asupan cairan atau bahkan bisa menjadi tanda dehidrasi. Moms bisa mencegah bibir kering pada anak dengan menjaga kelembapan bibir anak.

Cara Mencegah Bibir Kering pada Anak

Ada beberapa cara yang bisa Moms coba untuk mencegah bibir kering pada anak. Berikut daftarnya!

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Ibu Menyusui

1. Minum Air Putih

cara mengatasi bibir kering pada anak.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mencegah bibir kering pada anak yang pertama adalah minum air putih. Dikutip dari National Health Service, agar terhindar dari dehidrasi berkelanjutan, Moms harus memastikan bahwa asupan air mineral pada anak tercukupi.

Pastikan anak minum 8 hingga 10 gelas air dalam sehari, ingatkan selalu dalam setiap aktivitas yang dijalaninya, sekalipun di sekolah usahakan Ia tidak melewatkan untuk minum yang banyak.

Hal ini akan menghindari bibir kering pada anak.

2. Makan Buah dan Sayur

cara mengatasi bibir kering pada anak 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mencegah bibir kering pada anak yang selanjutnya adalah makaan buah dan sayur. Dalam beberapa kondisi bibir kering pada anak biasanya timbul saat mengalami sariawan, yang mana asupan buah dan sayur sangat dibutuhkan.

Maka usahakan Si Kecil mengonsumsi buah dan sayuran. Hindari mengonsumsi buah jeruk, dilansir dari wikiHow asam dalam buah jeruk memiliki kecenderungan untuk mengiritasi bibir dan dapat menyebabkan bibir anak menjadi sensitif terhadap sinar matahari.

Akibatnya, kelembaban dari bibir mereka dengan cepat menguap di bawah sinar matahari, dan menyebabkan bibir pecah-pecah. Moms bisa menggantinya dengan buah strawberry.

Baca Juga: 5 Sayur Terbaik untuk MPASI Pertama Bayi

3. Gunakan Lip Balm atau Pelembab Bibir

cara mengatasi bibir kering pada anak 3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mencegah bibir kering pada anak yang selanjutnya adalah gunakan lip balm. Sebelum anak beraktivitas, kita bisa mengoleskan pelembab bibir. Umumnya pelembab bibir bisa digunakan oleh anak-anak. Tapi, Moms harus tetap teliti memilih pelembab bibir yang bisa digunakan untuk anak.

Agar menghindari anak menjilat-jilat bibir, maka Moms bisa menggunakan lip balm yang tidak memiliki rasa. Jenis lip balm yang aman adalah petroleum jelly. Moms bisa menggunakannya secara rutin pada malam hari.

4. Gunakan Humidifier

cara mengatasi bibir kering pada anak 4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mencegah bibir kering pada anak yang selanjutnya adalah gunakan humidifier. Jika Moms memiliki humidifier, maka pasanglah pelembab udara ini di kamar anak. Apalagi jika bibir kering pada anak disebabkan oleh cuaca yang dingin.

Saat kondisi cuaca seperti ini Moms bisa meletakkan humidifier tak hanya di kamar, tapi juga di dalam bagian rumah yang sering dihuni, misalnya ruang keluarga.

Hal ini dilakukan untuk mencegah udara menjadi terlalu kering yang menyebabkan masalah pada bibir.

5. Madu

cara mengatasi bibir kering pada anak 5.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mencegah bibir kering pada anak yang selanjutnya adalah madu. Madu bisa menjadi bahan alami yang bisa mencegah bibir kering, selain itu aman jika Si Kecil menjilat-jilat bibirnya, apalagi madu memiliki rasa yang manis.

Caranya cukup mudah, Moms bisa mencampurkan madu dengan minyak kelapa. Setelah itu, oleskan secara merata pada bibir anak di malam hari. Moms juga bisa membuat scrub madu dengan mencampurkannya bersama gula.

Seperti yang dikatakan oleh Adina Mahalli, seorang ahli perawatan rambut dan kulit dari Maple Holistics.

"Gula bersifat abrasif sehingga menjadikannya bahan scrub alami yang baik. Gula alami yang ditemukan dalam madu berfungsi sebagai humektan dan emolien yang meningkatkan kontrol air pada kulit," tuturnya.

Baca Juga: Kulit Kering? Atasi dengan 5 Masker Wajah Alami Ini!

6. Gunakan Pasta Gigi yang Tidak Mengandung Sodium

cara mengatasi bibir kering pada anak 6.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mencegah bibir kering pada anak yang selanjutnya adalah gunakan pasta gigi tanpa sodium. Periksa label pasta gigi anak, pastikan pasta giginya tidak yang mengandung bahan aktif yang disebut sodium lauryl sulfate yang bisa menyebabkan bibir mengering dan bahkan bisa menjadi iritasi dan menjadi pecah-pecah.

Itulah beberapa cara untuk mencegah bibir kering pada anak. Saat cuaca dingin atau terlanjur kering, maka pastikan Moms selalu menjaga kelembapan bibir Si Kecil ya untuk menghindari bibir kering yang bisa menyebabkan bibir pecah-pecah.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait