KESEHATAN
3 September 2019

6 Cara Simpel untuk Mengatasi Susah Tidur

Moms susah tidur? Berikut beberapa cara untuk mengatasi susah tidur!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Susah tidur bisa menjadi masalah besar. Hal ini sangat memengaruhi kinerja dan aktivitas kita yang lain. Penyebabnya bisa beragam mulai dari stres, kebiasaan sebelum tidur dan berbagai faktor lainnya.

Bagaimana ya, cara kita mengatasi susah tidur? Apakah ada langkah-langkah spesial yang bisa dicoba?

Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan tidur malam hari yang berkualitas!

Baca juga : Balita Susah Tidur? Ini Cara Efektif Agar Anak Tidur Nyenyak

1. Mandi Air Panas

6 Cara Simpel untuk Mengatasi Susah Tidur1.jpg

“Mandi air panas dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan terasa nyaman. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender saat berendam, tubuh akan terasa lebih baik lagi dan tidur pun bisa menjadi nyenyak,” ucap Alanna McGinn, seorang konsultan tidur bersertifikat dan pendiri Good Night Sleep Site

2. Mematikan Peralatan Elektronik

Jika ingin tidur nyenyak, matikan televisi, computer, dan ponsel. Cahaya peralatan elektronik bisa masuk ke retina dan membingungkan otak. Membuatnya sulit membedakan siang hari atau malam hari. Ini bisa mendistorsi waktu tidur Anda.

Baca Juga : Susah Tidur? Kenali Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya!

3. Mengatur Alarm

Buatlah penanda waktu tidur. Pasang alarm jika sudah waktunya tidur. Ini sangat membantu untuk mengatur kembali jadwal tidur. “Ini bisa dilakukan dengan mudah. Syaratnya harus konsisten, jika waktu tidur sudah kembali normal, Anda tidak perlu lagi melakukan hal ini,” ucap Alanna.

4. Hindari Kopi

Jangan minum kopi atau minuman apapun yang mengandung kafein di dalamnya. Jika ingin minum sesuatu yang hangat sebelum tidur, lebih baik minum air putih hangat atau susu hangat. Ini akan membantu mengatasi sulit tidur Anda

5. Jangan Makan Malam yang Berat

6 Cara Simpel untuk Mengatasi Susah Tidur2.jpg

Hindari makan malam yang berat di malam hari seperti nasi, roti, mie instan dan sebagainya, karena itu dapat mempengaruhi pola tidur, selain itu makan malam berat juga tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Susah Tidur? Ini 7 Makanan untuk Bikin Tidur Lebih Nyenyak

6. Konsumsi Teh Chamomile

Cobalah menghirup teh chamomile saat merasa sulit untuk tidur. Teh ini sangat bermanfaat, karena dapat melemaskan saraf dan bertindak sebagai obat penenang ringan.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait