KESEHATAN
7 Februari 2020

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah

Bau mulut ternyata bisa diatasi dengan ramuan alami yang dibuat di rumah.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dalam mengatasi masalah bau mulut di rumah dengan cara alami, sebenarnya tidak sulit. Mudah ditemukan bahannya, mudah pula digunakannya.

Semua orang pasti tidak percaya diri ketika mengalami masalah bau mulut. Kondisi ini bisa menurunkan penampilan ketika berbicara dengan seseorang.

Namun, fakta mengejutkan datang dari American Dental Associations. Ternyata, 50% orang dewasa, pernah mengalami hal ini, lho.

Bau mulut berasal dari bakteri yang bersarang di dalam mulut. Bakteri ini datang dari berbagai hal, seperti sisa makanan yang tertinggal di gigi, konsumsi makanan berbau menyengat hingga kebiasaan merokok.

Baca Juga: 7 Penyebab Bau Mulut yang Sering Tidak Disadari

Seperti yang dilansir dari healthline.com, penyebab bau mulut paling umum adalah kebersihan gigi yang buruk. Jika orang tidak menyikat gigi dengan benar, bakteri akan terus tumbuh di dalam mulut.

Penumpukan bakteri itulah disebut plak gigi, yang menghasilkan bau busuk hingga pembusukan gigi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh sisa makanan yang tertinggal maupun makanan berbau menyengat seperti bawang.

Karena, pencernaan akan melepaskan senyawa sulfur ke dalam aliran darah. Ketika darah mencapai paru-paru, hal itu akan memengaruhi bau napas.

Ramuan Alami yang Berguna untuk Mengatasi Bau Mulut

Adapun ramuan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut di rumah. Ramuan alami ini bisa digunakan jika menjaga kebesihan gigi tak cukup mengatasi bau mulut.

1. Jus Nanas

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 01.jpg

Foto: trutcher.com

Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah ramuan alami yang paling efektif mengatasi bau mulut. Meskipun belum ada dukungan ilmiah yang kuat terkait jus nanas untuk mengatasi bau mulut.

Namun, minum jus nanas atau mengunyah irisan nanas setiap makan selama satu hingga dua menit bisa mengusir bau mulut. Jangan lupa untuk membilas mulut dengan gula setelah makan atau minum jus nanas.

2. Yogurt

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 02.jpg

Foto: thesun.co.uk

Yoghurt mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacillus. Bakteri sehat ini dapat membantu memerangi bakteri jahat di tubuh, seperti usus.

Penelitian menunjukkan bahwa yogurt juga bisa membantu mengurangi bau mulut.

Sebuah studi yang dipresentasikan di International Association for Dental Research menemukan setelah enam minggu mengonsumsi yogurt, 80 persen partisipan mampu mengurangi bau mulutnya. Probiotik dalam yogurt efektif dalam mengurangi keparahan bau mulut.

Cara menggunakannya, cukup mengonsumsi satu porsi yogurt tawar tanpa lemak per hari.

Baca Juga: 8 Penyakit yang Jadi Penyebab Bau Mulut, Apa Saja?

3. Teh Hijau

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 03.jpg

Foto: archanaskitchen.com

Teh hijau adalah obat rumahan yang efektif untuk mengatasi bau mulut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat desinfektan dan penghilang bau yang menyegarkan napas.

Mint juga memiliki efek serupa, jadi secangkir teh mint hijau bisa menjadi penyegar napas yang ideal.

Caranya, seduh dua cangkir teh hijau sebelum tidur dan dinginkan semalaman. Tuangkan teh hijau yang sudah dingin ke dalam botol air dan bawa ke kantor. Minumlah perlahan-lahan sepanjang hari.

4. Jeruk

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 04.jpg

Foto: healthline.com

Jeruk juga memiliki manfaat dalam mengatasi bau mulut, selain menambah asupan vitamin C. Banyak orang memiliki bau mulut karena tidak menghasilkan air liur cukup untuk membersihkan bakteri busuk.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dalam jeruk itulah yang membantu meningkatkan produksi air liur dan membantu menghilangkan bau mulut.

5. Cengkeh

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 05.jpg

Foto: britannica.com

Melansir dari Asia Pacific Journal of Tropical Biomedicine, cengkeh kaya akan eugenol, yakni antibakteri kuat. Cukup masukkan satu cengkeh ke dalam mulut dan gosok dengan gigi. Minyak aromatik yang menyengat bisa meresap kemulut dan mngatasi bau napas.

Tapi, jangan gunakan minyak dan bubuk cengkeh untuk mengatasi bau mulut. Karena dua bahan alami tersebut bersifat sangat kuat dan bisa menyebabkan luka bakar.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Bau Mulut yang Menganggu

6. Kayu Manis

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 06.jpg

Foto: theepochtimes.com

Kayu manis yang bermanfaat untuk memberikan aroma sedap pada makanan dan minuman. Ternyata kayu manis juga bisa mengatasi bau mulut.

Caranya, cukup mengisap batang kayu manis seperti cengkeh untuk menghilangkan bau napas. Karena, kayu manis memiliki sifat antiseptik yang kuat.

Nah, itulah 6 bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut. Kalau Moms sendiri, pernah menggunakan yang mana?

Artikel Terkait