KESEHATAN
16 Juli 2019

6 Cara Mencegah Migrain yang Sering Menggangu

Terapkan gaya hidup sehat dan teratur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat sedang mengalami migrain, seringkali kita salah mengira hal tersebut sebagai sakit kepala biasa. Padahal migrain rasanya amat sakit, melebihi sakit kepala biasa bahkan sering diikuti dengan rasa nyeri. Sedangkan sakit kepala biasa umumnya hanya berlangsung sebentar saja.

Menurut Harvard Medical School, migrain menyebabkan sakit yang terus-menerus di satu sisi kepala, juga membuat mata kehilangan fokus, sensitif terhadap cahaya, dan mual.

Ada banyak hal yang bisa memicu timbulnya serangan migrain. Bisa karena faktor genetik, makanan atau minuman tertentu, menstruasi, cuaca yang sangat panas, hingga mengalami stress.

Tapi tenang Moms, masalah migrain bisa dicegah. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah migrain? Simak tips di bawah ini.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Harus Minum Obat

1. Membuat Catatan

Membuat catatan bisa sangat membantu saat Moms berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter bisa tahu seberapa sering migrain muncul dan bisa mendiagnosis masalahnya.

2. Minumalah Minuman yang Sehat

mengatasi migrain, pemicu migrain

Foto: medicalnewstoday.com

Untuk mencegah migrain, kita harus minum dengan benar. Hindari minum terlalu banyak alkohol, minuman yang mengandung banyak kafein, dan minuman manis atau bergula.

Pastikan Moms mengonsumsi banyak air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia setiap harinya (setidaknya 2 liter sehari atau lebih tergantung kondisi kita).

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini untuk Redakan Serangan Migrain

3. Tidur dengan Teratur

Terkadang, migrain bisa datang menyerang karena tubuh tidak mendapat waktu tidur yang cukup. Oleh karena itu untuk mencegah migrain, Moms harus tidur dengan teratur dan cukup.

Jangan sering begadang di malam hari. Bukan hanya migrain, tidur dengan tidak teratur juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

4. Makan Makanan Sehat

mengatasi migrain, pemicu migrain

Foto: rd.com

Asupan makanan seringkali dianggap sebagai pemicu munculnya migrain. Biasanya disebabkan karena konsumsi cokelat, alkohol, bahkan buah-buah citrus pun bisa menjadi pemicu timbulnya migrain.

Selain itu, tidak makan dengan teratur juga bisa menjadi salah satu penyebab migrain. Oleh karena itu, untuk mencegah migrain, makanlah dengan porsi yang sesuai dan teratur.

Menurut National Headache Foundation, makanan seperti keju, daging yang sudah diproses (nugget, kornet) bisa memicu migrain.

5. Bekerja sesuai Porsi

Bekerjalah dengan benar agar bisa mencegah migrain. Moms boleh bekerja, namun jangan lupa untuk beristirahat, sesuaikan keadaan tubuh Moms di tempat kerja. Jangan ragu untuk menggunakan penutup untuk menutupi layar komputer yang terlalu silau.

Di samping itu, pastikan suhu di tempat kerja kita konsisten dan stabil, karena biasanya suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin juga bisa menjadi pemicu migrain.

Baca Juga: 7 Obat Sakit Kepala Dari Bahan Alami

6. Relaksasi Sejenak

mengatasi migrain, pemicu migrain

Foto: laurasbeautytouch.com

Terkadang, timbulnya migrain bisa dipicu saat stress hilang dan juga saat sedang mengalami stres. Kondisi stres lainnya seperti khawatir berlebihan atau berada dalam mood yang buruk, berada di tempat yang terlalu berisik atau cahaya yang terlalu terang juga bisa menjadi penyebabnya.

Dalam kasus seperti ini, penting bagi tubuh kita untuk mendapatkan relaksasi sejenak dari kesibukan yang ada. Coba beri tubuh waktu untuk istirahat dengan mengambil cuti, atau melakukan perawatan tubuh lainnya seperti creambath atau pijat. Kita harus memanjakan tubuh kita.

Itulah beberapa cara yang dapat Moms coba untuk mencegah migrain timbul. Menurut World Health Organization, migrain masuk dalam daftar 10 besar penyakit yang sangat mengganggu produktivitas.

Kita jadi tidak bisa bekerja, kehilangan produktivitas, dan memakan biaya perawatan yang tinggi. Pastikan tubuh diberi waktu untuk istirahat dari segala kesibukan.

Artikel Terkait