RUPA-RUPA
23 Juni 2019

6 Cara Seru Mengatur Apartemen Tipe Studio atau Rumah Mungil Anda

Bentuk mungil bukan lagi halangan untuk berkreasi
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jika saat ini Anda tinggal di apartemen tipe studio, maka kemungkinan besar Anda sudah terbiasa dengan tantangannya. Sedikit ruang untuk bergerak, banyak barang favorit untuk disimpan. Kabar baiknya adalah, semua masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan beberapa tips, trik, dan sedikit kreativitas.

Kreativitas sangat dibutuhkan agar Anda tetap dapat memiliki benda kesayangan, tanpa harus membuangnya karena memiliki ruang yang tidak memadai. Jadi, mulailah memilah barang Anda, sambil mempraktekkan beberapa tips mengatur apartemen tipe studio ini.

1. Memaksimalkan Cahaya

apartement studio

Foto: Freshome.com

Cahaya alami memiliki kemampuan untuk membuat ruang terasa lebih terbuka dan lapang, jadi maksimalkan ruang Anda sebanyak mungkin. Pilihan dinding dan dekorasi putih cerah yang dapat membuat ruangan studio Anda terasa luas. Sebaiknya juga, bersihkan jendela dan singkirkan barang-barang yang mungkin mengaburkan cahaya alami.

Baca Juga: Memilih Rumah Atau Apartemen?

2. Pilih ke Atas

apartement studio

Foto: Thespurce.com

Carilah langit-langit yang lebih tinggi dan buatlah tempat penyimpanan secara vertikal. Gantunglah barang-barang Anda dan posisikan dengan nyaman. Ini akan memaksimalkan dinding dan langit-langit ruangan dengan baik dan menjadi tempat penyimpanan tanpa takut memakan ruang, sekaligus tetap memungkinkan menjadi area kerja yang fungsional.

3. Gunakan Cermin

apartement studio

Foto: 5thfloorwalkup.com

Pasang cermin di dinding atau bersandar di lantai untuk memantulkan cahaya alami dan membuat ruangan kecil terasa lebih besar. Tetapi juga pertimbangkan saat memilih cermin. Pilih cermin dengan bentuk yang anti-mainstream yang tidak memerlukan banyak ruang, atau pilih bentuk yang dapat digantung.

Baca Juga: Cara Menerapkan Feng Shui Pada Apartemen Studio

4. Manfaatkan Partisi

apartement studio

Foto: Nonagon.style.com

Partisi adalah must have item bagi Anda pemilik rumah mungil atau apartemen tipe studio. Partisi dapat membuat ruangan yang kecil terlihat tidak sesak. Pilih partisi yang dapat disimpan dengan mudah, karena akan memberikan Anda fleksibilitas saat ada tamu dan pesta makan malam.

5. Manfaatkan Tempat Tidur Anda

apartement studio

Foto: Zippboxx.com

Tempat tidur Anda adalah perabot yang membutuhkan ruang paling banyak di apartemen studio, jadi manfaatkan dengan mengubahnya menjadi tempat penyimpanan. Jadi, Anda dapat membuat ruang penyimpanan di bawahnya, namun tetap memiliki kasur yang empuk di saat yang bersamaan.

Baca Juga: No Budget Apartment Decoration

6. Miliki Tempat Penyimpanan Tidak Terlihat

apartement studio

Foto: Effortlessrentalgroup.com

Untuk meminimalisir penggunaan lemari yang membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan barang Anda, berusahalah untuk menyamarkan ruang penyimpanan di dalam studio Anda. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan furnitur dobel yang terlihat seperti sesuatu yang lain.

Seperti meja kopi atau sandaran dengan penyimpanan tersembunyi di dalamnya, atau dengan mengecat atau membeli penyimpanan dengan warna yang sama seperti dinding, sehingga menyatu dengan suasana apartemen studio.

Menyenangkan saat melakukannya bukan? Akan lebih menyenangkan lagi saat Anda memilki apartemen studio impian yang tetap terlihat menarik namun sangat fungsional.

(FAR/IRN)

Artikel Terkait