FASHION & BEAUTY
23 Januari 2017

6 Ide Pernikahan Bertema Rustic Wedding

Persiapkan konsep pernikahan Anda dengan penuh totalitas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Hari pernikahan merupakan hari besar bagi semua orang. Bagi kaum wanita, hari pernikahan adalah hari mewujudkan impian. Anda bisa menyusun tema pernikahan yang selama ini diimpikan. Kalau sedang mencari ide pernikahan, mungkin tema pernikahan rustic wedding bisa menjadi salah satu opsi tema unik yang bisa Anda wujudkan.

Rustic wedding memang baru mulai popular di Indonesia. Sesuai dengan namanya rustic, atau pedesaan. Rustic wedding lebih mengedepankan sisi sederhana, menyatu dengan alam tapi tidak menghilangkan sisi elegan dan kemewahan di dalamnya. Apa saja yang perlu persiapkan untuk mewujudkan tema pernikahan rustic wedding? Berikut beberapa inspirasi yang bisa dicontoh.

Undangan

Tema rustic wedding memang identik dengan kesederhanaan. Pemilihan detail undangan rasanya wajib untuk diperhatikan. Penggunaan variasi bunga-bunga atau tumbuh-tumbuhan dengan font klasik dilengkapi dengan simpul pita manis sepertinya oke juga. Sentuhan vintage akan lebih nyata dengan pemilihan warna-warna pastel yang lembut dan manis.

Baju Pengantin

Setiap pengantin wanita tentu ingin menjadi sorotaan banyak pasang mata yang datang. Untuk urusan yang satu ini, pasti Anda merencanakannya dengan sangat matang. Baju pengantin untuk rustic wedding sebenarnya tergantung selera setiap orang. Namun ada baiknya, jika menggunakan gaun dengan potongan sederhana dan tidak terlalu banyak layer. Medium dress akan membuat Anda terkesan tidak terlalu formal, pemilihan detail yang pas akan membuat Anda tampil elegan. Untuk pengantin pria, jangan terlalu terpaku dengan jas hitam saja, warna putih atau warna pastel bisa menjadi opsi yang perlu dipertimbangkan.

Lokasi

Konsep pernikahan rustic wedding idealnya memang outdoor, dengan pemandangan taman atau hutan pinus yang bisa dijadikan venue pernikahan. Tapi jika tidak memungkinkan karena kondisi cuaca yang tidak menentu, Anda bisa memilih gedung pernikahan sebagai alternatifnya. Jika diadakan di dalam gedung, tentu perlu sentuhan khusus agar tema rustic wedding tetap kental terasa.

Dekorasi

Bangun suasana pedesaan yang sederhana dan hangat dengan dekorasi pernikahan yang pas dan dengan detail sempurna yang tidak berlebihan. Konsep rustic wedding biasanya dominan dengan unsur kayu, warna coklat atau keemasan, bisa juga dipermanis dengan sentuhan unsur alam seperti tumbuhan alang-alang, aneka macam bunga, bahkan akar-akar pohon sintetis.

Untuk menambah kesan hangat dan gemerlap Anda bisa menambahkan lampu-lampu kecil serta menggantung lentera di beberapa sudut venue. Kursi untuk para tamu juga harus menjadi detail yang diperhatikan, tidak perlu banyak sentuhan, dengan menyematkan renda-renda atau simpul pita di belakang kursi pun rasanya cukup.

Bridesmaids and Groomsmen

Hari bahagia belum lengkap rasanya jika belum dirayakan dengan orang-orang terdekat seperti sahabat. Yap! Menghadirkan bridesmaids dan groomsmen sebagai pendamping pengantin rasanya sudah mulai membudaya di Indonesia. Biasanya mereka akan diberikan seragam atau pakaian senada agar terlihat kesan kebersamaan yang kental. Untuk bridesmaids, jangan lupa gunakan aksesoris pendukung seperti flowers crown, atau rangkaian bunga tangan yang sederhana.

Souvenir

Menghadiri acara pernikahan rasanya kurang berkesan kalau souvenirnya biasa-biasa saja. Pernikahan dengan tema unik, souvenirnya pun harus unik, dong. Lengkapi tema rustic wedding Anda dengan souvenir yang menarik dan juga bermanfaat. Contoh souvenir yang bisa menjadi inspirasi seperti sekantung benih bunga, setoples cookies, kaktus mini atau lilin aromatherapy.

Nah! Sudah banyak kan inspirasi yang bisa Anda terapkan untuk Anda yang sedang merencanakan konsep pernikahan dengan tema yang unik. Jadi Anda lebih suka tema rustic wedding outdoor atau indoor?

(LMF)

Artikel Terkait