RUPA-RUPA
30 Juni 2019

6 Jajanan Es Zaman SD Dulu yang Sering Buat Kita Dimarahi Orang Tua

Siapa yang kangen sama es mony?
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Orami

Bagi Moms yang lahir tahun 90-an pasti punya banyak kerinduan akan makanan dan minuman SD legendaris, termasuk salah satunya adalah jajanan es SD. Kala itu kita mempunyai banyak cerita saat akan menikmati jajanan es SD ini seperti selalu dilarang orang tua karena takut kita batuk dan sakit.

Kalau Moms rindu masa-masa dulu sekolah menikmati jajanan es SD ini, yuk kita bahas satu per satu:

1. Es Mambo

jajanan es sd

Foto: resepkoki.id

Siapa sih yang nggak kenal sama jajanan es SD yang satu ini. Nggak mungkin juga Moms nggak menyukai es yang sering disebut dengan es mambo atau es lilin ini. Masa-masa kecil dulu, es ini menjadi primadona dan paling favorit karena mudah didapatkan dan yang terpenting adalah harganya murah.

Paling sering ditemui adalah es mambo yang terbuat dari teh manis. Tetapi ada juga jenis es mambo yang lain seperti es mambo kacang hijau, es mambo buah, es mambo cokelat, es mambo ketan hitam, sampai es mambo rujak. Duh, pengen lagi ya Moms.

Baca Juga: Cari Tahu Porsi Es Krim yang Tepat Untuk Anak

2. Es Potong

jajanan es sd

Foto: Keepo.me

Saat pulang sekolah dulu, seringkali langkah kita dibuat berhenti oleh penjual es potong yang berjualan di depan sekolah. Es potong atau es lilin ini juga menjadi salah satu jajanan es SD favorit kala itu, bahkan mungkin sampai sekarang.

Harganya yang murah dengan berbagai macam pilihan rasa mulai dari cokelat, kacang hijau, ketan hitam, membuat siapa pun anak-anak pasti tergiur untuk membelinya. Apalagi nih, es potong ini penyajiannya juga dicelupkan ke dalam saus cokelat. Nyess...

3. Es Gabus

jajanan es sd

Foto: Instazu.com

Jajanan es SD yang satu ini juga menjadi favorit lho karena biasanya dijual di depan sekolah dan langsung diserbu murid-murid ketika jam istirahat atau pulang sekolah. Namanya es gabus, inget Moms?

Es ini biasanya dijual dengan tampilan berwarna-warni agar semakin menarik untuk dibeli. Bahannya terbuat dari tepung hunkwe dengan rasa manis dan dingin yang menyegarkan.

Baca Juga: Apa Es Krim yang Cocok Berdasarkan Zodiak Masing-Masing?

4. Es Gosrok

jajanan es sd

Foto: inovasee.com

Biasanya sih penjual es ini juga berhenti di depan sekolah, tetapi nggak jarang sering memutari komplek di siang hari untuk mencari pembeli. Es gosrok atau es serut juga menjadi kenangan manis saat kita sekolah dulu ya Moms.

Warna es-nya sangat ngejreng dan seringkali kita dilarang orang tua membelinya karena bisa membuat batuk atau sakit tenggorokan. Terbuat dari balok es yang diserut, kemudian dicetak, diberi stick kayu, dan dituang sirup berbagai rasa dan berbagai warna.

5. Es Mony

jajanan es sd

Foto: Bukalapak.com

Jajanan es SD yang satu ini biasanya dijual di warung-warung dekat rumah. Dulu, kita makan es mony ini nggak sering, karena harganya lebih mahal dari jajanan es SD lainnya. Tetapi ketika kita dibelikan orang tua, senangnya bukan main. Ada rasa anggur, jeruk, dan stroberi.

Baca Juga: 5 Rasa Es Krim Teraneh di Dunia, Berani Coba?

6. Es Bon-Bon

jajanan es sd

Foto: doyanresep.com

Masih termasuk es yang dijual di warung dekat rumah, es bon-bon ini juga menjadi salah satu jajanan es SD yang pastinya pernah kita coba. Bentuknya seperti stick, di mana kita bisa mematahkannya ketika es ini beku.

Wah, banyak ya Moms jenis jajanan es SD yang bikin kita nostalgia. Ada yang menjadi favorit Moms? Atau sekarang Moms masih sering membelinya? Hehe…

(IRN)

Artikel Terkait