BALITA DAN ANAK
1 September 2020

6 Khasiat Buah Avokad untuk Pertumbuhan Anak

Avokad ternyata sangat berkhasiat untuk tumbuh kembang anak, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sebagai orang tua, Moms pasti menginginkan Si Kecil tumbuh sehat dan cerdas. Untuk itu, Moms perlu memberikannya buah-buahan yang bergizi tinggi, seperti avokad.

Buah avokad mengandung omega 3 yang sangat berperan penting untuk mendukung perkembangan otak Si Kecil.

Khasiat Avokad untuk Pertumbuhan Anak

Dilansir dari International Journal of Food Science and Nutrition, avokad merupakan buah dengan nilai gizi yang tinggi. Buah avokad mengandung protein, serat, vitamin A, B, C, dan E, juga dilengkapi dengan sumber kalium dan fosfor yang baik untuk pencegahan penyakit jantung.

Di antara jenis buah-buahan, avokad adalah salah satu buah yang dinilai paling bergizi. Berikut adalah 7 khasiat avokad untuk pertumbuhan anak yang harus Moms simak.

1. Sumber Vitamin Essential

khasiat avokad untuk pertumbuhan anak 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Avokad merupakan sumber vitamin essential yang baik bagi Si Kecil. Misalnya saja kandungan vitamin A yang untuk menjaga kesehatan mata, menguatkan sistem imun, dan menjaga kesehatan tulang.

Lalu ada pula kandungan vitamin E yang berfungsi menurunkan penyakit Alzheimer, menjaga keseimbangan hormon, dan antioksidan.

Selain vitamin A dan E, avokad juga memiliki kandungan vitamin C, K, dan B6 yang sangat berguna untuk meningkatkan perkembangan Si Kecil secara menyeluruh.

Baca Juga: Seberapa Penting Pemberian Vitamin Pada Balita?

2. Membantu Penyerapan Nutrisi

Moms Wajib Tahu! Sederet Manfaat Buah Avokad Untuk Balita 5.jpg

Foto: Hungryforever.com

Mengutip artikel yang dimuat pada laman The Ohio State University, mengonsumsi avokad bersama wortel, tomat, serta buah dan sayuran berwarna kuning, merah, atau jingga, dapat meningkatkan penyerapan serta pengolahan vitamin A.

Kandungan lemak baik dalam avokad juga dikatakan mampu meningkatkan penyerapan nutrisi larut lemak lain, seperti vitamin D, E, dan K.

Moms belum terlambat, memberikan berbagai khasiat avokad untuk pertumbuhan anak di atas. Jangan lupa dibarengi dengan pola makan serta gaya hidup yang sehat supaya tumbuh kembang Si Kecil juga semakin optimal.

3. Memastikan Kesehatan Tulang dan Hemoglobin

khasiat avokad untuk pertumbuhan anak 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Khasiat avokad untuk pertumbuhan anak selanjutnya ialah untuk memastikan kesehatan tulang dan hemoglobinnya. Selain sumber vitamin, avokad juga merupakan sumber berbagai mineral bagi Si Kecil.

Kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, zat besi, dan fosfor berguna untuk mengembangkan tulang anak yang kuat. Sementara zat besi memastikan jumlah hemoglobin yang baik dan mencegah risiko anemia.

4. Mendukung Tumbuh Kembang Otak

Moms Wajib Tahu! Sederet Manfaat Buah Avokad Untuk Balita 2.jpg

Foto: Freepik.com

Menurut studi yang dilansir National Institutes of Health, polyunsaturated fat atau lemak tak jenuh ganda juga mempunyai peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dan balita.

Avokad merupakan salah satu buah yang mengandung asam lemak omega 3 dan lemak tak jenuh ganda sekaligus, sehingga rutin memberikan buah avokad akan membantu mendukung tumbuh kembang otak anak yang optimal.

5. Persediaan Lemak Tak Jenuh

khasiat avokad untuk pertumbuhan anak 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Moms, ternyata avokad bukan hanya mengandung vitamin dan mineral saja, lho. Namun, avokad juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik untuk Si Kecil. Khasiat dari lemak tak jenuh adalah memastikan fungsi otak Si Kecil berjalan dengan baik.

Selain itu, kandungan lemak tak jenuh ini bisa mengontrol jumlah lemer45rak jenuh dalam tubuh Si Kecil sehingga Moms tak perlu khawatir anak akan terserang kolesterol.

6. Melindungi Kesehatan Jantung

Moms Wajib Tahu! Sederet Manfaat Buah Avokad Untuk Balita 1.jpg

Foto: Savvymom.ca

Sekitar 77% kalori dalam buah avokad berasal dari lemak tak jenuh. Di dalamnya juga terkandung banyak asam oleik, sejenis lemak tak jenuh tunggal yang sudah terbukti dapat melindungi jantung dan mencegah penyakit diabetes serta berbagai jenis kanker.

Berbagai hasil studi ilmiah, termasuk yang dilakukan National Institute of Cardiology Ignacio Chavez, juga menunjukkan kalau konsumsi buah avokad bisa mengurangi kadar trigliserida, menurunkan LDL atau kolesterol “jahat,” serta meningkatkan HDL atau kolesterol “baik.”

Baca Juga: Avokad, Buah dengan Berjuta Manfaat

7. Mencegah Infeksi

khasiat avokad untuk pertumbuhan anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Khasiat avokad untuk pertumbuhan anak berikutnya ialah sebagai buah yang dapat mencegah infeksi dalam tubuh.

Berbagai penelitian mengungkap bahwa avokad memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Sifat-sifat inilah yang berfungsi melindungi Si Kecil dari infeksi dan berbagai macam penyakit yang berasal dari bakteri dan mikroba, seperti tipes, diare, kolera, disentri, dan lain-lain.

8. Melindungi Kesehatan Mata

Moms Wajib Tahu! Sederet Manfaat Buah Avokad Untuk Balita 3.jpg

Foto: Thebump.com

Khasiat avokad untuk pertumbuhan anak juga datang dari kandungan lutein dan zeaxanthin di dalamnya. Selain berfungsi sebagai antioksidan untuk memerangi radikal bebas, kedua jenis karotenoid tersebut juga berperan penting dalam kesehatan serta fungsi mata.

Dengan rutin mengonsumsi buah avokad, Si Kecil juga akan semakin terlindung dari berbagai masalah pada mata dan penglihatan hingga dia tua nanti.

9. Melancarkan Pencernaan

khasiat avokad untuk pertumbuhan anak 5.jpeg

Foto: Unsplash.com

Avokad kaya akan mineral, lemak, dan vitamin yang dapat membantu melancarkan pencernaan Si Kecil. Nutrisi dari avokad juga efektif mengatur dinding lambung yang mudah asam dan menjaga tingkat keasamannya tetap terjaga.

Buah avokad sangat cocok diberikan bagi anak-anak yang punya penyakit asam lambung, Moms.

Baca Juga: 7 Camilan yang Mengandung Probiotik, Baik untuk Pencernaan Anak

10. Melindungi Hati

khasiat avokad untuk pertumbuhan anak 6.jpg

Foto: Freepik.com

Khawatir Si Kecil terkena penyakit berbahaya seperti penyakit kuning, hepatitis C, hepatitis B, atau siriois hati? Jangan takut, Moms. Avokad juga ternyata dipercaya dapat melindungi hati dan mencegah kerusakan di dalamnya.

11. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Moms Wajib Tahu! Sederet Manfaat Buah Avokad Untuk Balita 4.jpg

Foto: Freepik.com

Buah avokad memang tidak bisa menurunkan berat badan yang berlebih, namun kandungan serat yang cukup tinggi dalam avokad dapat membuat balita merasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, Si Kecil jadi tidak sering ngemil serta asupan kalorinya bisa tetap terjaga.

Di sisi lain, kandungan kalori dan lemak sehat yang tinggi di dalam buah avokad juga dapat membantu balita underweight mencapai berat badan ideal lho, Moms.

Bagaimana, Moms? Ada banyak sekali ya, khasiat avokad untuk pertumbuhan anak. Rutin konsumsi buah avokad sehari satu buah untuk memberi manfaat yang optimal. Selain dibuat menjadi jus, Moms juga dapat menyajikan buah avokad menjadi berbagai camilan enak seperti puding, isian roti, atau salad.

Artikel Terkait