JALAN-JALAN
14 Juli 2019

Tak Hanya Asinan, Berikut 6 Kuliner Khas Bogor yang Patut Dicoba!

Kuliner Bogor tak hanya asinan lho, Moms!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Nampaknya banyak orang yang mengatakan asinan Bogor sebagai kuliner populer di Bogor. Namun, ada makanan khas Bogor lain yang patut dicoba lho, Moms.

Tak hanya hidangan asin, Bogor memiliki kuliner dengan cita rasa yang beragam dan tentu saja lezat. Apalagi, untuk berkunjung ke sana pun juga mudah, Moms bisa menggunakan angkutan umum seperti KRL.

Karenanya, bila merencanakan pergi ke Bogor untuk berakhir pekan bersama keluarga, berikut 6 rekomendasi kuliner khas Bogor yang bisa dicicipi.

1. Laksa Bogor

kuliner bogor-laksa bogor.jpg

Foto: instagram.com/joanneyeohdiary

Laksa Bogor menjadi masakan yang juga dikenal sebagai kuliner khas Bogor. Laksa Bogor kerap dihidangkan di acara syukuran, pesta, atau acara kebudayaan.

Sekilas tampak seperti soto, dengan isian ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, tahu kuning, dan telur rebus. Laksa Bogor menggunakan banyak rempah-rempah, dan juga kuah oncom untuk memberikan cita rasa yang khas.

Moms bisa mengunjungi Laksa Pak Inin yang berjualan sejak 1965, berlokasi di Jl. Palasari, Palasari, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Yuk Buat Soto Mie Bogor Untuk Menu Berbuka Puasa!

2. Es Pala

kuliner bogor-es pala.jpg

Foto: instagram.com/bukit_tajhal

Mungkin namanya jarang terdengar, namun es pala juga menjadi kuliner Bogor yang bertahan hingga saat ini. Kuliner segar ini memiliki keunikan rasa, dari asam khas pala, manis dari gula dan segar dari es yang ditambahkan di dalamnya.

Salah satu kuliner es pala yang bisa dicoba adalah es pala Pak Ujang. Berlokasi di Pasar Bogor, Moms bisa menikmati es segar ini seharga Rp5.000 per gelas.

3. Toge Goreng

kuliner bogor-toge goreng.jpg

Foto: instagram.com/kangmpy

Toge goreng merupakan kuliner yang menyajikan toge dengan cara gurih dan segar. Seporsi toge ini disajikan bersama lontong, irisan tahu, kemudian disiram dengan saus gurih dari oncom.

Salah satu kuliner toge goreng yang bisa menjadi rekomendasi adalah Toge Goreng Haji Omah, yang melegenda dan hingga saat ini.

Berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Bogor, Moms bisa dapatkan seporsinya dengan harga Rp15.000.

4. Ngo Hiang Gang Aut

kuliner bogor-Ngo Hiang Gang Aut.jpg

Foto: instagram.com/melidoyanmakan

Ngo Hiang Gang Aut merupakan makanan khas Tionghoa yang masuk ke Bogor. Di negeri asalnya, ngo hiang gang aut berbahan dasar daging babi. Tetapi, makanan ini sudah diubah ketika masuk ke Indonesia.

Olahan daging pada sajian ini dibalut dengan tepung dan digoreng, dicampur saus khas Ngo Hiang, yang memberikan rasa asam dan manis, ditambah acar lobak untuk menambah cita rasa.

Baca Juga: Selain Pempek, Ini 7 Kuliner Khas Palembang yang Harus Dicoba

5. Roti Unyil

kuliner bogor-roti unyil.jpg

Foto: instagram.com/cynthiahali

Roti unyil juga merupakan salah satu kuliner yang kerap menjadi oleh-oleh dari Bogor. Roti unyil memiliki bentuk yang kecil, sehingga cocok dijadikan kudapan saat senggang.

Roti unyil memiliki banyak isi dan bentuk yang unik, sehingga tidak heran bila roti unyil terkenal dan digemari oleh banyak masyarakat.

6. Mie Glosor

kuliner bogor-mie glosor.jpg

Foto: instagram.com/diet.kapan2

Mie glosor biasanya dijadikan sebagai menu berbuka puasa untuk umat Muslim di kota Bogor. Mie ini kerap disajikan dengan sambal kacang, dilengkapi kerupuk mie, dan gorengan.

Ciri khas mie glosor yaitu mie yang berwarna kuning keemasan, karena menggunakan bahan dasar dari tepung singkong dan kunyit.

Nah, itu dia Moms 6 kuliner khas Bogor selain asinan Bogor yang bisa dicoba bila berkunjung ke sana.

Artikel Terkait