FASHION & BEAUTY
28 Desember 2019

6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Ini Patut untuk Dicoba!

Cukup tiga hari, jerawat di wajah langsung pergi. Cepat, kan?
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Bagi siapa pun, jerawat adalah masalah tak berkesudahan. Selain mengganggu estetika wajah, jerawat kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. Kalau sudah seperti ini, tim pembasmi jerawat cepat tanggap harus langsung bertindak.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan cepat? Moms, coba deh 6 langkah di bawah ini. Biasanya jerawat membaik dan menghilang dalam waktu tiga hari. Yuk, coba!

Baca Juga: Yuk, Kenali Jerawat Pada Bayi

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

1. Rajin Bersihkan Wajah

how-to-use-face-wipes.jpg

Foto: allure.com

Untuk bisa menghilangkan jerawat dengan cepat, Moms harus disiplin membersihkan wajah. Lakukan paling tidak dua kali sehari, yaitu pagi hari sebelum merias wajah dan malam hari sebelum tidur. Minyak, sisa makeup, dan kotoran yang menempel di wajah berpotensi menimbulkan jerawat apabila tidak dibersihkan dengan baik.

Jika Moms telanjur memiliki masalah jerawat, usahakan tidak melewatkan langkah satu ini. Moms bisa mencoba teknik double cleansing, dengan menggunakan micellar water atau cleansing oil untuk membersihkan makeup dan debu. Dan lanjutkan langkah kedua dengan membilas wajah menggunakan face wash yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk mengobati masalah jerawat.

Bersihkan wajah dengan gerakan memutar yang lembut untuk mencegah iritasi pada area jerawat.

2. Kompres dengan Es Batu

manfaat es batu untuk wajah - lingkaran hitam.jpg

Es batu bisa diandalkan untuk memberikan efek sejuk pada area yang tidak nyaman akibat jerawat. Ini karena suhu dingin es mampu meminimalisir peradangan pembuluh darah di kulit yang berjerawat. Alhasil, jerawat lebih cepat kempes dan akhirnya menghilang.

Namun, jangan langsung menempelkan es batu ke area kulit. Hal ini justru akan membuat kulit menjadi sensitif dan memerah. Sebaiknya, bungkus terlebih dahulu es batu menggunakan handuk tipis atau kain bersih sebelum dikompreskan ke area jerawat.

Baca Juga: Milk Blister: Jerawat Pada Puting yang Mengganggu Proses Menyusui

3. Gunakan Produk yang Mengandung Tea Tree

6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat 6 teatree plantshospital com.jpg

Tea tree telah lama digunakan sebagai bahan efektif untuk menghilangkan jerawat. Kandungan anti bakteri di dalamnya mampu meredakan iritasi karena jerawat. Jadi, kalau memungkinkan, pastikan kandungan tea tree ada dalam produk perawatan kulit yang Moms pilih. Entah itu dalam bentuk masker, losion, ataupun face wash. Selain itu, tea tree juga merupakan bahan alami yang minim dampak negatif bagi wajah.

4. Jaga Kelembapan Kulit dengan Aloe Vera Gel

Aloe-Vera-Gel.jpg

Sebagai salah satu most-on-demand-skincare saat ini, aloe vera gel memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kulit berjerawat. Tekstur gel-nya yang cepat menyerap di kulit, membuat aloe vera bisa diandalkan sebagai pelembap bagi kulit berjerawat tanpa menjadikannya berminyak. Moms bisa juga menggunakan aloe vera gel sebagai campuran toner untuk disemprotkan ke area wajah yang berjerawat. Sangat membantu untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

5. Gunakan Lemon Sebagai Masker Wajah

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dari Wajah 3 Lemon and Honey.jpg

Cara ampuh menghilangkan jerawat dengan cepat selanjutnya adalah menggunakan masker wajah berbahan lemon. Kandungan asam dalam lemon mampu mengurangi minyak dan kemerahan di wajah. Zat citric acid di dalamnya berperan sebagai agen yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga:Ini Penyebab Jerawat pada Pria

Nah, itulah cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Mudah, bukan?

(RYO/DIN)

Artikel Terkait