FASHION & BEAUTY
27 Agustus 2017

6 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tetap Sehat

Apa yang harus dihindari?
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Apapun warna rambutnya, platinum blonde, brunette, merah, biru atau abu-abu silver, rambut berwarna memang butuh perhatian lebih. Sungguh disayangkan, jika warna rambut Mama yang memukau bertahan hanya dalam waktu seminggu dan kondisi rambut Mama menjadi rusak. Oh, No!

Untuk menjaga rambut yang diwarnai tetap awet dan sehat, Mama bisa melakukan beberapa cara merawat rambut yang diwarnai berikut ini.

Baca juga: Grey Hair Sedang Trend, Ini Tips agar Hasilnya Keren

Pilih Produk Rambut Khusus

Jangan asal pakai produk sampo dan kondisioner, Ma! Untuk rambut berwarna pilih produk yang memang dikhususkan untuk merawat rambut berwarna. Produk ini akan menjaga warna rambut sesuai dengan yang diinginkan. Jangan menggunakan produk mousse atau gel yang mengandung alkohol, karena akan membuat rambut menjadi kering. Hindari pula penggunaan sampo anti ketombe yang biasanya mengandung suatu zat yang membuat warna rambut cepat luntur.

Kotor Sedikit Tak Masalah

rambut diwarnai dry shampoo harpersbazaar
harpersbazaar.com

Kurangi frekuensi keramas. Penggunaan sampo yang berlebihan akan lebih cepat memudarkan cat rambut. Coba keramas dua hari sekali. Sebagai alternatif, Mama bisa menggunakan dry shampoo untuk menjaga kebersihan rambut tanpa keramas.

Jaga Kelembapannya

Proses pewarnaan rambut memiliki efek samping membuat rambut kering dan rapuh, untuk itu rambut berwarna harus selalu dijaga kelembapannya. Selalu gunakan kondisioner sehabis keramas, atau lakukan perawatan masker rambut seminggu sekali. Gunakan masker dari pangkal hingga ujung untuk rambut tebal, atau oleskan masker dari pertengahan rambut hingga ujung untuk rambut sedang dan tipis, diamkan selama 10 menit lalu bilas. Pakar tata rambut New York, Harry Josh, memberi sedikit tips untuk memakai shower cap saat rambut diberi masker, agar penyerapan masker lebih maksimal.

Shower Time!

Air adalah musuh utama rambut bewarna, cat rambut secara tak langsung akan luruh bersama air saat mandi atau keramas. Tapi Mama tak mungkin menghindari air, kan? Ada sedikit trik untuk mengurangi dampak air pada rambut berwarna, yaitu menjaga posisi rambut agar tetap kering ketika mandi. Jika ingin keramas, gunakanlah air yang dingin, karena air yang panas akan lebih cepat memudarkan cat rambut. Lalu, pasang filter pada kran air, ini dimaksudkan untuk menyaring mineral iron yang bisa merusak warna rambut.

Pakai SPF

Selain kulit, rambut merupakan bagian tubuh yang paling utama terpapar sinar ultraviolet yang berbahaya. Menurut Garren, ahli penata rambut Garren New York Salon, sinar ultraviolet bisa tembus hingga kutikula rambut dan mengikis warna rambut. Untuk itu carilah produk spray pelindung SPF untuk rambut, semprotkan pada rambut yang basah sebelum bepergian ke pantai.

Potong Ujungnya

rambut diwarna hair trimmig
shutterstock.com

Ujung rambut yang rusak alias mati tidak bisa mengeluarkan warna, untuk itu rajinlah trimming atau memotong ujung rambut yang rusak setiap 6-8 minggu sekali, sehingga rambut berwarna Mama akan terlihat sempurna dari pangkal hingga ujung rambut.

Rambut yang diwarnai memang bisa membuat penampilan Mama terlihat lebih stylish dan fresh. Namun jangan lupakan berbagai macam perawatannya juga ya, Ma.

<KAT>

Artikel Terkait