RUPA-RUPA
16 Juli 2019

6 Jenis Buah yang Cocok Dicampur ke Masakan Asin

Buah bisa menambahkan rasa asam manis yang enak lho
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bicara tentang buah, pikiran kita akan tertuju pada buah yang sudah masak dan memiliki rasa manis. Karena itu, buah jadi identik dengan dessert.

Padahal, beberapa macam buah juga bisa diolah sebagai makanan asin, terutama buah yang rasanya masam atau belum matang.

Buah bisa dipotong-potong saja sebelum dikombinasikan dengan hidangan gurih. Tapi, membakar buah dapat melembutkan rasa kecutnya dan memperkuat rasa manisnya.

Menggunakan buah dalam masakan membuat lidah bisa merasakan sensasi pahit, asam, asin, dan manis sekaligus. Rasa manisnya pun berbeda dengan gula karena lebih segar dan juicy.

Buah seringkali cocok dengan olahan daging hewan, terutama yang dibakar. Rasa manisnya membuat hidangan bakar yang dirasa kering jadi lebih lezat. Buah juga enak dijadikan salad dan sambal.

Ini contoh-contoh hidangan gurih berbahan buah yang bisa Moms buat:

1. Avokad

makanan asin

Foto: tesco.com

Jika di Indonesia avokad cenderung dilihat sebagai buah untuk dessert, berbeda dengan di beberapa negara lain. Khususnya di negara-negara berbahasa Spanyol, avokad dilumatkan dan dicampur dengan beberapa bahan gurih menjadi semacam pasta untuk cocolan keripik tortilla yang disebut guacamole.

Di negara-negara Barat, avokad disantap di dalam sandwich atau menjadi olesan roti tawar, serta dipotong-potong dan dicampurkan ke salad sayur. Avokad juga biasa ditambahkan ke sushi, terutama California roll.

Kalau dipikir-pikir, avokad memang rasanya gurih, sih, Moms. Jadi, wajar jika diolah menjadi hidangan yang gurih juga.

Baca Juga: 3 Resep Jus Buah dan Sayur yang Mudah dan Enak

2. Jeruk

makanan asin

Foto: simplyrecipes.com

Jeruk ada banyak macamnya. Jeruk yang sering dipakai untuk makanan gurih adalah jeruk nipis, lemon, jeruk sambal atau jeruk limau, jeruk purut, dan jeruk cui/kunci/sonkit.

Jeruk manis seperti jeruk peras, jeruk Mandarin, atau sunkist lebih sering dimakan begitu saja atau dijadikan minuman. Padahal, jeruk seperti ini enak juga dicampur ke masakan. Rasa kecut jeruk akan berkurang setelah dimasak.

Salah satu jenis hidangan gurih yang terkenal menggunakan jeruk adalah orange chicken atau ayam saus jeruk. Moms juga mencoba memadukannya dengan daging dan pasta.

3. Kismis

makanan asin

Foto: ytimg.com

Anggur kering ini menambahkan rasa manis yang unik saat tergigit di tengah “lautan” nasi kabsa dan nasi mandhi yang gurih.

Baca Juga: Avokad, Buah dengan Berjuta Manfaat

4. Mangga

makanan asin

Foto: medium.com

Jika mangga matang enak dimakan begitu saja atau dijadikan dessert karena rasanya manis dan teksturnya lembut, mangga muda yang asam dan masih renyah enak diolah menjadi hidangan gurih.

Moms pasti pernah merasakan kenikmatan sambal mangga yang dipadukan dengan ikan bakar. Asam pedas, sungguh menggugah selera!

Di Banjar juga ada pelengkap makanan bernama cacapan (cocolan) mangga muda. Moms tinggal mengiris mangga muda, bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit, lalu mencampurkannya dengan garam dan menyiram semuanya dengan air panas. Paling cocok disantap bersama ikan asin, Moms!

5. Nanas

makanan asin

Foto: nbcnews.com

Asam manis tropis ala nanas bisa jadi penawar hidangan yang sangat pedas. Beberapa potong nanas dalam masakan bisa melembutkan bumbu dan menyeimbangkan rasa. Kelezatannya sudah terbukti dalam Hawaiian pizza dan lempah kuning khas Bangka.

Baca Juga: 8 Buah Ini Ternyata Dapat Meredakan Sakit Batuk

6. Pisang

makanan asin

Foto: masakapaya.com

Pisang matang yang manis dan lembek memang enak dimakan sebagai buah atau dibuat menjadi bolu pisang. Tapi, bukan berarti pisang yang belum matang yang rasanya cenderung hambar tidak laku, Moms.

Di kuliner Melayu seperti di Sumatera Barat dan Bengkulu, pisang muda diolah menjadi gulai. Beda lagi dengan di Manado. Di sini, pisang yang belum masak digoreng lalu dinikmati bersama cocolan sambal ikan roa.

Masih ragu menggunakan buah untuk makanan asin? Perlakukan sebagai sayur saja, Moms. Selamat mencoba!

Artikel Terkait