BAYI
8 Oktober 2019

6 Jenis Mainan yang Cocok untuk Bayi Usia 7 Bulan

Ajak Si Kecil bermain dengan mainan kesukaannya yuk Moms!
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Meski Si Kecil masih kecil atau bayi, tetap sudah bisa diajak untuk bermain lho Moms. kita bisa mengajaknya bermain mainan-mainan sederhana atau mainan yang juga berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Untuk bayi usia 7 bulan yang umumnya sudah mulai bejalar menggerakan beberapa bagian tubuhnya seperti merangkak, atau mencoba untuk berdiri, ada baiknya Moms membelikan Si Kecil mainan yang dapat membantu perkembangan motorik anak ini.

Baca Juga: 5 Permainan yang Bisa Membantu Bayi Belajar Merangkak

Buah hati kita juga sudah harus mulai diajarkan mengenai cara memencet atau menekan tombol untuk melatih jari-jarinya yang kecil untuk bergerak dengan aktif. Mainan seperti apa yang bisa Moms belikan? Berikut rekomendasinya.

1. Rattle atau Soft Teether (Rp20.000)

mainan bayi usia 7 bulan

Rattle berguna untuk menstimulasi perkembangan dan penglihatan bayi. Mainan ini sangat direkomendasikan untuk tumbuh kembang bayi kita melaui bunyi-bunyian yang pasti akan menarik perhatian bayi.

Selain itu, mainan ini juga biasanya terdiri dari berbagai macam warna yang baik untuk mengasah mata Si Kecil. Mainan ini bagus untuk mengajarkan bayi konsep sebab akibat, akan berbunyi jika digoyangkan.

Mainan ini terdiri dari berbagai macam bentuk dan tekstur. Pilihlah mainan yang paling mudah untuk digenggam dan dimainkan oleh anak. Pilih juga yang bisa dibersihkan ya Moms.

Baca Juga: 5 Mainan Edukatif untuk Perkembangan Bayi di Bawah 1 Tahun

2. Buku Bergambar (Rp30.000)

mainan bayi usia 7 bulan

Buku adalah jendela dunia. Namun buku untuk bayi tentunya berbeda dengan buku untuk orang dewasa. Buku untuk bayi biasanya berisi banyak gambar-gambar dan ada juga yang bertekstur.

Bahannya juga lembut dan biasanya terbuat dari kain agar tidak mudah robek saat dimainkan oleh anak. Terkadang buku-buku ini juga dilengkapi dengan kata-kata untuk melatih kosakata Si Kecil.

3. Ring Stack atau Cincin Susu

mainan bayi usia 7 bulan

Mainan ring stack ini biasanya terdiri dari berbagai macam bentuk dan warna-warni cerah. Jika bayi sudah bisa mulai duduk, ring stack adalah mainan yang cocok karena dapat melatih motorik halus anak.

Mainan ini juga terdiri dari ukuran yang berbeda-beda untuk dapat melatih dan imajinasi dan kreatifitas anak. Selain itu juga melatih anak mengenal warna dan melatih kesabaran serta ketekunan buah hati kita.

Baca Juga: 4 Jenis Permainan untuk Mengasah Kemampuan Motorik Balita

4. Playmat (Rp298.000)

mainan bayi usia 7 bulan

Playmat merupakan mainan semacam alas berwarna-warni yang berguna untuk memancing sensor motorik anak. Tidak hanya berupa alas, namun dilengkapi juga dengan berbagai musik untuk kognitif bayi.

Selain itu juga bisa membantu Si Kecil meningkatkan kemampuan ototnya. Mainan ini memang cocok dimainkan oleh bayi yang berusia 7 bulan.

5. Mainan Bola-Bola

mainan bayi usia 7 bulan

Seperti yang sudah diinformasikan, bayi yang berusia 7 bulan, cenderung sudah bisa merangkak dan duduk. Selain itu, mereka juga belajar bagaimana caranya untuk berdiri. Membantu kemampuan anak ini, Moms bisa membelikannya mainan bola-bola.

Jadi kan bola ini untuk bermain lempar bola dengan anak. Dengan permainan ini, Moms bisa melatih kemampuan Si Kecil untuk duduk dengan stabil, lalu memperkuat otot tangannya, serta melatih kemampuan interaksi sosialnya.

6. Alat Musik Keyboard (Rp62.000)

mainan bayi usia 7 bulan

Mainan berupa piano juga bisa Moms jadikan sebagai ide mainan untuk bayi usia 7 bulan. Dengan memberikan Si Kecil mainan berupa piano, sekaligus melatih kekuatan jari-jari anak untuk menekan tuts pada piano. Mainan ini juga akan mengeluarkan musik dan suara yang baik untuk membantu tumbuh kembang Si Kecil.

Itu dia Moms beberapa rekomendasi mainan 7 bulan yang bisa dibelikan untuk anak.

Artikel Terkait