FASHION & BEAUTY
5 September 2017

6 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Beberapa bahan yang ampuh untuk membasmi ketombe ini mudah didapatkan
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Salah satu masalah kulit kepala yang sering membuat kita jadi kurang percaya diri adalah ketombe. Ketombe bisa disebabkan oleh jamur yang tumbuh akibat kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala. Ketombe sendiri merupakan kulit kering yang terkelupas atau kadar minyak berlebih yang menyebabkan kelembapan di kulit kepala. Bila Mama sudah berusaha menggunakan sampo anti ketombe namun belum berhasil, lihat cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami di bawah ini.

  1. Air Cuka

mengatasi ketombe 1

Campurkan 1/2 cangkir air hangat dan 1/2 cangkir cuka putih lalu oleskan ke rambut yang basah secara merata. Berikan pijatan ringan pada bagian kulit kepala yang berketombe. Diamkan selama beberapa menit dan bilaslah dengan air dingin sampai bersih. Cara ini bisa dilakukan satu atau dua minggu sekali tergantung seberapa parah kondisi ketombe.

  1. Minyak Zaitun

membasmi ketombe 2

Minyak yang satu ini bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia, bahkan untuk urusan ketombe. Caranyapun mudah, Mama hanya perlu memijat area-area yang berketombe, lalu membiarkannya selama 10 jam, tidak lebih. Karena itulah Mama bisa mengoleskan minyak zaitun sebelum tidur dan membilasnya di pagi hari.

  1. Minyak Kelapa dan Jus Lemon

membasmi ketombe 3

Lemon dipercaya memiliki kandungan antijamur yang bisa bantu menghilangkan jamur-jamur penyebab ketombe. Tuangkanlah campuran lemon dan minyak kelapa tersebut pada kulit kepala, khususnya yang berketombe, dan pijatlah sampai merata. Pijatan akan membantu kulit kepala menyerap campuran tersebut dengan baik. Pemakaian yang teratur dapat membantu mempercepat hilangnya ketombe.

  1. Lidah Buaya

membasmi ketombe 4

Ternyata lidah buaya tidak hanya berguna untuk menyuburkan rambut lho, tetapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Potonglah tumbuhan lidah buaya hingga mengeluarkan gel, kemudian gosokkan potongan tersebut langsung mengenai kulit kepala. Aroma sejuknya dapat membantu menenangkan sel-sel saraf di kulit kepala dan membasmi jamur penyebab ketombe, serta meluruhkan ketombe hingga mudah dibersihkan dengan sampo.

  1. Tea tree oil

Ingatlah bahwa kadar minyak berlebih juga dapat menyebabkan ketombe. Saat itulah Mama perlu bantuan tea tree oil untuk membasminya. Ambil 1 sendok makan tea tree oil dan campurkan dengan 1 cangkir air hangat, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Kocoklah hingga tercampur sempurna lalu semprotkan pada kulit kepala hingga mengenai semua bagian, khususnya yang ditumbuhi ketombe. Pemakaian yang teratur akan mempercepat hilangnya ketombe dari kulit kepala.

  1. Garam

membasmi ketombe 6

Garam memiliki kandungan asam yang sangat tinggi hingga dapat menyebabkan bakteri dan jamur mati, begitu juga jamur di kulit kepala yang menyebabkan ketombe. Penasaran? Cobalah ambil 3 sendok makan garam lalu taburkanlah di kulit kepala dan pijat-pijat ringan. Setelah selesai, segera cuci rambut menggunakan sampo seperti biasa.

Itulah cara-cara mengatasi ketombe dengan bahan alami yang mudah sekali didapatkan. Bahan-bahan di atas pada dasarnya membantu membunuh jamur penyebab bakteri, mengatasi kekeringan, dan mengurangi kelebihan minyak di kulit kepala. Apakah Mama puny acara lain? Yuk, share di kolom komentar.

Foto: shutterstock

<ARK>

Artikel Terkait