FASHION & BEAUTY
15 Agustus 2017

6 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Cepat

Hilangkan flek hitam dan ciptakan kulit wajah sehat
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Kulit wajah menjadi bagian tubuh yang selalu menjadi pusat perhatian. Namun, ada saja permasalahan wajah yang timbul dari waktu ke waktu, mulai dari kulit berminyak, jerawat, kulit bersisik hingga munculnya flek hitam.

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Munculnya flek hitam pada kulit dikarenakan kulit mengalami hiperpigmentasi atau penggelapan pada daerah kulit atau kuku yang disebabkan oleh peningkatan produksi melanin. Pemicunya bisa beragam, diantaranya adalah:

  • Penggunaan kosmetik yang salah.
  • Hormon yang dapat menimbulkan flek hitam diantaranya adalah progesteron, dan estrogen, itulah mengapa ibu hamil kadang mengalami flek hitam pada kulit wajah. Oiya, meminum pil KB juga bisa menimbulkan flek hitam di kulit Mama.
  • Paparan sinar matahari, sinar ultraviolet bisa meningkatkan produksi melanin sehingga menimbulkan warna hitam di kulit wajah.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Mama bisa memilih beragam perawatan untuk menghilangkan flek hitam di kulit, mulai dari cara alami hingga perawatan yang menguras kocek, ini dia beberapa pilihannya:

1. Krim wajah

krim wajah

Pastikan krim wajah memiliki kandungan AHA (Alfa Hidroxy Acid) yang berfungsi untuk membuang sel kulit mati, menghilangkan flek hitam dan mencegah penuaan dini. Pilih krim yang tidak menjajikan hasil instan, karena biasanya hasil instan dikarenakan kandungan krim mengandung bahan kimia yang berbahaya.

2. Pakai cleansing brush

Saat ini sudah tersedia semacam sikat lembut yang bisa digunakan untuk membersihkan kulit secara lebih mendalam dibanding menggunakan tangan. Sikat ini membantu mengangkat sel kulit mati penyebab flek hitam dari lapisan atas kulit. Scrubbing juga bisa memaksimalkan penyerapan masker atau krim perawatan wajah.

3. Lidah buaya

lidah buaya

Gel lidah buaya bersifat menenangkan kulit, berkhasiat untuk mengobati luka bakar, luka gores dan perawatan kulit. Lidah buaya bisa melembabkan dan meremajakan kulit sehingga cocok untuk menghilangkan flek hitam. Mama bisa membeli produk kecantikan dengan kandungan lidah buaya atau mengambil langsung dari tumbuhan aslinya. Patahkan saja lidah buaya, ambil gel-nya dan oleskan langsung pada kulit tanpa harus dibilas.

Baca Juga : Pemutih Wajah Ternyata Berbeda Dengan Pencerah Wajah

4. Masker jus lemon

masker lemon

Lemon jus dapat memutihkan wajah secara alami, sehingga dapat menghilangkan flek hitam. Buat masker jus lemon dari campuran air mineral dan beberapa tetes perasan lemon, oleskan pada flek hitam dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas. Mama juga bisa menggunakannya sebelum tidur.

5. Microdermabrasion

microdermabrasion

Perawatan ini memakai teknik scrubbing menggunakan batu kristal yang bisa mengikis kulit mati secara lembut sehingga meninggalkan lapisan kulit yang baru.

6. Sinar laser

sinar laser

Sinar laser menggunakan sistem penembakan sinar cahaya yang dapat menghancurkan hiperpegmentasi. Melamin akan menyerap cahaya laser dan akan memecahkan flek hitam dari dalam, sehingga kulit akan membuat regenenasi sel baru. Perawatan laser ini cocok untuk flek hitam yang membandel, yang berada jauh di dalam kulit dan sulit dijangkau dengan perawatan biasa.

Semua perawatan di atas bisa Mama lakukan sesuai dengan kondisi flek hitam yang timbul di wajah. Sebaiknya selalu konsultasikan kulit wajah yang bermasalah dengan ahli kulit agar bisa ditentukan perawatan mana yang cocok untuk permasalahan kulit Mama, ya!

(KAT)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait