DI ATAS 5 TAHUN
7 Mei 2019

6 Cara Mendidik Anak Agar Supel dan Humoris

Sebatas senyum dan sapaan singkat bisa jadi contoh yang tepat bagi anak
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam mendidik anak, Moms tentu menginginkan segala yang terbaik bagi tumbuh kembangnya. Selain dari makanan, untuk menumbuhkan anak yang cerdas diperlukan berbagai cara.

Namun tentunya, Moms juga tak ingin bukan Si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas saja, mereka juga harus tumbuh sebagai anak yang supel dan humoris sehingga mudah bergaul serta menyenangkan bagi lingkungannya.

Yuk simak cara mendidik anak berikut, agar tumbuh dan berkembang menjadi anak yang tak hanya cerdas namun juga supel dan humoris!

1. Tatap Matanya Saat Bicara

supel (1)

Langkah pertama ini terdengar sangat sederhana bukan? Semua bermula dari tatapan mata. Saat bicara dengan Si Kecil, biasakanlah untuk menatap matanya.

Mengapa demikian? Menatap mata mereka akan membuat mereka terlatih untuk percaya diri, dan merasa dihargai. Saat Moms tak memberikan padangan mata, mereka juga akan tumbuh dengan rasa cuek dan tak menghargai orang lain saat berbicara.

Baca Juga: Punya Banyak Teman, 5 Zodiak Ini Terkenal Ramah

2. Bebaskan Mereka Bermain

supel (3)

Jangan batasi ruang gerak Si Kecil dengan teman bermainnya, berikanlah ia waktu untuk menikmati bersosialisasi dengan teman maupun lingkungan luar.

Banyak orang tua yang memilih untuk tidak mengizinkan Si Kecil bermain di luar rumah, padahal hal ini tentunya salah.

Biarkan mereka mulai memberanikan diri mengenal dunia luar, yang perlu Moms lakukan hanyalah mengawasi ruang geraknya dan bukan membatasi. Ketika Si Kecil sudah mulai melakukan hal yang salah, barulah Moms mengajarkannya secara perlahan.

Baca Juga: 4 Kendala Ini Akan Anak Temui Ketika Belajar Berteman

3. Sering Ajak Bicara

supel (6)

Kunci lain menumbuhkan pribadi yang supel pada anak adalah dengan sering mengajaknya bicara. Pembicaraan Moms dengan Si Kecil namun tentunya tak boleh sembarangan ya, ajaklah ia berbicara seputar hal-hal positif yang dapat mengedukasi tumbuh kembangnya. Cara demikian akan membuatnya tumbuh menjadi anak supel yang cerdas.

4. Menonton Film

supel (5)

Si Kecil tentu suka menonton film, karenanya Moms dapat memanfaatkannya sebagai cara untuk mendidik. Pilihlah film komedi yang memiliki sisi edukasi bagi Si Kecil, dengan cara ini mereka akan belajar menjadi sosok humoris yang tetap positif.

Jangan sekali-sekali memberikan tontonan yang belum sesuai dengan usianya, ingatlah bahwa memori mereka sangat baik sehingga mudah sekali untuk menyerap dan menirukan hal yang negatif.

5. Menjadi Contoh

supel (2)

Sebagai peniru yang ulung, mudah sekali untuk mengedukasi Si Kecil dimana salah satunya adalah dengan memberi contoh.

Cobalah untuk membangun interaksi dengan orang lain di depan Si Kecil, selain dengan sang ayah Moms juga bisa memberi contoh dengan menyapa tetangga sekitar maupun orang lain yang ada di sekitar.

Tak perlu panjang lebar, terkadang hanya sebatas senyum dan sapaan singkat bisa jadi contoh yang tepat bagi mereka.

Baca Juga: Mengenalkan Arti Persahabatan Pada Anak

6. Masukan dalam Komunitas

supel (4)

Cara lain yang dapat Moms lakukan adalah dengan membuka ruang interaksinya selebar mungkin. Selain dari sekolah, Moms juga dapat memasukan mereka dalam komunitas anak-anak yang menyenangkan.

Komunitas dapat berupa tempat les maupun acara gathering anak-anak. Dengan demikian, lingkungan mereka akan semakin luas dan keinginan untuk berinteraksi dengan orang sekitar pun akan semakin tinggi.

Nah, terapkan cara-cara di atas supaya anak jadi supel, mudah bergaul, dan humoris!

(MDP)

Artikel Terkait