6 Hal Yang Haram Dilakukan saat Mengetahui Pasangan Selingkuh

Jangan sampai salah langkah ya Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pasangan selingkuh adalah salah satu yang menjadi mimpi buruk dalam sebuah hubungan asmara. Tidak ada yang ingin pernikahannya kandas karena perselingkuhan.

Namun, setiap orang berpotensi untuk selingkuh dan tidak dapat dipungkiri Moms juga bisa saja mengalami berselingkuh dan diselingkuhi.

Jika itu terjadi pada Moms, maka Moms harus benar-benar bisa memutuskan apakah akan memaafkan pasangan atau tidak. Selain itu, ada hal-hal yang harus anda jaga agar tidak menjadikan situasi semakin buruk.

Berikut hal-hal yang Moms perlu Moms ketahui ketika mengetahui pasangan selingkuh supaya masalah bisa selesai dengan baik, sebagaimana yang disampaikan oleh ahli hubungan dan penulis buku The Relationship Formula Workbook Series and Having Sex Jill P. Weber Ph.D pada psychologytoday.com.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Setelah Tahu Suami Berselingkuh?

1. Jangan Panik

pasangan selingkuh

Ketika mendengar pasangan selingkuh, selain marah, kecewa, kita biasanya akan merasa panik. Berbagai macam pikiran terlintas dalam pikiran.

Kalau mengikuti nafsu amarah, memang hasrat untuk konfrontasi dengan si orang ketiga atau mengusir pasangan dari rumah bakal meledak.

Eits, jangan dulu, ya Moms! Tenangkan diri, ambil nafas panjang, karena tidak seorang pun bisa membuat keputusan yang baik dan benar dalam situasi yang sedang marah dan panik. Moms bisa membuat keputusan yang akan disesali seumur hidup!

2. Tetap Sayangi Diri Sendiri

Memang benar, dikhianati pasangan itu menyakitkan. Cukuplah pengkhianatan menyakiti Moms. Moms jangan menambah penderitaan dengan tidak menyayangi diri sendiri.

Perlakukanlah diri anda seolah-olah sedang sakit. Pengkhianatan memang membuat Moms sulit tidur maka Moms harus berusaha untuk beristirahat.

Belilah makanan yang sehat. Hiburlah diri Moms dengan melakukan hal-hal yang Moms sukai misalnya berolahraga, ke salon, atau berkumpul dengan teman-teman.

3. Jangan Biarkan Dunia Tahu Masalah Moms

pasangan selingkuh

Setelah mengetahui pasangan selingkuh, Moms biasanya ingin menceritakan kepada dunia, betapa “para pengkhianat” itu sudah menyakiti diri Moms.

Beberapa orang biasanya akan mendukung dan ikut menyerang pasangan Moms. Tapi sebaiknya jangan lakukan hal itu. Karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi setelah itu, bisa jadi Moms berbaikan dengan pasangan dan hubungan Moms semakin kuat satu sama lain.

Namun jika sudah terlanjur menyebarkan aib pasangan hingga seluruh dunia tahu, tentu akan menyulitkan kondisi rekonsiliasi Moms dan pasangan.

Duh, enggak banget kan ya? Jadi, lebih baik, pilihlah beberapa orang teman terdekat yang bisa dipercaya untuk menceritakan keluh kesah sampai Moms bisa memutuskan apa selanjutnya yang ingin dilakukan.

Baca Juga: Tak Ingin Pasangan Selingkuh? Coba Jaga Beberapa Hal Ini

4. Jangan Buru-Buru ke Pengadilan

Setelah mengetahui pasangan selingkuh, sebaiknya Moms tidak buru-buru ke pengadilan untuk mengurus perceraian. Tapi pada kenyataannya, perceraian tidak bisa membuat perasaan lebih baik. Sebaliknya, situasi bisa jadi jauh lebih rumit.

5. Jangan Kepo

Menahan rasa untuk tidak stalking atau mencari tahu seperti apa orang yang selingkuh dengan pasangan tentu susah. Apalagi di era media sosial saat segala informasi sangat mudah didapat.

Tetapi Moms tidak perlu menambah beban pikiran anda dengan mencari tahu orang ketiga dalam hubungan Moms karena fotonya akan terus menghantui pikiran.

Itu membuat anda jauh lebih buruk. Masalahnya bukan pada orang ketiga lho melainkan pada pasangan Moms yang tidak jujur!

Baca Juga: Mudah Dikenali, Seperti Ini 4 Ciri Pria yang Suka Selingkuh

6. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

pasangan selingkuh

Pasangan mungkin akan menyalahkan Moms sebagai penyebab perilakunya yang buruk. Pasti ada saja kekurangan Moms yang dijadikan alasan. Cobalah untuk mengingat, ini bukan salah Moms, itu pilihan mereka untuk selingkuh.

“Sudah menjadi sifat alami bagi manusia untuk menyalahkan orang lain atas hal-hal yang mereka lakukan yang membuat mereka malu,” jelas Nicole Martinez, professional konselor berlisensi menyampaikan kepada thecheatsheet.com.

Mereka sering secara naluriah berpikir untuk menyalahkan tindakan mereka pada orang lain, yang membantu mereka melawan kenyataan bahwa mereka seburuk yang mereka rasakan saat ini.

Nah, itulah hal-hal yang jangan Moms lakukan saat mengetahui pasangan selingkuh. Tenangkan diri dulu sebelum mengambil keputusan.

(MM)

Artikel Terkait