KESEHATAN
23 Maret 2018

6 Cara Menjaga Kualitas Air dalam Dispenser

Air minum yang tercemar bakteri dan mikroba dapat menyebabkan masalah perut seperti diare.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Siapa sih, yang tak mengenal perabot rumah yang satu ini? Dispenser memang sudah banyak digunakan di rumah-rumah sebagai wadah air untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Meskipun praktis, ternyata Moms juga harus berhati-hati menjaga kualitas air yang ada di dalamnya agar bakteri serta kuman tidak berkembang dan mengganggu kesehatan.

Banyak orang lupa pentingnya menjaga kualitas air di dalam dispenser dari bakteri dan kuman. Padahal, air minum yang tercemar bakteri dan mikroba dapat menyebabkan masalah perut seperti diare.

Untuk membantu Moms “melindungi” kualitas air yang ada di dalam dispenser, berikut adalah tips yang bisa diterapkan:

1. Pilihlah dispenser berkualitas

Dispenser berkualitas dengan bahan yang sudah terjamin mutunya mampu menjaga air secara maksimal. Hal ini perlu menjadi pertimbangan utama agar Moms dan keluarga tetap sehat. Jangan hanya membeli dispenser karena ada diskon atau dengan alasan “asal ada”.

2. Perhatikan tempat galon

shutterstock 115329439

Pastikan agar Moms menempatkan galon pada posisi yang tepat ketika memasangnya di dispenser. Jangan lupa juga untuk selalu meletakannya di tempat yang kering, bersih, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

3. Ganti air secara berkala

Air tidak boleh disimpan lebih dari 30 hari di dalam galon. Penyimpanan yang terlalu lama dapat menyebabkan bakteri berkembang dengan lebih cepat.

Baca Juga : Mengapa Kita Perlu Cukup Minum Air?

4. Bersihkan dispenser secara berkala

Pembersihan secara berkala dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang ada di dalam air. Moms bisa membersihkannya secara rutin dua minggu sekali dengan spons hingga ke sela-sela bagian dispenser.

5. Pastikan galon sudah steril setiap isi ulang

shutterstock 303955070

Streril atau tidaknya galon dapat diketahui dari kualitas produk yang Moms beli. Pastikan agar produk yang Moms pilih benar-benar steril pada setiap isi ulang. Produk dari perusahaan berkualitas dan terpercaya tentu harus menjadi prioritas utama.

6. Perhatikan kebiasaan

Agar air tidak tercemar dengan mikroba dan bakteri dari luar, pastikan Moms tidak menyentuh saluran air dengan tangan secara langsung. Selain itu, hindari kebiasaan menempelkan “bibir” wadah minum pada bagian kran atau saluran air dispenser.

Air minum yang terjaga kualitasnya merupakan sumber utama kesehatan bagi seluruh anggota keluarga di rumah. Dengan memerhatikan tips di atas, Moms akan semakin nyaman menikmati air minum dari dispenser setiap hari tanpa khawatir terancam bakteri atau mikroba yang berbahaya.

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait