KESEHATAN
28 Agustus 2020

14 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Bahan Alami, Yuk Coba!

Bau mulut ternyata bisa diatasi dengan ramuan alami yang dibuat di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Amelia Puteri

Dalam mengatasi bau mulut di rumah dengan cara alami, sebenarnya tidak sulit. Mudah ditemukan bahannya, mudah pula digunakannya. Apalagi, semua orang pasti tidak percaya diri ketika mengalami masalah bau mulut.

Fakta mengejutkan dari American Dental Associations menyebutkan, bahwa ternyata, 50% orang dewasa, pernah mengalami hal ini, lho.

Bau mulut berasal dari bakteri yang bersarang di dalam mulut. Bakteri ini datang dari berbagai hal, seperti sisa makanan yang tertinggal di gigi, konsumsi makanan berbau menyengat hingga kebiasaan merokok.

Dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine, kesehatan gigi dan mulut yang buruk menjadi penyebab umum bau mulut. Jika Moms tidak menyikat gigi dengan benar, bakteri akan terus tumbuh di dalam mulut.

Penumpukan bakteri itulah disebut plak gigi, yang menghasilkan bau busuk hingga pembusukan gigi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh sisa makanan yang tertinggal maupun makanan berbau menyengat seperti bawang.

Karena, pencernaan akan melepaskan senyawa sulfur ke dalam aliran darah. Ketika darah mencapai paru-paru, hal itu akan memengaruhi bau napas.

Yuk, cari tahu bagaimana cara mengatasi bau mulut dengan bahan alami yang bisa dilakukan berikut ini.

Baca Juga: 7 Penyebab Bau Mulut yang Sering Tidak Disadari

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Alami

Adapun ramuan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut di rumah. Ramuan alami ini bisa digunakan jika menjaga kebesihan gigi tak cukup mengatasi bau mulut.

1. Jus Nanas

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 01.jpg

Foto: trutcher.com

Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah ramuan alami yang paling efektif mengatasi bau mulut. Meskipun belum ada dukungan ilmiah yang kuat terkait jus nanas untuk mengatasi bau mulut.

Namun, minum jus nanas atau mengunyah irisan nanas setiap makan selama satu hingga dua menit bisa mengusir bau mulut. Jangan lupa untuk membilas mulut dengan gula setelah makan atau minum jus nanas.

2. Yogurt

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 02.jpg

Foto: thesun.co.uk

Yoghurt mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacillus. Bakteri sehat ini dapat membantu memerangi bakteri jahat di tubuh, seperti usus.

Penelitian menunjukkan bahwa yogurt juga bisa membantu mengurangi bau mulut.

Sebuah studi di International Association for Dental Research menemukan setelah enam minggu mengonsumsi yogurt, 80 persen partisipan mampu mengurangi bau mulutnya. Probiotik dalam yogurt efektif dalam mengurangi keparahan bau mulut.

Cara menggunakannya, cukup mengonsumsi satu porsi yogurt tawar tanpa lemak per hari.

3. Teh Hijau

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 03.jpg

Foto: archanaskitchen.com

Teh hijau adalah obat rumahan yang efektif untuk mengatasi bau mulut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat desinfektan dan penghilang bau yang menyegarkan napas.

Mint juga memiliki efek serupa, jadi secangkir teh mint hijau bisa menjadi penyegar napas yang ideal.

Caranya, seduh dua cangkir teh hijau sebelum tidur dan dinginkan semalaman. Tuangkan teh hijau yang sudah dingin ke dalam botol air dan bawa ke kantor. Minumlah perlahan-lahan sepanjang hari.

4. Jeruk

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 04.jpg

Foto: healthline.com

Jeruk juga memiliki manfaat dalam mengatasi bau mulut, selain menambah asupan vitamin C. Banyak orang memiliki bau mulut karena tidak menghasilkan air liur cukup untuk membersihkan bakteri busuk.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dalam jeruk itulah yang membantu meningkatkan produksi air liur dan membantu menghilangkan bau mulut.

5. Cengkeh

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 05.jpg

Foto: britannica.com

Melansir dari Asia Pacific Journal of Tropical Biomedicine, cengkeh kaya akan eugenol, yakni antibakteri kuat. Cukup masukkan satu cengkeh ke dalam mulut dan gosok dengan gigi. Minyak aromatik yang menyengat bisa meresap ke mulut dan mengatasi bau napas.

Tapi, jangan gunakan minyak dan bubuk cengkeh untuk mengatasi bau mulut. Karena dua bahan alami tersebut bersifat sangat kuat dan bisa menyebabkan luka bakar.

6. Kayu Manis

6 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cara Alami, Coba Yuk di Rumah 06.jpg

Foto: theepochtimes.com

Kayu manis yang bermanfaat untuk memberikan aroma sedap pada makanan dan minuman. Ternyata kayu manis juga bisa mengatasi bau mulut.

Caranya, cukup mengisap batang kayu manis seperti cengkeh untuk menghilangkan bau napas. Karena, kayu manis memiliki sifat antiseptik yang kuat.

Baca Juga: 8 Penyakit yang Jadi Penyebab Bau Mulut, Apa Saja?

Cara Mengatasi Bau Mulut pada Ibu Hamil

Tidak hanya itu, ada juga cara mengatasi bau mulut pada ibu hamil yang bisa dilakukan dengan mudah.

7. Rutin Sikat Gigi dan Berkumur

sikat gigi - healthysmiledental.com.au.jpg

Foto: healthysmiledental.com.au

Jika bau mulut tidak sedap disebabkan karena penumpukan plak, maka cara mengatasi bau mulut adalah menerapkan perawatan gigi dan mulut yang tepat.

Sikat gigi setidaknya dua kali setiap hari dan gunakan dental floss satu kali setiap harinya. Moms juga bisa menggunakan obat kumur untuk menjaga aroma mulut.

American Academy of Pediatric Dentistry merekomendasikan bahwa wanita hamil menggunakan obat kumur bebas fluoride alkohol setiap harinya untuk memperkuat enamel gigi dan mencegah gigi berlubang.

8. Lebih Sering Minum

minum air putih

Foto: Orami Photo Stock

Bau mulut yang tidak sedap bisa karena Moms mengalami morning sickness.

Gejala utama morning sickness adalah mual dan muntah. The Saudi Journal for Dental Research mengungkapkan, muntah bisa menyebabkan terciptanya lingkungan yang asam di mulut dan terjadinya demineralisasi gigi.

Hal ini yang rentan sebabkan pembusukan pada gigi dan menimbulkan bau mulut tidak sedap. Salah satu cara efektif untuk mengatasi bau mulut pada ibu hamil adalah lebih banyak minum.

Minum banyak air juga dapat mencegah dehidrasi dan menyingkirkan bakteri di mulut. Air juga membantu memastikan nutrisi penting diangkut untuk memenuhi kebutuhan perkembangan bayi yang sedang tumbuh.

Selain itu, air mampu menjaga tingkat cairan ketuban dan membantu fungsi ginjal.

9. Rutin ke Dokter Gigi

rutin ke dokter gigi

Foto: Orami Photo Stock

Selama hamil, biasanya Moms hanya fokus untuk memeriksa ke dokter kandungan. Hal yang tak kalah pentingnya adalah kontrol ke dokter gigi. Ini menjadi cara mengatasi bau mulut pada ibu hamil.

Selain itu, apabila terjadi masalah pada gigi dan mulut Moms, maka bisa berdampak bahaya pada kehamilan.

“Ibu hamil sebenarnya wajib untuk kontrol juga ke dokter gigi. Faktanya, tindakan seperti rontgen, pembersihan rutin, perawatan saluran akar aman dilakukan selama kehamilan. Sederhananya, membersihkan karang gigi bisa dilakukan sebagai pencegahan untuk masalah gigi lainnya,” ungkap Dr. David Leader, dokter gigi dari Tufts University School of Medicine.

10. Hindari Jenis Makanan Tertentu

hindari makanan berbau

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari WebMD, sebaiknya Moms hindari jenis makanan dengan bau menyengat yang berisiko sebabkan bau badan dan bau mulut menjadi tidak sedap, seperti bawang.

“Zat-zat yang menyebabkan bau menyengat membuat mereka masuk ke aliran darah hingga ke paru-paru. Hal ini membuat bau mulut menjadi tidak sedap,” ujar Richard Price, juru bicara dari American Dental Association.

Baca Juga:

Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Bau Mulut

Moms dan Dads jangan khawatir. Makanan dan minuman ini dianggap bisa menghilangkan bau mulut seperti yang dilansir dari eatingwell.com.

11. Konsumsi Teh yang Mengandung Antioksidan

konsumsi teh hijau

Foto: Orami Photo Stock

Studi menunjukkan bahwa minum teh hitam atau teh hijau tanpa pemanis dapat membantu mencegah dan mengatasi bau mulut.

Kedua jenis teh ini mengandung antioksidan yang disebut polifenol untuk menghancurkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

Sebuah studi dari Universitas Pace, menemukan bahwa ekstrak teh hijau efektif melawan beberapa jenis bakteri mulut dengan mencegah pertumbuhannya. Polifenol juga mengurangi senyawa sulfur tersebut.

12. Minum Air Putih untuk Singkirkan Bakteri

minum air putih

Foto: Orami Photo Stock

Kebanyakan bakteri penyebab bau mulut adalah anaerob yang berarti mereka tumbuh subur di mulut yang kering.

Karena itu, minum air yang cukup bisa membantu mengeluarkan partikel makanan dan bakteri yang tersangkut di mulut. Hal ini bisa membantu mengatasi bau mulut.

Air minum juga meningkatkan produksi air liur yang bertindak sebagai agen pembersih.

13. Peterseli dan Basil, Dapat Memecah Senyawa Bawang Putih

basil

Foto: Orami Photo Stock

Peterseli dan basil bisa membantu mengatasi bau mulut akibat bawang putih. Polifenol dalam makanan ini bisa memecah senyawa sulfur dalam bawang putih.

Moms bisa mengonsumsi ramuan ini secara terpisah dari bawang putih untuk mendapatkan manfaat polifenolnya.

14. Makan Ceri dan Selada

buah ceri.jpg

Foto: thespruceeats.com

Menurut ahli gizi David Grotto, ceri dan selada juga bisa mengatasi masalah bau mulut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kedua makanan ini membantu menghilangkan bau metil mercaptan dan bau busuk lainnya yang disebabkan oleh bakteri di mulut.

Itu dia Moms, cara mengatasi bau mulut yang alami dan juga pada ibu hamil. Semoga berguna!

Artikel Terkait