BAYI
2 Oktober 2019

6 Cara Mencegah SIDS pada Bayi Bayu Lahir

Tak sedikit kasus mengenai bayi yang terkena SIDS, beberapa disebabkan posisi tidur yang salah
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Bayi baru lahir hingga berumur satu tahun masih memiliki durasi tidur yang panjang. Seiring bertambahnya usia, jam tidur siangnya akan semakin berkurang karena perkembangannya Si Kecil semakin aktif bergerak.

Pada tahun 1992, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar semua bayi tidur terlentang, untuk mengurangi terjadinya sindrom kematian mendadak bayi atau yang dikenal dengan istilah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

AAP terus menerbitkan pedoman untuk mengatasi masalah tidur yang aman untuk bayi hingga usia satu tahun untuk menurunkan risiko SIDS. Moms harus membiasakan Si Kecil tidur dengan posisi yang aman dan nyaman untuk menghindari risiko SIDS.

Ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk mencegah SIDS terjadi pada Si Kecil. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu 10 Manfaat Baby Yoga untuk Perkembangan Bayi

1. Disarankan Tidur di Kasur Terpisah

si kecil tidak mau tidur di boks bayi bagaimana mengatasinya hero

Alangkah lebih baiknya Si Kecil memiliki ruang tidur sendiri dengan kasur yang nyaman dan sprei yang bersih.

Sekalipun Si Kecil satu kasur dengan Moms dan Dads, pastikan ia memiliki space yang luas. Pastikan tempat tidurnya tidak dikelilingi oleh barang-barang, mainan atau pakaian tidak boleh ada di area tempat tidur tidur bayi. Moms bisa menaruh barang-barang tersebut di boks khusus.

Sebenarnya AAP tidak merekomendasikan berbagi tempat tidur, tetapi merekomendasikan berbagi kamar. Moms bisa menggunakan keranjang tidur atau co-sleeper di sebelah kasur Moms. Sehingga kita tetap bisa berada di dekat bayi saat ia tidur.

2. Posisi Tidur Terlentang

Cegah SIDS Ketahui Mengenai Posisi Tidur Bayi yang Tepat 2.jpg

Letakkan bayi dengan posisi terlentang untuk tidur di malam hari dan tidur siang. Posisi ini merupakan posisi yang aman dan bisa mencegah SIDS.

Moms hanya perlu menyendawakan Si Kecil terlebih dahulu sebelum bayi diletakkan di kasur, karena dikhawatirkan gumoh dalam posisi tidur terlentang.

3. Posisi Tidur Tengkurap

Cegah SIDS Ketahui Mengenai Posisi Tidur Bayi yang Tepat 3.jpeg

Tapi, jika bayi sudah mulai tengkurap, Moms bisa terus mengawasinya karena bagaimana pun juga gerakan tersebut terjadi secara spontan dan kita juga tidak bisa mencegah Si Kecil dalam setiap perkembangannya.

Khawatir penting tapi terlalu protektif juga tidak baik untuk perkembangan Si Kecil. Apalagi proses tengkurap bisa memperkuat otot leher dan bahunya.

Moms hanya perlu memantaunya, kita bisa merubah posisi tengkurap Si Kecil jika memang dirasa kurang nyaman baginya dan terlalu lama tidur dengan posisi tersebut.

Tapi, saat bayi tidur terlentang pun Moms harus menyendawakannya setelah disusui, sebab sangat memungkinkan bayi mengalami gumoh dalam posisi tidur terlentang sehingga muntahan bisa masuk ke jalur nafasnya yang bisa menyebabkan SIDS.

Baca Juga: SUDI, SIDS, dan SUID, Kasus Kematian Mendadak Pada Bayi

4. ASI Eksklusif untuk Mengurangi Risiko SIDS

5 ASI Eksklusif.jpg

Selain posisi tidur, Moms juga disarankan untuk menyusui bayi minimal selama enam bulan pertama kehidupannya untuk mengurangi risiko SIDS.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan National Institute of Child Health and Health Development, bahwa bayi yang menyusui, atau diberi ASI, berisiko lebih rendah terkena SIDS daripada bayi yang tidak pernah diberi ASI.

Durasi menyusui eksklusif yang lebih lama juga mampu menghindari risiko SIDS.

5. Tidak Merokok di Sekitar Bayi

Penyebab perut buncit - merokok.jpg

Pastikan tidak merokok di sekitar bayi dapat meningkatkan risiko SIDS. Asap rokok bisa membuat bayi merasa tidak nyaman dan jadi sulit bernapas.

6. Buat Bayi Nyaman

Cegah SIDS Ketahui Mengenai Posisi Tidur Bayi yang Tepat.png

Moms juga harus membuat Si Kecil nyaman di berbagai suhu, kamar yang sejuk membuat tidur bayi lebih nyaman.

Gunakan pakaian yang tipis dan nyaman untuk membantu mencegah kepanasan. Moms bisa memeriksa suhu inti bayi dengan meletakkan dua jari di belakang lehernya dan kulitnya harus terasa hangat dan kering.

Baca Juga: Bayi Tidur Tengkurap jadi Penyebab SIDS?

Itulah beberapa hal yang perlu Moms perhatikan untuk mencegah Si Kecil mengalami SIDS. Selamat mencoba!

(PSF/ERN)

Artikel Terkait